Begini Cara Perawatan Suzuki New Carry Pick Up yang Tepat

13/10/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Suzuki New Carry Pick Up menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen segmen kendaraan komersial. Kini Suzuki Indonesia kasih tips perawatannya

Suzuki Indonesia memberikan beberapa anjuran penggunaan dan perawatan Suzuki New Carry Pick Up yang benar agar kendaraan niaga ini terus bekerja dengan optimal dan memiliki umur pakai yang lama.

“Pentingnya melakukan perawatan secara berkala memiliki banyak manfaat, seperti mengoptimalkan kinerja mesin, terhindar dari kerusakan, menjaga nilai jual mobil, efisiensi penggunaan bahan bakar, dan mempertahankan kualitas sistem keamanan kendaraan. Kurangnya perhatian terhadap kendaraan dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lainnya di jalan. Maka dari itu, lakukanlah perawatan secara rutin baik di rumah maupun di bengkel resmi Suzuki terdekat,” ujar Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS dikutip Cintamobil.com dari keterangan resminya.

1. Perhatikan Kondisi Ban

Perawatan ban atau roda dapat dilakukan sebelum kendaraan digunakan maupun ketika berada di Bengkel Resmi Suzuki. Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan.

>>> Ini Sebabnya Tekanan Angin Ban Depan Lebih Tinggi dari Belakang

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi dari Bengkel Resmi Suzuki.

2. Merasakan Kinerja Pengereman dan Kopling Lewat Pedal

Pengereman dan kopling mobil pick up menjadi bagian vital untuk menjaga keselamatan pengendara atau pengemudi lain. Pengendara harus memperhatikan kinerjanya lewat langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

>>> Carry baru kemahalan? Coba intip versi bekasnya di sini

Kemudian, pengendara juga perlu meminta Bengkel Resmi Suzuki untuk melakukan pengecekan kanvas rem, volume minyak rem dan kanvas kopling sesuai petunjuk perawatan kendaraan.

3. Perhatikan Fungsi Lampu dan Wiper

Memasuki musim penghujan, pastikan semua lampu dan wiper berfungsi normal. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap kinerja dan keselamatan pengendara.

>>> Tips Mengetahui Karet Wiper yang 'Minta' Diganti

Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu.

>>> Fungsi Lampu Hazard dan Cara Tepat Penggunaannya

Merawat wiper merupakan hal esensial saat musim hujan agar menghasilkan pandangan yang lebih maksimal. Periksa kelenturan/fungsi karet wiper dan isi cairan wiper secara rutin sesuai standar volume yang disarankan. 

4. Lakukan Servis Berkala secara rutin di Bengkel Resmi Suzuki

Pengguna New Carry Pick Up dapat melihat panduan Jadwal Servis rutin serta mengikuti jadwal yang sudah ada di Buku Service dan Garansi atau mengikuti reminder yang sudah dijadwalkan oleh Bengkel Resmi Suzuki. Hindari untuk melakukan perawatan di luar Bengkel Resmi Suzuki.

5. Tepat Dalam Membawa Jumlah dan Bobot Muatan

Kapasitas bak New Carry Pick-Up yang besar sangat menguntungkan bagi pengendara, namun cara penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan dengan baik. Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang.

Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

Jangan mentang-mentang pick up, bawa barang seenaknya

Trik pembagian beban tersebut dapat menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan. Suzuki menyarankan kepada pengendara untuk tidak mengangkut barang melebihi batas berat maksimal 1 ton dan tidak membawa muatan yang bentuknya melebihi panjang dan ketinggian kendaraan. 

6. Hindari membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar

Membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar dapat menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang, misal Bensin, Solar, Oli, Minyak Sayur dan chemical cairan lainnya.

APAR di Suzuki New Carry Pick Up 2021

Ini sebabnya Carry Pick Up lansiran 2021 sudah dilengkapi APAR sebagai standar

Penyimpanan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran atau tumpah. Jika terjadi kebakaran yang dipicu dari hal tersebut diatas maka New Carry Pick Up Anda tidak bisa beroperasi secara normal menemani aktifitas sehari-hari Anda. 

7. Jaga Kebersihan Interior

Menjaga kebersihan bagian dalam kendaraan juga merupakan poin penting. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap nyaman dan membuat kendaraan lebih awet karena terjaga kebersihannya.

Interior Suzuki New Carry Pick Up 2021

Kebersihan interior wajib dijaga!

Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela kendaraan dan gunakanlah pengharum ruangan agar kendaraan wangi dan bersih.

Sekilas Tentang Suzuki New Carry Pick Up

Suzuki New Carry Pick Up hadir dengan desain dan tampilan yang kokoh dan tangguh. Suzuki Carry Pick Up juga memiliki bak berukuran lebih luas, yaitu panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm sehingga mampu mengangkut muatan sebanyak 1 ton.

Dilengkapi dengan pengait di sekeliling bak yang digunakan untuk mengikat barang agar lebih aman selama perjalanan. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top