Cegah Aki Soak Saat Mobil Jarang Digunakan, Simak Tips Berikut Ini

15/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Cegah Aki Soak Saat Mobil Jarang Digunakan, Simak Tips Berikut Ini
Bagi Anda pemilik mobil namun jarang menggunakannya, disarankan untuk memperhatikan kondisi beberapa komponen mobil, salah satunya aki. Karena komponen kelistrikan satu ini mudah soak jika mobil jarang digunakan

Bagi pemilik mobil, perlu mengetahui bahwa ada konsekuensi yang harus diperhatikan ketika jarang menggunakan mobil, karena akan berdampak pada usia pakai beberapa komponen mobil, salah satunya adalah aki. Komponen kelistrikan satu ini fungsinya sebagai media penyimpanan arus listrik, maka ketika mobil jarang digunakan akan membuat aki cepat tekor. “Ketika mobil tidak digunakan, maka tak ada pasokan listrik ke aki, otomatis kapasitas listrik aki akan cepat menurun atau bahkan habis,” ujar Cahyadi Putra, punggawa gerai aksesori Graha Mobilindo di Kalimalang, Jakarta Timur.

Foto ilustrasi pengecekan kondisi aki

Cek kondisi aki secara berkala agar kondisi aki cukup terjaga

>>> Artikel terkait lainnya:

Nah, jika Anda jarang menggunakan mobil, disarankan untuk gunakan aki jenis maintenance free atau aki kering. Alasannya, kedua tipe aki tersebut memiliki usia pakai lebih panjang ketimbang aki basah. Selain itu, pada aki maintenance free atau aki kering, penguapan pada air aki jauh lebih minim, sehingga membuatnya memiliki usia pakai lebih panjang. Namun kelebihan aki kering atau maintenance free tersebut harus ditebus dengan harga yang lebih mahal ketimbang aki basah.

Foto ilustrasi melepas kabel aki

Melepas kabel aki saat mobil tak digunakan dalam waktu lama turut memperpanjang usia aki

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Selain pemilihan aki, beberapa tindakan preventif akan berdampak pada usia pakai aki. Salah satunya adalah dengan melepas kabel aki baik yang positif maupun negatif ketika mobil jarang digunakan. Hal tersebut mampu membuat aki berusia lebih panjang. “Ketika mobil mau digunakan, baru dipasang lagi kabel akinya, lumayan bisa buat aki jadi lebih awet,” tambah Cahyadi.

Foto aki jenis maintenance free

Aki maintenance memiliki usia pakai lebih panjang ketimbang aki basah

Tindakan preventif lainnya adalah dengan membawa mobil minimal, minimal dua atau tiga hari sekali atau istilahnya “sekedar memanaskan mesin”. Cara ini tak hanya berdampak pada usia pakai aki, namun juga kondisi komponen mobil lainnya. Karena ketika mobil digunakan, selain aki akan mendapatkan suplai listrik, beberapa komponen mesin dan suspensi juga tetap terlumasi dengan baik, sehingga dapat terhindari dari keausan. “Karena mobil yang jarang digunakan juga sebenarnya kurang baik, karena banyak komponen yang butuh pelumasan dan cairang seperti pelumas atau air atau coolant radiator butuh sirkulasi untuk menghindari dari penurunan kualitas,” ujar Cahyadi.

>>> Kumpulan artikel tips & trik otomotif di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Modifikasi Sistem Kelistrikan Boleh Saja, Tapi Awas Bisa Berbahaya

Mempermak mobil memang boleh-boleh saja. Tetapi modifikasi sistem kelistrikan tetap membutuhkan perhatian lebih mengingat banyaknya insiden yang terjadi akibat kesalahan sistem kelistrikan.

Lihat juga

Merawat Sistem Kelistrikan Mobil: Detail dan Hati-Hati

01/08/2018

Perawatan dan service

4 menit

Mobil memiliki komponen-komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Bukan hanya mesin, merawat sistem kelistrikan mobil merupakan cara jitu untuk menjaga pengendaraan tetap maksimal.

Lihat juga

Mengetahui Kapasitas Aki Mobil Dari Kode, Jangan Sampai Keliru

25/03/2019

Perawatan dan service

2 menit

Aki adalah komponen penting dalam mobil, yang berfungsi menyimpan dan menyalurkan energi listrik ke sistem starter, pengapian, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya. Bagaimana cara memilih aki yang tepat, khususnya mengetahui kapasitas aki mobil yang akan digunakan?

Lihat juga

Sering Diabaikan Saat Mengganti Aki Mobil yang Soak, Perhatikan Hal Ini

Mengganti aki mobil yang soak bukan perkara sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan hanya menyiapkan beberapa alat. Namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar proses mengganti aki mobil sukses dan aman.

Lihat juga

Apakah Teknologi Lampu Depan Semakin Membuat Lampu Semakin Terang?

Tak banyak yang memikirkan teknologi lampu depan. Tetapi sadarkah Anda, dengan bertambahnya teknologi pada kendaraan, lampu depan menjadi lebih terang dan menyilaukan. Meskipun bertujuan untuk memberikan visibilitas bagi pengemudi, terkadang malah membuat silau kendaraan di depan.

Lihat juga
 
back to top