Harga Aki 70 Ampere dan Tips Memilih Aki yang Sesuai dengan Mobil

27/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Biasanya orang memilih ukuran daya 70 ampere karena dianggap tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Selain itu, harga aki 70 ampere juga terjangkau sehingga banyak dicari. Simak selengkapnya di sini!

Aki termasuk komponen vital dalam sebuah mobil. Fungsinya untuk menyimpan listrik yang nantinya akan disalurkan untuk menyalakan semua komponen pada mobil. Sekarang, sudah banyak jenis mobil yang telah dilengkapi dengan komponen elektrik cukup banyak, sehingga peran aki penting sebagai starter menghidupkan mobil. Namun, Anda harus selektif dalam memilih aki.

Pemilihan aki yang tidak sesuai akan berdampak pada kinerja komponen lainnya. Biasanya orang memilih ukuran daya 70 ampere karena dianggap tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Selain itu, harga aki 70 ampere juga terjangkau sehingga banyak dicari. Agar tidak salah, berikut ini Cintamobil.com bagikan beberapa tips memilih aki yang tepat untuk mobil Anda.

Mengetahui Besar Tegangan dan Arus Listrik Maksimum

Aki mobil Astra

Ketahui simbol ampere pada aki mobil

Ampere aki mobil biasanya diwakili dengan simbol Ah atau ampere hour. Ah adalah arus listrik maksimal yang dapat dihasilkan aki dalam durasi satu jam. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat kode pada aki mobil. Sebaiknya, ketahui dulu kebutuhan aki untuk mobil Anda. 

Misalnya seperti aki dengan spesifikasi 12V, 10Ah yang memiliki tegangan 12 Volt dan menghasilkan arus listrik maksimum sebesar 10 Ampere dalam waktu satu jam sebelum akhirnya habis. Semakin kecil nilai Ah, maka semakin kecil juga kemampuan aki untuk menahan beban kelistrikan pada mobil. Kuat arus dengan satuan ampere berguna untuk menyatakan seberapa besar aliran listrik suatu rangkaian kelistrikan. 

>>> Pilihan dan Harga Aki Mobil Avanza Terlengkap

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Aki Mobil

1. Menentukan Aki yang Sesuai dengan Spesifikasi Mobil Anda

Bagi Anda yang tidak melakukan modifikasi besar, seperti mengganti lampu jadi lebih terang atau melakukan perubahan pada sound system, artinya aki mobil standar telah mengikuti standar kelistrikan yang dibutuhkan pada mobil Anda. Sebelum membeli aki, pastikan untuk membeli aki yang telah ditetapkan oleh buku manual mobil. Akan lebih baik melakukan konsultasi dengan bengkel resmi terkait tipe aki yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. 

2. Memilih Aki Basah atau Aki Kering

Aki kering dan aki basah

Pilih jenis aki yang disesuaikan dengan mobil

Ada dua jenis aki mobil di pasaran, yaitu aki kering dan aki basah. Pemilihan kedua aki tersebut tergantung dari cara Anda merawat mobil. Jika Anda termasuk orang yang tidak memiliki  banyak waktu untuk memberi perhatian pada mobil, aki kering adalah pilihan tepat karena tidak dibutuhkan perawatan rutin. Begitu juga sebaliknya, jika Anda banyak memberikan perhatian pada mobil, maka bisa memilih aki basah. 

 

>>> Kerugian Akibat Tidak Memahami Berapa Jumlah Ampere Aki Mobil

3. Perhatikan Kapasitas Aki

Setiap aki basah dan aki kering memiliki kapasitas dan ukuran masing-masing. Pastikan untuk melakukan pengecekan terhadap ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan yang dimiliki aki mobil tersebut. Pastikan sesuai dengan standar yang dimiliki mobil. Tips agar aki tidak mudah soak atau rusak yaitu dengan tidak memilih aki yang tegangannya jauh lebih besar dibandingkan standar mobil Anda. Aki dengan tegangan lebih besar bakal menimbulkan kerusakan kelistrikan dalam mobil. 

4. Beli di Toko Terpercaya

toko Shop & driver

Beli aki di toko terpecaya agar terjamin keasliannya

Toko yang terpercaya pasti akan menjual aki mobil rework. Anda juga bisa meminta rekomendasi kepada pihak toko untuk menentukan manakah aki yang sesuai dengan mobil. Toko aki terpercaya pasti akan memberikan garansi aki mobil yang dibeli. 

Sekarang ini, banyak toko melakukan bisnis nakal yang menjual aki mobil rekondisi dengan label baru. Meski tidak semua toko melakukan aksi tersebut, setidaknya bisa diminimalisir dengan membeli di toko aki terpercaya. 

5. Hindari Membeli Aki Rekondisi

Hindari membeli aki rekondisi atau bekas. Meski harga aki bekas mobil 70 ampere dikatakan terjangkau, aki bekas bisa menimbulkan permasalahan pada mobil di kemudian hari. Jika ingin membelinya, beli di toko terpercaya dan pastikan kondisi aki masih layak digunakan. Namun, bagi Anda yang tidak berniat untuk membeli aki bekas, juga harus waspada terhadap pedagang yang berusaha menipu dengan menawarkan aki rekondisi sebagai aki baru.

>>> Kenali Beberapa Musuh Aki Mobil

Daftar Harga Aki Mobil 70 Ampere

Harga aki mobil

Harga aki 70 ampere bekas lebih murah

Berapa harga aki mobil? Sebelum mengetahui harganya, sebaiknya, pilih merek-merek aki yang terpercaya di pasaran. Misalnya saja seperti aki mobil NS Cheetah dan NS Jaguar produksi NS Battery yang merupakan aki berkualitas. Layanan dan garansi yang diberikan oleh NS Battery akan memberikan kenyamanan pada mobil Anda. 
Biasanya, daftar harga accu 70 ampere berkisar mulai dari Rp 900 ribu - Rp 1,6 juta. Namun, harga aki tergantung dari merek dan tipenya. Anda yang mencari daftar harga aki 70 ampere, berikut kisaran harga aki yang bisa dipilih sesuai kebutuhan mobil: 

  • Harga Aki 70 Ampere Incoe, berkisar mulai dari Rp 850 ribu - Rp 950 ribuan. 
  • Harga Aki GS Hybrid 70 Ampere, berkisar mulai dari Rp 900 ribu - Rp 1, 1 juta.
  • Harga Aki GS Premium 70 Ampere, berkisar mulai dari Rp 900 ribu - Rp 1,1 juta. 
  • Harga Aki BOSCH MF NX1105-L Pajero 70 Ampere, berkisar Rp 1 juta - Rp 2,2 juta. 
  • Harga Aki Kering Yuasa MF NX1105L/80D26L - 70 Ampere, berkisar mulai Rp 1,3 juta.
  • Harga Aki Nagoya N 70 Z 70 Ampr, berkisar mulai Rp 913 ribuan.
  • Harga Aki Mobil Global Battery 70D26 70 Ampere, berkisar mulai Rp 1,5 jutaan.
  • Harga Aki Mobil Global Battery 57024L 70 Ampere, berkisar mulai Rp 1,7 jutaan.

Sementara, untuk aki mobil 70 ampere dalam kondisi bekas, harganya juga bervariasi tergantung merek dan jenis. Harga aki bekas 70 ampere berada di kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 900 ribu. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin membeli aki yang sesuai dengan kapasitas mobil Anda. Akan lebih mudah untuk membeli aki dengan merek yang banyak beredar di pasar agar Anda tidak kesulitan dalam mencarinya. Namun, bagi yang berniat ingin mencari aki bekas, maka harus berhati-hati. Pastikan arus listriknya tidak terlalu kecil atau terlalu besar, seperti aki mobil 70 ampere. Harga aki 70 ampere juga masih dibilang terjangkau, sehingga ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari aki murah.

>>> Baca artikel tentang otomotif lainnya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana bisa beli aki mobil bekas?
Aki mobil bekas banyak dijual di toko-toko aki pinggir jalan. Tak jarang pula aki ini ditawarkan melalui e-commerce.
Berapa lama usia aki mobil bekas?
Aki mobil yang sudah kondisi bekas pakai umumnya hanya sanggup bertahan beberapa bulan saja tergantung kondisi aki tersebut.
Apa merk aki mobil yang bagus?
GS Astra, GForce, Yuasa, Power Plus dan Massiv adalah beberapa merek mobil yang bagus.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top