Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam

Share this post:
Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam
Cara menghilangkan baret pada mobil hitam tidak harus dilakukan dengan mengecat ulang permukaan eksterior mobil tersebut. Berikut langkah kecil untuk mengatasi masalah ini.

Semua pemilik mobil pasti menginginkan kendaraannya selalu terlihat bersih dan kincong. Sehingga tentu akan kesal rasanya jika ditemukan baret di cat mobil Anda. Baret pastinya akan mengurangi keindahaan eksterior mobil tersebut. 

Bodi mobil baret pun bisa karena banyak hal. Bersenggolan dengan kendaraan lain saat di jalan, aksi tangan usil anak-anak ketika mobil parkir di luar ruangan, sampai hal sederhana seperti terkena ujung tas atau kunci saat Anda akan masuk ke dalam mobil.

Tapi khusus untuk mobil berwarna hitam, kehadiran baret kecil bahkan berdampak buruk pada tampilan mobil. Tapi Anda tak harus mengecat keseluruhan bodi mobil hanya untuk menghilangkan baret tersebut. Berikut cara menghilangkan baret pada mobil hitam yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

>>> Mudah, 3 Cara Bikin Cat Mobil Selalu Kinclong

1. Cuci Mobil

Baret yang menjangkiti mobil, terlebih dengan kelir hitam, tentu saja sangat menyebalkan. Namun Anda tak perlu khawatir. Siapkan sabun cuci mobil beserta kain microfiber untuk memulai pembersihan.

mencuci mobil di depannya

Cuci bersih dahulu mobil sebelum menghilangkan baret

Saat terlihat baret pada permukaan bodi mobil, pertama-tama cuci bersih dahulu permukaan eksterior mobil Anda. Terutama pada bagian yang baret tersebut. Ini untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin masih menempel di permukaan cat yang tergores.

Pastikan untuk menggunakan sabun pencuci mobil, bukan sembarang bahan. Karena tak semua bahan bisa digunakan untuk mencuci mobil. Terlebih beberapa bahan bisa memiliki kadar abrasif yang cukup tinggi. Hal ini bisa berdampak pada cat mobil dan membuat Anda mengeluarkan usaha dan tenaga lebih untuk mengatasinya.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Pakai Scratch Remover

Ada dua tipe goresan atau baret yang bisa merusak tampilan eksterior mobil Anda. Yang pertama adalah goresan yang sedikit tipis, bisa karena debu atau kotoran serta pencucian yang tak bersih. Dan yang lainnya adalah goresan yang lebih dalam sehingga membuat lapisan logam berwarna silver yang ada pada bagian bawah cat terlihat.

Goresan sekecil apapun pada mobil berwarna hitam memang langsung terlihat. Dan kali ini, kita bisa menggunaka scratch remover untuk pengerjaannya. Namun bagi Anda yang mendapatkan goresan yang cukup dalam, pengerjaan atau cara menghilangkan baret bisa dibilang lebih kompleks. Bahkan ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel spesialis bodi and paint untuk membuat bodi mobil terlihat seperti baru.

poles mobil

Cara menghilangkan baret pada mobil hitam bisa mengunakan scratch remover

Jika baret yang muncul di permukaan cat mobil adalah baret ringan akibat terkena kuku, tas, atau ujung kunci. Maka untuk menghilangkan baret di bodi mobil itu cukup mudah. Pertama, keringkan permukaan yang ada baret tersebut. Lalu oleskan scratch atau swirl remover dengan cara melingkar pada bagian yang baret. Kemudian lap kembali dengan lap kering yang bersih. Ulangi sampai baret tersebut benar-benar hilang.

>>> Pilihan berbagai mobil baru dan bekas berkualitas terlengkap ada di sini

3. Pakai Compound

Untuk menghilangkan baret yang cukup dalam, Anda bisa menggunakan rubbing compund, atau dikenal juga dengan kompon mobil. Tekniknya tetap sama, yaitu oleskan compound pada permukaan cat yang baret dengan teknik memutar. Lalu usap dengan lap kering yang bersih sampai baret benar-benar hilang.

compound mobil

Pakai compound untuk mengatasi baret cukup dalam pada bodi mobil

Sekali lagi-berhati-hati dalam menggunakan kompon. Karena sifat abrasifnya yang cukup tinggi, penggunaan kompon yang berlebihan bisa merusak lapisan cat pada mobil. Sebisa mungkin gunakan sedikit demi sedikit dan pastikan untuk memperhatikan kondisi cat mobil setelah digosok. Hentikan pengerjaan ketika goresan sudah menghilang.

>>> 5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

4. Gunakan touch-up paint dan wax

Setelah membersihkan dan menyamarkan bekas goresan, Anda bisa lanjut memperbaiki tampilan bodi mobil. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa menggunakan touch-up paint. Touch-up paint merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk memperbaiki cat mobil yang memudar sehingga menjadi lebih mengkilap. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di bengkel maupun toko daring.

Jika permukaan yang baret sudah hilang, Anda bisa cuci kembali eksterior mobil Anda dengan air bersih. Tidak perlu menggunakan sabun. Lalu keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian beri lapisan wax, terutama bagian yang bekas terkena baret. Cara di atas cukup ampuh ketika membersihkan baret mobil.

wax mobil

Untuk penyelesaian akhir, jangan lupa mengoleskan wax agar cat kembali kinclong

Ingat, masih ada banyak cara menghilangkan baret pada mobil hitam yang lebih mudah, seperti menggunakan pasta gigi atau alkohol. Akan tetapi, pengerjaannya tentu tak akan lebih bersih dibandingkan dengan bahan yang khusus digunakan untuk mengatasi masalah baret atau goresan pada mobil.

Selalu ingat untuk memperhatikan kondisi bodi mobil dan goresan yang ada. Lakukan pengerjaan di atas dengan hati-hati, sehingga tidak akan merusak lapisan cat yang lain. Jika perlu, segera ke bengkel body and paint jika menemukan goresan pada mobil cukup dalam untuk mendapatkan bantuan profesional.

>> Pembaca juga mencari: cara menghilangkan goresan pada mobil warna hitam, menghilangkan baret mobil hitam, cara menghilangkan baret mobil hitam, cara menghilangkan baret di mobil warna hitam, cara menghilangkan baret mobil warna hitam, cara menghilangkan baret pada mobil warna hitam, cara menghilangkan goresan di mobil warna hitam, cara menghilangkan goresan pada cat mobil hitam. 

>>> Dapatkan berbagaoi tips dan rik menarik lainnya di sini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Beberapa Tips Melindungi Permukaan Cat Mobil

Mengkilapnya permukaan cat adalah salah satu faktor penting yang membuat mobil terlihat menarik. Jikapun bukan untuk menarik perhatian, memiliki mobil yang klimis dan berkilau pun bisa menjadi kepuasan tersendiri. Masalahnya, seiring waktu pemakaian kilau cat bisa memudar. Ada banyak sekali penyebabnya, selain proses oksidasi, terpapar debu dan kotoran atau terjemur di bawah terik matahari lambat laun akan memudarkan keindahan warna cat.

Lihat juga

Melindungi Cat Mobil Baru: 6 Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Bersinar

Agar dapat melindungi cat mobil baru, Anda harus menginvestasikan waktu dan upaya untuk membersihkan kendaraan secara teratur. Menjaga cat mobil tetap bersinar membutuhkan usaha yang tidak mudah, tapi pantas untuk dilakukan.

Lihat juga

Hal Yang Perlu Diketahui Jika Anda Ingin Mengecat Ulang Mobil

Dari sebagian besar pemilik kendaraan bermotor, tidak jarang ada beberapa orang yang berusaha mengubah dan memodifikasi kendaraan mereka sehingga sesuai dengan keinginan mereka. Mulai dari velg, roda, mesin, sampai mengecat ulang mobil, ada banyak komponen yang bisa ditukar sesuai dengan keinginan pemilik kendaraan.

Lihat juga

Review Nissan Elgrand Highway Star 2007

01/02/2019

Editor rate:

Di kancah MPV mewah asal Jepang, nama Nissan Elgrand termasuk salah satu pemain penting. MPV yang didatangkan melalui jalur importir umum ini menawarkan kemewahan dan kedinamisan dalam satu paket memikat.

Lihat juga

Harga Toyota Alphard Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Toyota

Awal tahun 2018, Toyota Alphard diberikan penyegaran terbaru bersamaan dengan adiknya Toyota Vellfire. Kini, tampilannya terlihat sangat mewah dan memiliki karakter elegan yang lebih kental daripada versi sebelumnya. Berapa harga Toyota Alphard terbaru?

Lihat juga