Bukan Cuma Soak, Ini 4 Tanda Aki Mobil Rusak

14/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bukan Cuma Soak, Ini 4 Tanda Aki Mobil Rusak
Tanda aki mobil rusak paling umum adalah mobil sulit distarter atau bahkan mogok diperjalanan. Padahal sebelum itu terjadi, ada tanda-tanda lain yang bisa Anda deteksi.

Sama seperti komponen mobil yang lainnya, aki alias accu juga memiliki usia pakai. Namun terkadang pemilik mobil baru mengetahui jika aki mobil rusak setelah mengalami mogok diperjalanan. Paling sering akibat aki tidak lagi misa mensuplai sumber listrik ke seluruh komponen mobil.

>>> Cegah Aki Soak Saat Mobil Jarang Digunakan, Simak Tips Berikut Ini

Padahal tanda aki mobil rusak bukan sekedar aki soak dan mobil mogok. Banyak yang bisa dideteksi sebelum aki benar-benar tidak dapat digunakan lagi. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Indikator Menyala

indikator baterai di mobil

Ketika indikator baterai menyala, maka tanda aki bermasalah

Tanda aki mobil rusak paling mudah dikenali adalah indikator aki pada panel instrumen biasanya menyala. Keadaan ini kemudian diikuti mesin mobil yang sulit distarter akibat aki yang tidak lagi memiliki arus listrik.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Mesin Pincang

aki mobil Toyota

Mesin pincang juga bisa karena aki rusak

Istilah mesin pincang biasanya akibat kerusakan pada komponen pengapian, seperti busi. Padahal aki mobil yang rusak juga bisa menyebabkan mesin pincang. Cara deteksinya bisa dengan menyalahkan lampu utama, apabila cenderung redup dibanding biasanya, maka dipastikan accu bermasalah.

3. Berkerak

aki mobil berkerak

Kerak pada accu bisa dihilangkan

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas disini

Pada beberapa kasus, pemilik mobil mendapati aki mobil mereka timbul kerak. Kerak ini muncul pada kutup-kutup aki. Untuk menghilangkannya siram dengan air panas pada kerak, kemudian gosok perlahan dengan sikat kawat sampai kerak benar-benar hilang.

4. Menggembung

aki mobil gembung

Segera ganti jika aki menggembung

Selain kerak, ada juga kasus aki mobil menggembung. Tanda aki mobil rusak yang satu ini biasanya karena accu mengalami pengisian daya listrik yang berlebihan. Segera ganti dengan aki baru sebelum komponen ini meledak dan terbakar.

>>> Tips dan trik lain ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mobil Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya

28/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jika mobil sulit distarter, selain kondisi kelistrikan pada aki yang lemah, bisa juga akibat dinamo starter yang rusak. Berikut ini beberapa tanda jika mesin mobil sulit menyala akibat kerusakan dinamo starter.

Lihat juga

Menyalakan Mesin Mobil Penting Untuk Kesehatan Aki

25/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Pentingnya menyalakan mesin mobil karena hal tersebut menjadi salah satu cara paling mudah dan mujarab menjaga kesehatan aki. Lantas berapa durasi yang dibutuhkan dalam setiap pemanasan?

Lihat juga

Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Jalan Tol

27/06/2019

Pengemudian

3 menit

Ketika mobil Anda mogok di jalan tol, akan menjadi hal merepotkan karena sulit menemukan bengkel. Namun Anda tidak perlu panik bila hal ini terjadi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat mobil mogok di jalan tol. Berikut tips dari kami.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?

22/03/2019

Editor rate:

Mobil keluarga Datsun GO+ Panca akhirnya kebagian teknologi CVT setelah sebelumnya Datsun GO telah mencicipi transmisi tersebut. Seperti apa inovasi yang dihadirkan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Low Cost Green Car dengan kapasitas 7-seater ini?

Lihat juga

Daftar Harga Wuling Cortez & Promo terbaru Januari 2021

01/01/2021

Wuling

Wuling Cortez hadir di Indonesia sejak Desember 2017 sekaligus memperkuat jajaran MPV Wuling di Indonesia. Berikut daftar harga Wuling Cortez terbaru saat ini.

Lihat juga
 
back to top