5 Tips Memelihara Mobil Tua Agar Aman Dipakai Sehari-hari

17/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Memelihara mobil tua tidak bisa disamakan dengan memelihara mobil baru, banyak trick yang harus dilakukan agar mobil tersebut tetap aman digunakan sehari-hari.

Meskipun kendaraan terus berevolusi menjadi lebih modern dan praktis untuk digunakan, ada sebagian orang yang lebih suka dengan mobil tua yang sudah berusia lebih dari 20 tahun dengan alasan yang beragam.

Bagi Anda yang ingin memelihara mobil tua, tentu ada rasa ketakutan bahwa mobil tersebut akan sering bermasalah dan menguras kantong. Nyatanya, mobil yang sudah berumur juga sebenarnya bisa cukup bersahabat untuk dipakai sehari-hari.

Agar terhindar dari masalah tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara merawat mobil tua yang baik dan benar. Karena itu, Cintamobil.com akan berbagi 5 tips untuk memelihara mobil-mobil tersebut agar tak menyusahkan Anda di kemudian hari.

1. Perawatan Berkala Yang Lebih Rutin

Jika Anda biasa mengunjungi bengkel setiap 10.000 kilometer, usahakan lebih rutin untuk perawatan mobil yang berusia lanjut. Setidaknya, jangan menunda-nunda jika sudah mendekati interval tersebut. Tetapi, akan lebih baik jika bisa melakukan perawatan di interval 5.000 atau 7.000 kilometer.

Gambar Ganti Oli

Mengganti oli mobil harus lebih rutin agar kinerja mesin lebih ringan

Itu dilakukan agar kinerja mesin tidak terlalu berat sehingga komponen internal bisa lebih awet karena terlumasi dan terlindungi dengan baik. Selain itu, dengan lebih sering ke bengkel, Anda bisa mengantisipasi kerusakan yang mulai terlihat pada mobil. Sehingga, kerusakan tersebut tidak merembet menjadi permasalahan yang lebih besar.

Penggantian spare part juga bisa dilakukan secara bertahap, dimulai dari yang paling membutuhkan hingga ke parts lain yang masih bisa ditunda. Sehingga, biayanya tidak terlalu besar dan mengagetkan Anda.

>>> Tips Merestorasi Mobil Tua dengan Budget Minimal Namun Hasil Maksimal

2. Memilih Bengkel yang Tepat

Ini berkaitan dengan tips nomor 1, karena tak semua bengkel bisa menangani mobil tua dengan tepat. Usahakan memilih bengkel spesialis yang terbiasa dalam menangani mobil yang sejenis, sehingga mereka sudah tahu kelemahan serta agenda perbaikan dari mobil tersebut.

Gambar Bengkel Spesialis BMW

Memilih bengkel yang tepat akan membuat pemeliharaan mobil tua jauh lebih mudah

Untuk mengetahui bengkel yang tepat, Anda bisa bergabung di forum atau komunitas pemilik mobil yang sama. Di sana, Anda bisa mendapat berbagai rekomendasi dari mulai bengkel, tempat membeli spare part, hingga estimasi biaya.

Jangan lupa untuk menyimpan kontak bengkel tersebut, sehingga Anda bisa bertanya atau meminta pertolongan ketika mengalami masalah di perjalanan.

3. Menyimpan Mobil di Tempat yang Sesuai

Usahakan untuk menyimpan mobil tua di dalam ruangan yang tidak terekspos langsung oleh matahari dan hujan. Keduanya adalah musuh bagi bodi mobil yang sudah berumur. Tentu Anda tak ingin cat Anda memudar dan bodi mulai berkarat, bukan?

Gambar Garasi Mobil

Simpan mobil di tempat yang bersih, terang, dan terlindungi dari hujan dan sinar matahari

Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan dongkrak untuk mengangkat mobil jika Anda berencana untuk tidak menggunakannya dalam waktu yang lama. Sehingga kondisi ban akan tetap terjaga ketika dibutuhkan.

Jangan lupa untuk menyediakan penerangan yang memadai, ini diperlukan untuk menghindari hewan pengerat untuk bersarang di mobil Anda dan memakan kabel-kabel atau karet mobil tanpa Anda ketahui.

>>> Mobil Eks Taksi Tahun Muda vs Mobil Pribadi Tahun Tua, Pillih Mana?

4. Belajar Untuk Mengecek Kondisi Mobil Sendiri

Jika Anda sudah berniat untuk memelihara mobil tua, sebaiknya Anda sedikit mengetahui cara untuk mengecek kondisi mobil. Dari mulai melihat kondisi oli melalui dipstick, melihat kondisi ban, kondisi karet-karet bodi dan karet wiper.

Sehingga Anda tahu pasti bahwa setiap berkendara, mobil tersebut pasti bebas dari masalah yang dapat mengganggu di perjalanan.

5. Lakukan Peremajaan AC

Terkesan sepele, AC adalah fitur penting untuk menggunakan mobil tua sehari-hari. Semakin tua umur mobil, kinerja AC juga ikut menurun dan membuat berkendara di cuaca panas tidak nyaman.

filter AC mobil yang sedang diperbaiki
AC mobil merupakan salah satu fitur pendukung kenyamanan pengendaraan

Usahakan untuk melakukan peremajaan pada AC, baik bagian kompresor atau salurannya. Sehingga, AC akan terus dingin dan bebas dari masalah saat Anda menggunakan mobil.

>>> Tertarik untuk membeli mobil bekas? Cari mobil impian Anda di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top