Berapa Harga Body Repair Mobil Penyok Sekarang?

21/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Berapa Harga Body Repair Mobil Penyok Sekarang?
Dalam memilih bengkel perbaikan eksterior mobil, salah satu yang juga jadi pertimbangan adalah mengenai harga body repair mobil penyok di bengkel tersebut. Setarakah harga yang dipatok dengan kualitas pengerjaan perbaikan dari para teknisi di bengkel itu.

Seiring pemakaian, tentu saja kualitas seluruh komponen pada mobil akan menurun. Termasuk juga kondisi bodi dan juga lapisan permukaan catnya. Akibat debu, kotoran, panas matahari dan guyuran air hujan yang mendera, maka kondisi permukaan cat mobil juga lama kelamaan bisa rusak apabila tak dirawat dengan benar.

Belum lagi jika mobil mengalami insiden tabrakan, baik Anda yang menabrak atau Anda jadi korban tabrakan kendaraan lain. Sering kali para pemilik mobil merasa bingung untuk menentukan dimana tempat body repair yang bagus serta berkualitas. Termasuk juga mempertimbangkan berapa harga body repair mobil penyok agar mobil Anda kembali mulus lagi.

Berikut ini Cintamobil.com akan berikan referensi beberapa tarif jasa body repair mobil tergantung dari tempat body repair kendaraan tersebut.

1. Bengkel Cat Duco Pinggir Jalan

Bengkel cat duco

Harganya relatif murah dan masih bisa dinego, namun kualitasnya tak sebaik bengkel body repair

Ketika memilih untuk melakukan perbaikan bodi mobil, maka pilihan yang pertama bisa ke jasa cat duco pinggir jalan. Sesuai namanya, jasa perbaikan eksterior mobil ini kerap berlokasi di selasar jalan raya. Biasanya diberi tulisan "Bengkel Las Ketok Cat Duco" dan ada satu atau dua orang yang selalu siaga di depan lokasi bengkel tersebut untuk menyambut calon konsumennya.

Walau pun sering dicap negatif karena kualitas pengerjaannya yang jauh dari kata rapih, nyatanya tetap banyak yang memanfaatkan jasa mereka. Seringkali pengerjaan yang dilakukan adalah perbaikan kerusakan bodi mobil dalam skala ringan. Seperti lecet atau baret akibat menyerempet sesuatu. Walau begitu, tak jarang pula ada pekerjaan perbaikan bodi cukup parah yang diserahkan ke bengkel tipe ini.

Alasannya adalah harga body repair mobil penyok di tempat ini terbilang lebih bersahabat dibanding tarif di bengkel body repair lainnya. Untuk proses pengerjaan perbaikan satu panel bodi mobil misalnya, di bengkel cat duco pinggir jalan mematok mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 300.000. Untuk harga pengecatan kap mesin dan atap mobil antara Rp 400.000 - Rp 500.000. Sementara untuk pengecatan full body bisa Rp 2.500.000 juta hingga Rp 5.000.000. Menariknya harga tersebut masih bisa dinego sesuai kesepakatan antara pihak bengkel dan pemilik mobil.

>>> Memilih Bengkel Cat Mobil, Perhatikan 3 As

2. Bengkel Body Repair

Bengkel body repair

Pengerjaan lebih rapih, harga bervariasi tergantung bengkel dan kualitas cat yang digunakan

>>> Basmi Bau Cat di Kabin Dengan Langkah-Langkah Ini

Pilihan memperbaiki bodi kendaraan Anda yang cukup berkualitas namun harganya masih terjangkau adalah bengkel body repair mobil. Dimasing-masing kota, bengkel perbaikan eksterior dan interior mobil ini cukup banyak bertebaran. Namun sebelum memutuskan akan menunjuk yang mana, pastikan duu kualitas pengerjaan dari bengkel tersebut cukup berkualitas.

Caranya bisa dengan mencari referensi dari forum-forum otomotif atau bertanya dengan teman serta kerabat Anda. Kemudian lakukan survei terlebih dahulu ke bengkel body repair tersebut. Perhatikan mobil-mobil yang telah dikerjakan di bengkel itu, jika sekiranya cocok dengan yang Anda harapkan, maka boleh bertanya mengenai harga pengerjaannya.

Untuk harga body repair mobil penyok di tempat seperti ini amat bervariasi tetapi umumnya juga dipatok per panel. Misalnya satu panel kecil seperti pintu-pintu, bemper atau pintu bagasi ditawarkan direntang Rp 350.000 - Rp 600.000. Untuk panel besar seperti kap mesin dan atap harganya antara Rp 600.000 - R p800.000. Sementara untuk pengerjaan full body juga dibagi lagi dalam dua tahap. Yakni hanya siram dengan cat baru, atau full kerok dengan membongkar cat lama di bodi mobil baru kemudian di cat ulang. Untuk cat siram harganya harganya dipatok Rp 8.000.000 - Rp 15.000.000, sementara full kerok bisa mulai diharga Rp 20.000.000.

>>> Apakah Anda sudah tahu cara cek apakah cat mobil itu orisinil atau tidak? Coba cek di sini

3. Bengkel Body Repair Dealer Resmi

Bengkel bodi cat Mitsubishi

Ada jaminan garansi jika melakukan di bengkel resmi

>>> Tips Memilih Bengkel Service Mobil Terdekat yang Bagus

Opsi terakhir untuk memperbaiki kerusakan pada bagian bodi mobil Anda bisa tunjuk bengkel resmi sesuai pabrikan mobil tersebut. Karena sejumlah APM (Agen Pemegang Merk) mobil di Indonesia sudah ada yang menyediakan layanan bodi dan cat pada jaringan bengkel resminya. Antara lain Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi.

Tentu saja jika mempilih layanan bengkel body repair dari dealer resmi, jaminan kualitas yang diberikan akan setara standar mobil-mobil yang diproduksi oleh merk tersebut. Sehingga kecil kemungkinan warna pada bodi akan belang.

Walau begitu, harga body repair mobil penyok di tempat ini terbilang cukup tinggi. Untuk biaya pengecatan per panel saja butuh dana tidak kurang dari Rp 700.000 - Rp 1.500.000. Sementara untuk perbaikan full body bisa di atas Rp 15 juta, belum termasuk pengelasan atau proses tarik sasis jika diperlukan.

Meski begitu jangan khawatir proses pengerjaan di bengkel resmi ini. Karena tenaga maupun alat yang dibutuhkan sudah pasti sudah terstandarisasi. Selain itu, biasanya akan diberikan garansi jika kemudian hasil pengerjaan tidak memuaskan maka dapat klaim untuk perbaikan ulang tanpa biaya tambahan.

>>> Tips dan trik menarik seputar perawatan dan perbaikan mobil lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top