Masa Garansi Habis, Perawatan di Bengkel Resmi Atau Umum?

06/05/2019
Bila Anda berencana membeli mobil bekas berusia lebih dari 5 tahun maka perawatan menjadi wajib hukumnya agar kondisi tetap prima. Namun mengingat masa garansi habis, lebih baik perawatan di bengkel resmi atau umum?

Mau kendaraan Anda tetap awet? Kuncinya adalah jangan sampai terlewat melakukan perawatan rutin. Akan tetapi jika membicarakan dimana tempat melakukan perawatanya, terjadi dua pilihan melakukan perawatan kendaraan yaitu di bengkel resmi atau umum, sudah pasti dari kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

>>> Hati-Hati, Cuci Mobil Di Car Wash Bisa Bikin Kamu Kecewa

Ada beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan ketika Anda akan mendatangi tempat servis di bengkel resmi atau umum mulai dari layanan sampai ketersedian suku cadang yang memadai. Salah mendatangi tempat servis, sudah tentu membuatmu bakal rugi secara finansial. Oleh karena itu mari kita ulas perbedaan utama antara bengkel resmi dan bengkel umum.

Bengkel resmi mempunyai montir bersertifikasi

Bengkel resmi umumnya mempunyai montir yang bersertifikasi atau teruji

Secara umum, bengkel resmi adalah bengkel yang dimiliki diler atau agen penjualan, mereka membuka layanan untuk satu merk saja. Tenaga ahli bengkel resmi diklaim lebih kompeten, selain sudah memiliki sertifikasi pelatihan yang mumpuni mereka juga diklasifikasikan dalam tiga spesialis teknisi general repair, service advisor, dan foreman repair. Standar suku cadang yang dimiliki bengkel resmi pasti sudah sesuai dengan standar kendaraan yang akan di servis, dan semua onderdil dan suku cadang tentu original.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

Sementara, untuk bengkel umum mereka merupakan yang tidak memiliki hubungan tertentu dengan diler manapun. Semua merk kendaraan bisa diservis di bengkel umum asal teknisi yang menangani permasalahan pada kendaraan menyanggupi. Suku cadang yang mereka miliki juga cukup beragam. Ada suku cadang OEM (original) sama seperti yang dijual di bengkel resmi, dan ada juga yang produsen non-OEM, dan suku cadang KW.

Bengkel umum bisa melayani merek mobil apapun

Kelebihan bengkel umum salah satunya adalah menerima merek mobil apapun

Keahlian teknisi bengkel umum subjektif, ada yang bilang performa pelayanan dan cara melakukan servis ada yang bagus, biasa saja bahkan jelek, itu disebabkan tidak adanya APM atau sertifikasi dari lembaga resmi ke montir bengkel umum. Kecuali memang si montir pernah mengikuti pelatihan tertentu yang bersifat khusus. Lantas mana yang akan Anda pilih, bengkel resmi atau umum?

>>> Untuk melihat tips dan trik merawat mobil bisa dilihat disini

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain