Inspirasi Suzuki Ertiga Modifikasi, Siap untuk Harian atau Ajang Pamer

27/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Simak inspirasi dari Suzuki Ertiga modifikasi yang beragam, mulai dari ubahan minimalis untuk kenyamanan penggunaan harian hingga tampilan yang lebih sporty.

Suzuki Ertiga modifikasi menjadi pilihan baru bagi Anda yang ingin memiliki mobil keluarga dengan ruang kabin lega namun tetap menawan ketika dibawa berkendara di jalanan. Tapi selain digunakan sebagai pengendaraan harian, beberapa Ertiga modif di bawah ini juga tak kalah jika dibandingkan dengan model SUV maupun sedan lainnya.

Suzuki Ertiga modifikasi harian

Bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan classy dan elegan pada Ertiga namun tidak ingin terlalu berlebihan, ubahan anyar dari Dhandy Nurima, pemilik akun Instagram @hi_tobii ini bisa menjadi referensi. Modifikasi yang ditawarkan menghadirkan tampilan clean look pada Ertiga berwarna putih tersebut.

Ertiga modifikasi berwarna putih di Instagram
Modif mobil Ertiga yang dilakukan oleh Dhandy Nurima

Suzuki Ertiga 2018 ini mengalami perubahan pada lampu depan projie, yaitu dengan headlamp yang sudah menggunakan reflektor pada bagian dalamnya. Patut diperhatikan bahwa lampu jenis ini tak begitu terang ketika harus menembus hujan. Tambahan lainnya yaitu jaring pada grille bawah untuk melindungi kondensor mobil dan tambahan spion elektrik dengan sein running untuk kenyamanan berkendara.

Perubahan tidak terlalu banyak di bagian dalam. Peningkatan audio menjadi bagian penting dalam Ertiga modifikasi milik Dhandy ini. Audio Freeway disandingkan dengan head unit berukuran 8.0 inci. termasuk mengganti jok berlapis kulit demi menambah kenyamanan ketika harus berkendara jarak jauh.

Suzuki Ertiga modifikasi elegan

Menggunakan Ertiga tipe GL keluaran tahun 2016, mobil keluarga ini dibuat menawan dengan tampilan yang tak kalah elegan dibandingkan MPV premium Tanah Air. Ertiga modifikasi ini dimiliki oleh Putro Aji, modifikator mantan driver ojek online yang juga menjadi bagian dari komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI).

Ubahan paling signifikan untuk tampilan elegan pada mobil ini adalah penggunaan velg Enkei Ame Shallen berukuran 18 inci RT, dipadukan dengan ban Accelera dengan profil 215/35 ZR18. Keanggunan mobil ini ditambah dengan penggunaan air suspension pada kaki-kaki yang memungkinkan mobil ini dibuat serendah mungkin.

Suzuki Ertiga modifikasi berwarna putih dengan tampilan elegan
Desain Ertiga modifikasi elegan dengan air suspension

Tambahan subwoofer dari Rockford Fosgate dan monoblok dari Performa Competition mengisi bagasi belakang. Hanya saja dengan peletakan tabung air sus di belakang membuat ruang bagasi tidak terlalu fungsional. Dan untuk itu, Putro menambah roof box untuk meletakkan barang bawaan selama berkendara.

Perubahan minimalis di dalam kabin memberikan kenyamanan yang ditemui pada Ertiga. Ubahan sistem infotainment berupa head unit 2DIN Pioneer 7.0 inci dan audio dari Freeway. Termasuk speedometer kustom dari SPD Speedometer dan indikator tambahan yang menunjukkan informasi mengenai suspensi kendaraan.

>>> Kredit Suzuki Ertiga Cicilan 2 Juta, Mobil Keluarga Cicilan Ringan

Ertiga bergaya sporty

Tak lengkap rasanya jika tidak menghadirkan modifikasi bergaya sporty pada mobil keluarga yang terlihat ‘culun’ ini. Dikenal sebagai mobil keluarga yang sederhana dan lebih fokus untuk menghadirkan kenyamanan berkendara, Anda bisa membuat tampilan mobil ini lebih garang dengan membawa beberapa perubahan pada segi eksterior maupun interior.

Salah satunya dengan Ertiga modifikasi miliki Richz Auto Designs ini. Ubahan ini bisa Anda temukan pada laman YouTube RAD Indonesia, mengubah Ertiga biasa dengan ubahan cukup banyak pada segi eksterior, termasuk memberikan bodykit baru pada MPV 7-seater ini.

Ubahan garang mobil ini bisa terlihat dari lampu depan dengan proyektor dengan lampu berwarna biru dan sein dengan running light. Sedangkan grille depan dengan highlight berwarna gelap, serta spion samping karbon dan gagang pintu dengan aksen doff.

Untuk melengkapi desain sporty pada mobil ini, bodykit baru sewarna bodi ditambahkan untuk membedakan mobil ini dengan model standar. Ada perbedaan pada bumper depan dan belakang, tambahan side skirt di samping, serta tambahan spoiler belakang dengan bahan karbon sebagai pelengkap.

>>> Ertiga Lama Masih Menggoda, Suzuki Ertiga GX Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Modifikasi velg Ertiga

Lain lagi dengan yang modifikasi yang dilakukan oleh Arind Kunto. Melalui akun YouTube-nya, Content Creator ini membagikan bagaimana ia mencari velg bintang HSR Tokyo untuk membuat tampilan Ertiga miliknya menjadi lebih sporty. Harganya berkisar dari Rp 5 jutaan hingga Rp 8 jutaan.

Dari laman resmi HSR Wheel sendiri menyebutkan bahwa HSR Wheel Tokyo menyediakan velg berukuran ring 14 hingga 19. Velg ini banyak digunakan untuk segala jenis mobil, mulai dari Honda Brio maupun Mitsubishi Pajero Sport yang gagah.

Modifikasi velg kali ini masih menggunakan velg berukuran 16 inci yang sama dengan versi standar dari Ertiga. Dipadukan dengan ban berukuran 205/50 651 Sport untuk menghadirkan kesan sporty dengan gaya semi slick. Hanya saja yang patut menjadi perhatian adalah ban satu ini cenderung lebih cepat aus dibandingkan ban standar pada umumnya.

Berbagai inspirasi dari Ertiga modifikasi di atas bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membuat tampilan yang berbeda dari model andalan Suzuki ini. Membuatnya tak kalah garang dan nyaman dibandingkan pesaingnya semisal Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander.

Suzuki Ertiga tipe Sporty yang dipasarkan di Indonesia
Perhatikan konsep modifikasi agar tidak berantakan

Dari keempat model tersebut, jangan lupa untuk ilih konsep yang sesuai dengan keinginan Anda agar tidak terjadi tumpang tindih setelah pengerjaan. Dan sebisa mungkin lakukan modifikasi sesuai dengan budget yang dimiliki. Karena modifikasi yang dilakukan setengah-setengah bisa memperburuk keadaan mobil.

Perhatikan lebih lanjut mengenai ubahan yang dilakukan pada Suzuki Ertiga Anda. Terlebih ketika ubahan tersebut cukup besar, misalnya pada bagian mesin maupun kelistrikan. Konsultasi terlebih dahulu bersama komunitas maupun bengkel agar Ertiga modifikasi Anda dibuat lebih kokoh dan tetap berada dalam kondisi terbaik di sepanjang perjalanan.

Setelah tahu beberapa tips dan trik modif Suzuki Ertiga, apakah Anda ingin lakukan untuk mobil Ertiga tersayang Anda?

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja varian Suzuki Ertiga yang dipasarkan saat ini?
Selain Suzuki Ertiga tipe GA, GL, dan GX, PT Suzuki Indomobil Sales mengeluarkan model Ertiga Suzuki Sport yang lebih garang.
Apa saja warna Suzuki Ertiga yang tersedia?
Ada tujuh warna Suzuki Ertiga yang tersedia, yaitu abu-abu, putih, perak, hitam, radian merah, burgundy merah, dan khaki.
Berapa harga Suzuki Ertiga yang dipasarkan di Indonesia?
Harga Suzuki Ertiga saat ini dibanderol mulai dari Rp 201 jutaan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top