Dari Pencegahan Hingga Pembersihan, Ini Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil

14/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Dari Pencegahan Hingga Pembersihan, Ini Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil
Kehadiran kecoa bisa di mana saja, bahkan di mobil. Kehadirannya pun terasa cukup menyebalkan. Selain pencegahan yang diperlukan, berikut cara menghilangkan kecoa di mobil yang bisa Anda lakukan.

Tentu menyebalkan ketika Anda menemukan kecoa di dalam mobil, terlebih ketika sedang berkendara. Tidak hanya terkesan kotor, tetapi kecoa dapat menularkan banyak penyakit. Maka dari itu, banyak yang mencoba mengusir serangga ini dari rumah maupun mobil kita. Selain membuat mobil menjadi lebih bersih, berikut cara menghilangkan kecoa di mobil yang bisa Anda lakukan.

Langkah pencegahan

Strait Times mengungkapkan bagaimana kehadiran kecoa di siang hari merupakan salah satu tanda masalah kebersihan yang besar di dalam mobil. Beberapa pengguna bahwa menemukan kecoa terlihat pada kursi, karpet, bahkan di area mesin. Jika kecoa terlihat di siang hari, maka serangan kecoa yang Anda alami termasuk kelas berat.

Sebelum menghilangkan kecoa di mobil, pastikan untuk mencegah masuknya kecoa ke dalam mobil. Lakukan pencegahan dengan membersihkan mobil, terlebih bagian interior, dengan melenyapkan remah-remah makanan yang tersisa. Top Gear menyebutkan bahwa kecoa sangat alergi terhadap kebersihan.

remah makanan yang ada di kabin mobil 
Bersihkan kabin dan hindari remah-remah di kursi maupun karpet mobil

Selain itu, kecoa juga berkembang biak di daerah yang kotor. Hindari untuk parkir atau meninggalkan mobil di daerah di mana populasi kecoa merajalela, seperti lubang drainase, saluran pembuangan kotoran, atau tempat sampah. Jangan lupa untuk menjaga tempat parkir pada rumah dan parkirlah di tempat yang telah disediakan.

Bayi kecoa sering ditemukan pada ventilasi mobil karena sistem aliran udara umumnya memiliki titik akses eksternal. Batasi akses ke dalam mobil dengan menutup ventilasi setelah gunakan. Karena itu, sebelum meninggalkan mobil, pastikan jendela, pintu, dan ventilasi pendingin udara tertutup rapat agar kecoa tidak berkeliaran di dalam mobil.

>>> Tips Merawat Mobil untuk Mencegah Virus Corona dari Lyft dan Uber

Tips menghilangkan kecoa di mobil

Jika Anda menemukan kecoa di dalam mobil, hampir mustahil untuk menghilangkannya hanya dengan membersihkan kendaraannya saja. Kecoa dapat hidup dalam waktu lama tanpa makan. Dan begitu mereka ada di suatu tempat, sulit untuk mengusirnya. It Still Runs menjelaskan beberapa langkah menghilangkan kecoa di mobil.

1. Singkirkan sampah dan sisa makanan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan sampah dan sisa makanan yang ada di dalam mobil. Sampah dan bahan makanan yang tersia akan menjadi menarik kecoa dan binatang lain. Bersihkan hingga ke sela-sela kursi, karpet, hingga bagasi. Jika Anda memiliki kursi untuk anak-anak, lepaskan dari mobil dan cuci.

>>> Sabun Cuci Mobil? 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Membersihkan Mobil dengan Cepat

2. Vakum dan bersihkan mobil

tangan yang sedang melakukan vakum pada karpet mobil
Salah satu cara menghilangkan kecoa di mobil adalah dengan melakukan pembersihan

Vakum mobil dan bersihkan semua permukaan dengan menggunakan pembersih. Untuk menghilangkan kecoa di dalam mobil secara alami, bersihkan dan sedot debu mobil secara berkala sehingga tidak ada kotoran, sisa makanan, dan sampah lainnya yang tertinggal. Mobil akan menjadi lebih segar sehingga tidak akan mengundang hama ke dalam mobil.

>>> Tertarik membeli mobil baru maupun bekas? Dapatkan daftar terlengkapnya hanya di sini

3. Kapur barus

Menggunakan kapur barus seperti pisau bermata dua. Aroma kapur barus sangat tidak disukai oleh kecoa. Letakkan beberapa kapur barus di sudut-sudut mobil, lalu tutup pintu dan jendela mobil. Sayangnya, aroma kapur barus juga tak mengenakkan bagi sebagian besar orang.

4. Gunakan insektisida

kecoa yang ada di dalam kabin mobil 
Cara paling ampuh adalah dengan menggunakan insektisida

Cara yang paling ampuh, namun juga sedikit berbahaya, adalah menggunakan insektisida, seperti alat semprot. Caranya cukup mudah, tutup semua lubang yang ada di mobil, semprot insektisida di dalam kabin, dan tutup jendela mobil. Diamkan dan hindari masuk ke dalam mobil selama kurang lebih 12 jam.

>>> Tikus Masuk Ruang Mesin Mobil, Inilah Cara Mengatasinya

Mencegah kecoa datang lagi

Meskipun sudah menguris kecoa dari dalam mobil, bukan tak mungkin semua proses pembersihan akan sia-sia jika Anda tetap menjaga perilaku hidup kotor di dalam mobil. Bahkan setelah diusir, mobil yang dipenuhi sisa makanan dan sampah bisa saja mengundang kecoa kembali. Selalu ingat untuk membersihkan mobil secara berkala sehingga mencegah kecoa datang terus-menerus.

 dua orang anak-anak makan di mobil
Cegah kecoa datang dengan mengurangi makan di dalam mobil

>>> Simaklah tips dan trik merawat mobil lainnya di sini

Rentokil Indonesia mengungkapkan bahwa insektisida memang cukup efektif untuk membunuh kecoa. Namun penggunaan insektisida tidak akan menyelesaikan masalah kecoa pada mobil Anda. Bahan-bahan kimia yang ada di insektisida bisa terbakar dan sangat beracun bagi manusia dan hewan peliharaan. Penggunaan insektisida merupakan cara terakhir menghilangkan kecoa.

Ada banyak cara menghilangkan kecoa di mobil yang bisa Anda lakukan, tapi yang paling penting adalah proses pencegahan. Pastikan untuk menjaga kebersihan kabin. Jangan abaikan area-area sempit, seperti karpet, sela-sela kursi, ruang bagasi di belakang serta seluruh sisi pintu. Kecoa juga tertarik pada lingkungan lembab. Karena itu, pastikan semua tumpahan di mobil harus segera dibersihkan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sabun Cuci Mobil? 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Membersihkan Mobil dengan Cepat

13/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Ingin membersihkan mobil dengan cepat tapi sabun cuci untuk mobil sudah habis? Anda bisa memanfaatkan 8 bahan-bahan rumahan untuk tampilan bersih sekejap.

Lihat juga

Biar Awet, Begini Cara Membersihkan Kaca Film Mobil

05/02/2020

Perawatan dan service

4 menit

Setelah memasang kaca film mobil, langkah selanjutnya adalah membersihkan secara berkala agar kondisinya tetap prima. Bagaimana langkah-langkahnya, simak artikel di bawah ini.

Lihat juga

Musim Hujan Datang, Jangan Lupa Rutin Membersihkan Karpet Mobil

25/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Saat musim hujan datang, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan karpet mobil. Karena jika karpet dibiarkan kotor, maka kotoran akan mengenai bagian lain pada interior mobil.

Lihat juga

Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

28/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Interior mobil bersih merupakan dambaan semua orang. Jika kabin mobil kotor, tentunya membuat kenyamanannya akan berkurang dan tidak menyenangkan dikendarai.

Lihat juga

Cara Mudah Membersihkan Plafon Mobil

27/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Bagian interior atas mobil atau yang disebut plafon merupakan bagian yang tak kalah pentingnya, dan harus selalu dijaga kebersihannya. Namun, tak jarang kita lupa membersihkan plafon mobil sehingga terlihat kusam.

Lihat juga