Ini 5 Tanda Mobil Harus Ganti Oli

02/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ini 5 Tanda Mobil Harus Ganti Oli
Ada beberapa hal yang bisa menjadi patokan bahwa mobil sudah harus ganti oli. Apa saja? Berikut Cintamobil.com sajikan 5 tanda mobil sudah harus ganti oli.

Oli memiliki peran vital di dalam mobil Anda. Untuk itu, oli menjadi komponen yang wajib dilakukan pemeliharaan secara rutin dengan cara menggantinya. Penggantian oli bisa dilakukan sesuai jadwal. Atau semakin sering digunakan, maka penggantiannya harus lebih cepat. 

Proses penggantian bisa dilakukan di bengkel ataupun sendiri di rumah Anda, asalkan mengetahui tekniknya. Anda juga harus mengetahui kapan mobil harus mengganti oli dengan tanda-tanda berikut ini seperti Cintamobil.com kutip dari Machinery Lubrication, Kamis (2/7/2020).

>>> Ini Sebabnya Ganjil Genap Jakarta Belum Diberlakukan Lagi

1. Cek Kondisi Oli

Teknologi yang kian canggih membuat pengendara semakin mudah. Tidak sedikit pengendara yang lupa untuk mengecek kondisi olinya. Padahal kondisi oli bisa dicek setiap saat. Caranya pun mudah, dengan mengecek warna pada dipstick oli. 

Ganti oli

Cek kondisi dipstick sebelum Anda ganti oli mobil

Bila saat Anda menarik dipstick dan yang terlihat adalah warna menyerupai madu maka kondisi oli Anda masih bagus. Tapi bila yang terlihat keruh dan juga berada di bawah level yang seharusnya maka itu tanda mobil harus ganti oli

>>> Mobil Bekas Diprediksi Bakal Jadi Incaran di Masa New Normal

2. Lampu Tanda Ganti Oli Menyala

Ini merupakan tanda yang paling umum ketika ada masalah. Penggantian oli akan membuat lampu tanda penggantian kembali mati. Bila menyala artinya oli tak cukup untuk melumasi seluruh bagian pada mobil. 

Ganti oli

Perhatikan lampu tanda ganti oli di dasbor mobil

Anda bisa langsung mengecek dipstick oli. Bila tak cukup oli dalam mobil untuk melumasi sistem, maka tak jarang yang menyala adalah lampu check engine. Jika lampu check engine sudah menyala, bisa jadi ada kerusakan lain pada mesin. 

>>> Kapan saat Tepat untuk Ganti Mobil?

3. Bunyi Mesin Berisik

Oli juga berfungsi sebagai pelindung antara komponen dan mencegah bes-besi bersentuhan langsung, serta membuat mesin tak mengeluarkan bunyi. 

Bila oli tak bekerja dengan baik, maka mesin pada mobil akan mengeluarkan bunyi semakin sering. Di beberapa kasus bahkan terdekar suara mesin seperti ngelitik ataupun suara seperti raungan yang menjadi tanda kalau oli harus segera diganti. 

>>> Cari Toyota Fortuner bekas Bekas di Bawah Rp 150 Juta, Ada?

4. Tercium Bau Oli

Pernahkah Anda mencium bau oli di dalam mobil? Jika jawabannya sering maka mungkin saja terjadi kebocoran oli. Jika Anda juga mencium bau gas atau asap knalpot di dalam mobil itu juga bisa menandakan mobil overheat. 

5. Sering Berpergian Jauh

Ganti oli

Semakin sering berpergian maka juga bisa jadi tanda mobil harus ganti oli

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, apabila Anda sering berpergian menggunakan mobil maka penggantian oli juga menjadi lebih cepat dari jadwal seharusnya. Setiap mobil memang memiliki kondisi dan jadwal penggantian oli yang berbeda. 

>>> Tips dan trik lainnya tentang perawatan mobil sendiri di rumah bisa dibaca disini

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top