Ertiga Lama Masih Menggoda, Suzuki Ertiga GX Bekas di Bawah Rp 100 Juta

23/07/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ingin membeli mobil keluarga dengan banderol di bawah Rp 100 juta? Mobil Suzuki Ertiga lama generasi pertama ini bisa menjadi alternatif untuk tunggangan Anda.

Low MPV bukan hanya Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander saja. Salah satu model unggulan Suzuki ini juga masih menggoda. Bahkan Ertiga lama dengan umur yang tak bisa dibilang muda lagi. Salah satunya Suzuki Ertiga GX, varian tertinggi Suzuki yang bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 100 juta pada generasi pertamanya.

Harga Ertiga lama

Dengan harga barunya hampir mencapai Rp 200 jutaan, tentu saja membeli mobil Ertiga lama masih menjadi alternatif yang bisa Anda lakukan. Apalagi model Ertiga lama yang masih tetap menggoda dengan banderol harga yang lebih terjangkau. Bahkan jika dibandingkan dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang sekarang diharga Rp 150 jutaan.

Salah satunya adalah Suzuki Ertiga lama tipe GX tahun 2012 yang bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 100 jutaan saja. Model ini biasanya dibanderol sekitar Rp 100 jutaan hingga Rp 110 jutaan. Bahkan salah satu pengiklan Ertiga lama yang berasal dari Bali ini memasang harga yang jauh lebih murah dibandingkan mobil bekas lainnya, yaitu hanya Rp 97 jutaan.

mobil baru Suzuki Ertiga 2018 berwarna hitam
Harga mobil Ertiga lama keluaran 2018 tak begitu jauh dengan mobil baru

Sedangkan untuk mobil yang lebih baru, harga mobil Ertiga lama berkisar dari Rp 120 jutaan hingga Rp 175 jutaan untuk generasi kedua. Contohnya Ertiga GX keluaran 2018 yang menjadi awal ubahan generasi kedua dibanderol dengan harga Rp 170 jutaan. Hanya berbeda Rp 30 juta dibandingkan mobil barunya yang dipasarkan tahun ini.

>>> Dapatkan harga Suzuki Ertiga baru dan promo 2021 menarik di sini

Kelebihan Suzuki Ertiga GX

Umurnya memang di atas 5 tahun, dimana pembaharuan generasi kedua dilakukan pada 2018 silam. Tapi mobil ini masih tetap memikat karena berbagai kelebihan dan dan kekurangannya. Khususnya untuk Ertiga GX yang mengumpulkan berbagai kelebihan dibandingkan varian yang lebih rendah. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan mobil ini, simak kelebihan Ertiga GX di bawah ini.

1. Konsumsi bahan bakar irit

Ada dua pilihan mesin yang tersedia, yaitu mesin K14B 1.4 liter berbahan bakar bensin yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 95 hp dan torsi maksimal 130 Nm, serta mesin D13A 1.3 liter berbahan bakar diesel dengan tenaga maksimal 89 hp dan torsi puncak 200 Nm yang lebih bertenaga.

Kedua mobil memang sama menarik, tapi varian bermesin diesel tentu lebih menawan karena mampu menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga mesin diesel mencapai 19 km/liter untuk perjalanan di dalam kota dan hingga 24 km/liter di perjalanan luar kota.

mesin Ertiga lama dari mobil berwarna putih
Konsumsi BBM terbilang irit, apalagi Ertiga bermesin diesel

2. Fitur lebih banyak

Sebagai varian tertinggi, sebelum lahirnya Ertiga Sport, Ertiga GX mendapatkan berbagai kelengkapan yang lebih banyak dibandingkan varian terendahnya. Salah satunya dengan Double Blower untuk kenyamanan penumpang di belakang, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) yang digunakan.

3. Ruang kabin luas

Kelebihan Suzuki Ertiga yang patut diacungi jempol tentu saja ruang kabin yang terbilang leg ajika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama, seperti Toyota Avanza maupun Honda Mobilio. Ruang kaki dan ruang kepala yang ditawarkan terbilang lapang, begitu pula dengan bangku baris ketiga yang masih ‘manusiawi’ untuk penumpang dewasa.

>>> Pilihan MPV Irit: Harga Suzuki Ertiga Lama Bermesin Diesel yang Terjangkau

4. Bagasi lega

Dimensinya yang cukup bongsor berimbas pada ruang bagasi yang terbilang lapang. Bagasi belakang bisa menampung hingga beberapa koper berukuran besar. Bagi Anda yang ingin membawa lebih banyak ruang di belakang, Anda bisa merebahkan bangku baris ketiga untuk mendapatkan ruang tambahan.

interior Suzuki Ertiga dengan banyak fitur
Ruang kabin dan bagasi lega merupakan daya tarik mobil ini

5. Perawatan mudah

Karena populasinya yang terbilang ramai di pasar otomotif Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai kelengkapan maupun spare part Suzuki Ertiga dengan cukup mudah di bengkel resmi maupun umum. Termasuk beberapa komponen tambahan yang bisa Anda gunakan untuk membawa kesan yang lebih sporty pada mobil ini. Dan layaknya mobil Suzuki lainnya, perawatannya terbilang cukup murah.

>>> Simak Daftar Harga Suzuki Ertiga Sport Bekas & Varian Lainnya

Kekurangan Suzuki Ertiga GX

Jangan langsung terpikat dengan mobil ini. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, ternyata ada beberapa kekurangan Suzuki Ertiga yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Desain biasa

Sekali lagi, bicara desain memang bagian dari selera masing-masing. Tapi tampilan Ertiga generasi pertama memang terkesan sederhana jika dibandingkan dengan pesaingnya. misalnya saja Honda Mobilio yang mengusung tema yang lebih elegan. Eksterior luarnya terasa jadul, dengan grille yang kecil dan lampu depan yang besar.

eksterior Ertiga GX dari belakang
Dilihat dari luar, bagian desain dan tampilannya memang terasa biasa saja

2. Akselerasi tak begitu menggigit

Karena mesin yang dikhususkan untuk penghematan bahan bakar dan perjalanan perkotaan, banyak yang mengeluhkan tenaga yang ditawarkan oleh mobil ini. Mulai dari tarikan awal yang lemot dan kurang responsif, serta akselerasi yang biasa saja. Namun tentu saja hal ini bisa di

3. Harga jual kembali tak terlalu stabil

Salah satu kekurangan mobil ini adalah harga jual kembali yang tak begitu stabi. Tergantung kondisi, Ertiga lama yang dibanderol Rp 100 jutaan ini bahkan bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah lagi. Berbanding terbalik dengan sang pesaing, Toyota Avanza, yang memiliki harga yang masih stabil di pasar mobil bekas Tanah Air.

Dan tentu saja sebelum membeli mobil ini, perhatikan kondisi ruang kabin dan eksterior kendaraan. Cek jika ada bekas tabrakan atau karat yang tercipta pada bagian bawah kendaraan. Mengindikasikan perawatan yang tak baik maupun mobil yang Anda lihat merupakan mobil bekas banjir. Dan jangan lupa melakukan uji jalan untuk memeriksa kondisi mesin sebelum membeli.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Ada berapa varian Suzuki Ertiga di Indonesia?
Suzuki menawarkan tiga varian, yaitu Suzuki Ertiga GA MT, GL MT, GL AT, GX MT, dan GX AT.
Berapa harga Suzuki Ertiga GX terbaru saat ini?
Harga Suzuki Ertiga GX dimulai dari Rp 231 jutaan untuk transmisi manual dan Rp 241 jutaan untuk transmisi otomatis.
Berapa DP Suzuki Ertiga yang tersedia?
Anda bisa mendapatkan DP Suzuki Ertiga mulai dari Rp 20 jutaan dan angsuran mulai dari Rp 2 jutaan per bulan

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top