Tips Merestorasi Mobil Tua dengan Budget Minimal Namun Hasil Maksimal

07/10/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Tips Merestorasi Mobil Tua dengan Budget Minimal Namun Hasil Maksimal
Merestorasi mobil tua kesayangan mungkin menjadi impian bagi sebagian kolektor. Namun, Anda tetap harus cermat agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Merestorasi mobil tua atau mobil klasik bukan perkara 'menitipkan' mobil ke bengkel dan bim salabim jadi seperti baru. Restorasi membutuhkan proses yang panjang dan menguras kesabaran (serta kantung).

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman salah satu redaksi Cintamobil.com, Taufan Rizaldy Putra. Ia adalah seorang kolektor mobil klasik yang tentunya sudah merasakan asam garam dalam melakukan restorasi beberapa mobil kesayangannya.

Agar Anda tak terjebak ke dalam 'lubang kelinci' yang dalam, Ia akan berbagi beberapa tips dalam merestorasi mobil tua. Tentunya dengan harapan jika Anda berniat untuk melakukan hal yang sama, tidak terjebak dalam pengalaman buruk yang mungkin dapat membuat Anda menyesal melakukannya.

>>> Ford Mustang Mach 1 1969, Hasil Restorasi Bertenaga 700 Hp

1. Pelajari Mobil Anda

Gambar Buku Manual

Restorasi dimulai dengan mempelajari buku manual mobil Anda

Yang dimaksud mempelajari di sini bukan berkaitan dengan spesifikasi teknis dari mobil Anda. Melainkan mempelajari komponen-komponen yang berkaitan dengan mobil tersebut. Contohnya mengenal komponen-komponen dari mobil.

Mulai dari mesin yang digunakan beserta kode dan part number spare part yang dibutuhkan untuk meremajakannya. Selain itu part number dari komponen kaki-kaki. Anda juga perlu mengetahui konstruksi mesin dan kaki-kaki mobil tersebut.

Apa fungsinya? Dengan mengetahui hal-hal yang disebutkan di atas, Anda akan dimudahkan dalam hal berburu spare part dan mencari alternatifnya.

Selain itu, dengan mempelajari mobil tua Anda lebih mendalam, Anda akan mengetahui agenda-agenda perbaikan yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kelemahan mobil tersebut.

Gambar Mesin Cherokee

Selagi melakukan restorasi, sebaiknya perbaiki kelemahan-kelemahan bawaan mobil

Misalnya, Jeep Cherokee XJ memiliki penyakit mudah overheat. Anda bisa mengantisipasi penyakit itu di masa depan dengan menambahkan extra fan atau mengganti radiator aftermarket saat melakukan restorasi.

Dengan langkah tersebut, Anda tak hanya melakukan peremajaan. Tetapi juga meningkatkan keandalan mobil sehingga bisa digunakan dengan aman dan nyaman hingga beberapa tahun ke depan.

>>> Ternyata Ada Mobil Klasik Jerman yang Diproduksi Ulang di Bali

2. Bergabung Dengan Komunitas Mobil Tua

Setiap berhubungan dengan mobil hobi atau mobil klasik, pasti kami merekomendasikan Anda untuk bergabung dengan komunitas. Bukan hanya untuk mencari teman, tetapi juga mengetahui informasi dan referensi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mobil yang Anda miliki.

Anda bisa lebih banyak tahu mengenai komponen serta tempat untuk mencarinya. Selain itu, Anda juga bisa mendapat rekomendasi bengkel yang tepat untuk melakukan perawatan hingga restorasi.

Gambar Komunitas Mobil Tua

Bergabung dengan komunitas mobil tua untuk lebih mengenal mobil tua Anda

Di dalam komunitas, Anda juga bisa mengetahui pengalaman dari anggota lain yang melakukan restorasi. Dari mulai bujet yang dikeluarkan, kesulitan yang ditemui, hingga tips lain agar restorasi yang Anda lakukan bisa berjalan lebih lancar.

3. Membuat Perencanaan yang Matang

Perencanaan yang matang adalah kunci dari restorasi yang mulus. Pertama, Anda harus menetapkan batas. Apakah Anda akan melakukan restorasi total? Atau hanya berkisar di bagian bodi? Apakah mesin perlu ikut diremajakan?

Perencanaan kedua, berkaitan dengan bengkel yang Anda percaya untuk mengeksekusi rencana restorasi mobil tua Anda. Memilih bengkel yang tepat akan amat sangat berpengaruh dalam mempermudah proses baik itu pengerjaan dan penentuan bujet.

Gambar Bengkel Spesialis

Memilih bengkel yang tepat menjadi salah satu faktor penting dalam restorasi mobil

Bengkel yang berpengalaman dan memiliki integritas tinggi dalam melakukan pengerjaan akan menghindari Anda dari membuang-buang dana secara tidak jelas.

>>> NISMO Siapkan Restorasi Nissan Skyline GT-R R32, Harganya Selangit

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top