6 Keuntungan Servis Mobil Secara Berkala Sesuai Jadwal

17/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
6 Keuntungan Servis Mobil Secara Berkala Sesuai Jadwal
Selain mempermudah klaim garansi, servis berkala menjaga mobil dalam kondisi terbaik. Berikut 6 keuntungan servis berkala sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrik.

Kenyamanan dan keselamatan berkendara turut dipengaruhi oleh kondisi kendaraan itu sendiri. Jika mesinnya baik, komponen dan fiturnya oke, kebersihannya terjaga, mobil pun menghasilkan performa yang terbaik sekaligus nyaman untuk dikendarai.

Untuk mendapatkan semua itu, perawatan menjadi hal mutlak yang tak boleh diabaikan. Pabrik sudah memberi rekomendasi pemilik supaya melakukan servis mobil secara berkala dibengkel resmi. Selain memudahkan pelanggan mengatur jadwal servis, juga mempermudah pelanggan mendapatkan penanganan yang terbaik untuk mobilnya. Pelanggan cukup mengikuti ketentuan yang direkomendasikan.

>>> Pilihan Terbaik Servis Berkala Antara 6 Bulan dan 10.000 Ribu Km

Gambar menunjukkan Interval Servis Berkala mobil Toyota

Acuan servis berkala, waktu atau jarak tempuh mana yang tercapai lebih dulu

Keuntungan servis mobil secara berkala

Jika diurai secara mendetail ada banyak sekali keuntungan yang didapat dengan melakukan servis mobil secara berkala. Berikut sebagiannya sebagaimana dibagikan Toyota!

1. Berkendara semakin aman dan nyaman

Karena semua bagian, semua part atau komponen diperiksa secara menyeluruh bisa diketahui bagian mana saja yang kurang dan perlu ditangani atau diganti. Setelah ditangani mobil akan kembali pada kondisi terbaiknya. Itu yang membuat berkendara semakin aman dan nyaman.

2. Mesin menjadi awet

Bagian mesin menjadi salah satu yang utama untuk diperiksa saat servis. Hal ini karena bagian ini adalah bagian paling vital. Dengan sering dikontrol dan segala kekurangannya dibenahi mesin menjadi lebih awet.

3. Umur kendaraan lebih lama

Senada dengan kondisi mesin yang menjadi lebih awet, usia kendaraan pun bakal lebih panjang. Jauh berbeda dengan mobil yang jarang diservis, usia kendaraan menjadi lebih pendek. Jika pun masih dipakai untuk waktu yang lama, performa dan kenyamanannya juga menurun tajam.

>>> Hanya Diler AJM Sudirman yang Melayani Servis Mobil Wuling di Semarang

Foto menunjukkan Toyota Fortuner tampak dari depan

Karena terawat, usia kendaraan menjadi makin panjang

4. Menghemat pengeluaran

Salah satu dampak yang cukup terasa adalah penghematan. Mobil yang tidak mengikuti anjuran servis berkala justru berakibat pada tingginya angka pengeluaran. Kalau tiba-tiba ada komponen yang rewel dan perlu diganti, atau mungkin harus turun mesin biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Bisa jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

5. Nilai jual mobil menjadi tinggi

Melakukan servis mobil secara berkala sama dengan menjaga nilai jual mobil tetap tinggi. Secara logika mobil yang jarang diservis atau diservis tapi tidak sesuai ketentuan sama dengan mobil kurang terawat. Ini jadi salah satu penyebab nilai jual mobil anjlok.

6. Garansi dipermudah

Servis berkala menjadi syarat mutlak pengajuan garansi kendaraan, bahkan untuk mobil yang jarang digunakan dan kondisinya masih sangat normal. Jadi, jangan pernah mengabaikan jadwal servis berkala dari sejak servis pertama di 1.000 km karena itu menjadi syarat wajib garansi mobil. Tanpa itu, klaim garansi bakal langsung DITOLAK.

>>> Masa Garansi Habis, Perawatan di Bengkel Resmi Atau Umum?

Gambaran garansi mobil Toyota di diler Auto2000

Garansi, jaminan kepuasan pelanggan

>>> Tips dan trik lainnya seputar mobil bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top