Apakah Turbocharger Mesin Bisa Diperbaiki? Cek 3 Fakta Penting Berikut Ini

07/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Apakah Turbocharger Mesin Bisa Diperbaiki? Cek 3 Fakta Penting Berikut Ini
Sebagai salah satu peranti mesin yang bertugas meningkatkan performa, turbocharger tidak luput dari potensi masalah. Bagaimana cara memastikan turbocharger bisa diperbaiki dan adakah solusi saat ingin melakukan perbaikan turbocharger?

Peningkatan performa mesin salah satunya identik dengan piranti force induction macam turbocharger. Yup, turbocharger atau rumah keong ini jadi salah satu komponen pendongkrak performa mesin mobil yang mampu menghasilkan tenaga atau horse power yang besar. Tak hanya tenaga, aplikasi turbocharger untuk mobil-mobil masa kini juga turut digunakan sebagai salah satu pendukung efisiensi konsumsi bahan bakar. 

Bentuk turbocharger

Bentuk piranti turbocharger

Namun ada kalanya turbo juga mengalami masalah dan tidak bisa bekerja secara optimal. Penyebab umumnya turbo disebabkan kemasukan atau menelan benda asing seperti debu, pasir serpihan batu yang masuk ke dalam housing filter udara. Selain itu, kurangnya kualitas oli dan suplai oli ke turbo turut berperan memperpendek usia turbo. Sementara untuk kebocoran udara atau air leak disebabkan oleh selang udara atau clamp yang rusak, sobek atau tidak presisi. Efek negatifnya turbo tidak bekerja secara optimal yang berujung terhadap usia pakai yang semakin pendek.

Namun sebelum Anda memastikan diri untuk melakukan perbaikan sistem turbocharger, apa saja hal yang perlu diperhatikan? Berikut adalah tips yang bisa digunakan

1. Deteksi Kerusakan

Bentuk komponen turbocharger untuk turbin wheels

Komponen turbin wheels pada turbocharger

Ada dua hal paling dasar mendeteksi turbo tidak berfungsi, yaitu kebocoran oli dan loss power. Pengecekan bisa dapat dilakukan dengan cara cek dan copot selang udara dari filter, untuk mendapatkan akses ke housing compressor turbo. Sebaiknya komponen ini dalam keadaan kering tanpa basah.  

"Lalu putar kipas compressor, putaran yang dihasilkan harus lancar dan tidak ada gesekan atau benturan. Lalu periksa radial play (gerakan ke arah kiri dan kanan) compressor wheel yang berhubungan dengan turbine wheel harus dalam keadaan standar, tidak oblak dan compressor wheel tidak boleh ada kontak sama sekali dengan housing compressor turbo," jelas Gandi selaku Technical Specialist & Advisor workshop Sirimas Turbocharger Specialist. 

>>> Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas

2. Persiapan Perbaikan di Bengkel Spesialis

Perbaikan turbocharger di Sirimas Turbocharger Specialist

Perbaikan turbocharger menggunakan alat khusus

Turbocharger sejatinya bisa diperbaiki dengan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya. Untuk menentukan tindakan yang diambil tentunya berdasarkan kondisi dari turbo itu sendiri. Setidaknya ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan melakukan perbaikan turbocharger.

"Baik pengerjaan replacement dan service turbocharger harus dilakukan dengan measurement, quality control dan testing equipment agar hasilnya sesuai dengan standard dan turbo beroperasi dengan baik. Pertama adalah turbocharger yang di dis-assembly, harus di balance ulang sebelum dipasang kembali ke mesin, karena berpengaruh terhadap balance putaran turbine wheel dan compressor wheel turbo. Kedua adalah setiap perbaikan turbocharger minimal dilakukan pergantian repair kit set lengkap sebagai standar kualitas perbaikan," tambahnya.

Selain hal tersebut, perbaikan turbo juga memerlukan pengerjaan secara khusus di workshop spesialis. Berdasarkan cara kerja workshop Sirimas Turbocharger Specialist, pengerjaan memiliki rentang waktu dari 1 hari sampai 3-4hari (apabila kondisi turbocharger rusak parah). Biaya perbaikan turbocharger tergantung dari tipe dan kerusakan turbo, dan penggantian parts yang dilakukan. Garansi perbaikan yang diberikan adalah garansi bocor selama 2 bulan, serta untuk harga perbaikan 

>>> Merawat Mobil Mesin Turbo, Sederhana Tapi Harus Serius

3. Terus Lakukan Perawatan Rutin

Fitur Turbo Timer

Alat Turbo Timer

Bicara soal perawatan turbo tentunya berkaitan dengan perawatan mesin untuk penggantian oli mesin, filter oli dan filter udara. Idealnya, komponen turbo akan memiliki usia relatif panjang, jika konsumen melakukan perawatan mesin secara rutin. 

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Sebagai informasi tambahan, aplikasi Turbo Timer pada mesin berturbo juga bisa menjadi alat bantu untuk menjaga umur turbo tetap panjang. Alasannya, karena perangkat turbo timer memastikan suplai oli tetap tersedia di dalam turbo dan tidak langsung berhenti pada saat mesin kendaraan dimatikan. 

"Sirimas Turbocharger Specialist sering menangani berbagai merk seperti Garrett, Holset, Schwitzer, IHI, Toyota, Mitsubishi, ABB, KKK, Borgwarner, dan untuk kebutuhan aplikasi beragam jenis kendaraan. Untuk konsumen pengguna mobil ber-turbo bisa berkonsultasi secara gratis melalui WhatsApp (WA) pada nomor 081333259922 dan email sirimas.turbo@gmail.com, atau saat ingin melakukan perbaikan bisa ke workshop kami di Jl. Taman Sari Raya No. 11 C, Jakarta Barat," tutup Gandi.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Volvo Powerpulse, Teknologi Anti Turbo Lag Ala Volvo

15/06/2018

Pengemudian

Salah satu kelemahan dari mobil dengan mesin berturbo adalah turbo lag. Kini pabrikan mobil asal Swedia ini telah menyematkan teknologi Volvo PowerPulse, suatu teknologi anti turbo lag ala Volvo. Jadi respon mesin, dijamin akan menjadi secepat kilat.

Lihat juga

Cara Efisien Dalam Merawat dan Menjaga Mesin Turbo Mobil Anda

Teknologi di dunia otomotif memungkinkan segalanya. Sekarang, bahkan ada banyak mesin turbocharged pada mobil. Tapi, masih banyak pengemudi yang tidak mengetahui bagaimana menjaga mesin turbo karena mesin ini berbeda dengan mesin sebelumnya.

Lihat juga

Cara Mengecek Mobil Bekas Berturbo

20/01/2019

Jual beli

Mobil dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger memang memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan mobil naturally aspirated. Berikut ini kami beri pandauan cara mengecek mobil bekas berturbo.

Lihat juga

Merawat Mobil Mesin Turbo, Sederhana Tapi Harus Serius

19/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mobil bermesin turbo jadi tren, beragam merek mencoba menghadirkan model terbaiknya demi memikat lebih banyak konsumen. Lantas bagaimana merawat mobil mesin turbo yang baik?

Lihat juga

Porsche Club Indonesia Ajak Konsumen Pertamax Turbo Taxi Drive di Sirkuit Sentul

21/10/2019

Event - Promosi

5 menit

Pertamina dan Porche Club Indonesia mengadakan kegiatan di Sirkuit Sentul. Kegiatan ini guna memberikan kesempatan taxi drive kepada para konsumen setia Pertamax Turbo.

Lihat juga