Tikus Masuk Ruang Mesin Mobil, Inilah Cara Mengatasinya

21/08/2017

Perawatan dan service

3 menit

Tikus Masuk Ruang Mesin Mobil, Inilah Cara Mengatasinya
Area mesin adalah tempat yang gelap pada malam hari bahkan siang hari, tikus sangat menyukai tempat-tempat yang gelap. Jadi jika mobil yang tidak bergerak/ tidak dipakai lebih dari dua (2) hari maka tikus akan cari jalan untuk masuk.

Hampir sebagian besar pemilik mobil tentunya pernah mengalami persoalan ada tikus masuk ke dalam ruang mesin mobil. Kalau hal ini terjadi maka harus segera mengatasinya dan mencegahnya supaya tikus tidak masuk lagi dan tidak menggerogoti komponen mobil.

Biasanya yang digerogoti adalah selang-selang/ kabel (terbuat dari karet) dan material plastik, plastik digigit untuk dilubangi sebagai jalan tikus masuk ke kabin mobil.

ruang mesin mobil adalah tempat tikus suka masuk
Area mesin adalah tempat yang gelap dan hangat

1. Sebab tikus sering masuk ke dalam ruang mesin

Area mesin adalah tempat yang gelap pada malam hari bahkan siang hari, tikus sangat menyukai tempat-tempat yang gelap. Jadi jika mobil yang tidak bergerak/ tidak dipakai lebih dari dua (2) hari maka tikus akan cari jalan untuk masuk.
  • Ruang mesin hangat, tikus atau binatang lain sangat menyukai ruangan yang hangat terutama saat malam hari yang dingin, mereka akan berusaha mencari tempat yang hangat dimana salah satunya adalah ruangan mesin yang baru saja dipakai perjalanan.

  • Ada ruang kosong, tikus juga suka dengan ruangan yang berongga (banyak ruangan kosong) untuk buat sarang.

>>> Aki Mobil Hybrid Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil Hybrid Yang Benar

2. Tanda-tanda ruangan mobil kemasukan tikus

Tanda - tanda tikus Masuk ke Ruang Mesin
Kalau tikus masuk ruang mesin mobil akan ada tanda - tanda untuk mengetahuinya
  • Adanya kain atau benda hangat lain (tisu/ kertas/ sampah) yang tiba-tiba ada dalam mesin mobil. Jika tiba-tiba memeriksa ruang mesin mobil Anda melihat adanya sampah/ gombal/ kain bekas/ kertas/ plastik di dalam ruang mesin itu artinya ada tikus yang membuat sarang di sana.
  • Adanya kotoran dan jejak kaki tikus di dalam komponen mesin mobil. Andaikata tikus tidak membawa sampah berupa plastik/ kain/ yang lain, namun kita melihat banyak kotoran tikus dalam ruang mesin atau jejak-jejak kecil diatas mesin itu artinya tikus sudah mulai masuk ke dalam mobil.
  • Adanya lubang bekas gigitan tikus atau adanya kabel/ selang yang putus bekas gigitan tikus.
  • Ada bau tikus, ini kadang tidak semua orang tahu (penciumannya tajam), akan tetapi yang sudah kenal bau tikus dia akan mengetahui jika bau tidak enak.

>>> Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Cuci Mobil yang Betul

3. Cara mengusir Tikus dari mesin mobil

tikus menggigit komponen pipa dalam mobil, bagaimana cara mengusirnya
Apa cara mengusir tikut masuk ke ruang mesin mobil

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil lainnya

  • Memasang lampu LED berdaya rendah yang dinyalakan pada waktu malam hari, meskipun agak boros daya listrik akan tetapi mungkin jadi pilihan sang pemilik mobil. Tikus akan merasa kurang nyaman dan aman dengan ruangan yang bercahaya sehingga dia akan mencari tempat lain.
  • Dengan bau - bauan menyengat (misalnya kapur barus), banyak pemilik mobil menaruh kapur barus yang menyengat di dalam kap mesin mobil, cara ini bisa membuat tikus tidak mau masuk lagi.
  • Cairan penyemprot anti tikus, ada cairan khusus yang disemprotkan ke mesin mobil agar menimbulkan bau yang dibenci tikus.
  • Memasang alat elektronik pengusir tikus, alat ini memancarkan gelombang suara ultrasonic yang sangat dibenci tikus namun suara ini tidak terdengar oleh manusi. Harganya cukup murah dengan sekitar Rp. 25-30 ribu di toko elektronik.
  • Jaga kebersihan mobil dan garasi.
  • Cara yang paling banyak dipakai adalah dengan menaruh kapur barus pada pojok-pojok ruangan mesin atau tempat yang biasa dipakai tikus untuk bersarang. Kadang-kadang cara ini juga dikombinasikan dengan alat pengusir tikus elektronik sehingga hasilnya lebih baik.

Butuh cairan pembersih tikus untuk mobil Anda? Dapatkan pilihannya di bawah ini:

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

 
back to top