Cara Mengganti Aki Mobilio dan Daftar Harganya

22/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Aki Mobilio Anda perlu diganti? Simak cara termudah untuk mengganti aki serta daftar harga aki mobil Honda Mobilio yang bisa Anda dapatkan di bengkel terdekat.

Honda Mobilio merupakan salah satu MPV Honda yang cukup populer sebagai mobil keluarga. Selain mudahnya akses ke bengkel Honda, aki Mobilio juga bisa dengan gampang ditemukan di berbagai bengkel umum maupun marketplace daring di seluruh Indonesia. Selain itu, cara mengganti aki model yang berbagi sasis dengan Honda Jazz ini juga bisa dilakukan di rumah.

Spesifikasi aki Honda Mobilio

Aki merupakan bagian penting yang menjadi sumber kelistrikan mobil. Untuk Honda Mobilio, mobil ini menggunakan aki dengan kapasitas 12 V. Lalu bagi Anda yang masih bingung dengan pertanyaan aki Honda Mobilio berapa ampere, jawaban yang paling tepat adalah 35 Ah.

Sebagaimana dijelaskan oleh Honda, semua model mobil Honda saat ini sudah menggunakan aki berjeni MF, atau Maintenance Free. Aki MF khususnya masih berisi cairan tapi menggunakan tutup yang lebih rapat untuk meminimalisir penguapan. Hingga aki jenis ini tidak perlu mendapatkan penambahan cairan selama masa pemakaian.

aki Honda Mobilio berkapasitas 12 V dan 35 Ampere
Honda Mobilio menggunakan aki berkapasitas 12 V dan 35 Ah

Dengan begitu, umur aki Mobilio generasi terbaru bisa lebih lama dibandingkan model sebelumnya. Namun untuk rata-rata umur aki, Mobilio memiliki masa pakai sekitar 18 bulan, atau 1,5 tahun. Perawatan yang cukup sangat membantu untuk membuat umur aki menjadi lebih panjang.

Berdasarkan pengalaman merawat dan servis mobil dari para ahli, salah satu cara untuk menjaga aki agar tidak mudah soak adalah dengan memperhatikan beban penggunaan aki. Modifikasi berlebihan, khususnya pada sistem kelistrikan maupun infotainment, akan membuat aki menjadi lebih terbebani. Inilah yang membuat aki lebih cepat soak dibandingkan dalam penggunaan standar.

Selain itu, patut diperhatikan bagaimana perawatan serta membersihkan aki secara berkala. Hal ini termasuk dengan memanaskan mobil sebelum bepergian, walaupun Anda tidak harus melakukan ini setiap hari. Dan yang paling yaitu disarankan untuk melepas kabel aki ketika Anda ingin meninggalkan mobil untuk waktu yang cukup lama.

melepas kabel yang ada pada aki mobil
Lepas kabel aki ketika jika meninggalkan mobil dalam waktu lama

Selain aki MF, sebenarnya juga ada pilihan aki basah maupun aki hybrid yang tentunya bisa Anda gunakan untuk mobil Honda Mobilio Anda. Aki konvensional atau aki basah memiliki ciri khas dinding aki yang transparan dan memiliki cairan yang harus diisi secara rutin minimal sekitar 1 bulan sekali.

Sedangkan aki hybrid, atau dikenal juga dengan nama aki low maintenance memiliki kemiripan dengan aki konvensional. Perbedaannya terletak pada penguapan air yang lebih rendah dibandingkan aki konvensional. Untuk penggantian cairan pada aki bisa dilakukan sekitar 3 sampai 4 bulan sekali.

>>> Harga Aki 70 Ampere dan Tips Memilih Aki yang Sesuai dengan Mobil

Cara ganti aki Mobilio

Memang penggantian aki tidak terlalu susah dimana Anda bisa mengganti sendiri aki mobil Anda tanpa harus ke bengkel. Termasuk untuk cara mengganti aki Honda Mobilio yang bisa dilakukan dengan perlengkapan yang ada di rumah. Namun pastikan mobil dalam keadaan mati ketika sedang melakukan penggantian aki.

Yang pertama kali harus dilakukan yaitu membuka bracket aki. Setelah bracket terlepas, buka kutub negatif dan dan positif terlebih dahulu, namun selalu berhati-hati agar tidak terjadi korslet. Setelah bracket terbuka, angkat aki dan pastikan tempat aki bebas dari karat maupun kotoran. Jika perlu, Anda bisa membersihkan tempat aki sebelum memasang aki baru Mobilio.

Pasang kembali tempat aki di tempat semula. Selanjutnya masukkan aki baru yang akan diganti. Pastikan posisi tempat aki dan posisi aki baru pas nyetel ke dalam ruang mesin. Pemasangan yang presisi tentunya akan mengurangi potensi aki mobil terlepas atau berpindah ketika mobil menabrak lobang ketika sedang berkendara.

Setelah itu Anda bisa langsung memasang pelindung aki. Sebisa mungkin pasang pelindung di kutub positif terlebih dahulu untuk menghindari korsleting. Jika Anda memasang kepala negatif terlebih dahulu, ditakutkan kunci ring akan bersentuhan dengan besi di sekitar yang akan menyebabkan terjadinya arus listrik jarak pendek.

Pastikan semua baut yang ada pada aki terpasang dengan sempurna dan kencang. Kemudian diikuti dengan pemasangan bracket. Setelah pemasangan, cek kembali semua baut dan penguncian, termasuk pada kepala positif dan negatif. Pada inspeksi akhir, Anda bisa menyalakan mesin untuk mengetahui apakah aki baru Anda sudah bisa berfungsi dengan baik.

Harga aki mobil Mobilio

Untuk Mobilio generasi kedua yang diperkenalkan pada tahun 2014 silam, memang aki MF menjadi rekomendasi aki mobil Honda Mobilio dari Honda. Sehingga ketika Anda melakukan pemeriksaan di bengkel resmi Honda, maka para teknisi akan merekomendasikan aki jenis ini pada Anda. Namun Anda juga bisa menggunakan aki jenis lain pada mobil ini, tentunya dengan risiko ditanggung sendiri.

aki GS Astra 12 V berwarna putih
Aki GS Astra tipe MF sebagai aki standar Honda Mobilio

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis maupun harga aki mobil Mobilio yang kami temukan pada beberapa marketplace online yang ada di Indonesia.

1. Aki Mobilio merek GS Astra

  • Tipe NS40ZL (aki kering): Rp 750.000
  • Tipe NS40ZL (aki hybrid): Rp 700.000

2. Aki Mobilio Merek Yuasa

  • Tipe NS40ZL (aki basah): Rp 600.000

3. Aki Mobilio merek Bosch

  • Tipe 40B19L (aki kering): Rp 950.000

4. Aki Mobilio merek Sail

  • Tipe 55B19L (aki kering): Rp 850.000

5. Aki Mobilio merek Amaron

  • Tipe 42B20L Hi-Life (aki kering): Rp 800.000
  • Tipe 38B20L Go (aki kering): Rp 650.000

Aki bukan seperti mesin yang hanya bisa dipasang pada model tertentu. Aki Mobilio juga bisa Anda gunakan pada mobil lainnya. Misalnya untuk model Honda, aki ini juga bisa digunakan pada Honda City, Honda BR-V, sampai Honda Brio. Bahkan Anda juga bisa menggunakan aki di atas pada Toyota Hilux, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Suzuki Karimun, Mitsubishi Xpander, hingga Datsun Go.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Honda Mobilio di pasar Indonesia terbaru?
Harga Honda Mobilio saat ini bisa didapatkan dengan harga Rp 197 jutaan.
Apa spesifikasi aki Honda Mobilio?
Honda Mobilio menggunakan aki 12 V dan 35 Ah, model yang sama dengan yang digunakan pada Honda Jazz, Honda Freed, maupun Honda City.
Berapa kisaran harga aki Honda Mobilio?
Dengan pilihan aki kering maupun hybrid, harga aki mobil Honda Mobilio berada di kisaran Rp 600 ribuan hingga Rp 900 ribuan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top