5 Cara Kreatif Menghilangkan Goresan pada Mobil Tanpa ke Bengkel

20/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

5 Cara Kreatif Menghilangkan Goresan pada Mobil Tanpa ke Bengkel
Ada banyak cara mudah untuk menghilangkan goresan pada mobil, bahkan Anda tak perlu keluar rumah untuk membuat mobil Anda tetap menawan tanpa noda atau bekas goresan. Ini dia 5 caranya.

Meski berhati-hati ketika berkendara, tak membuat mobil bisa terbebas dari goresan atau baret. Banyak baret yang dalam, tak jarang Anda menemukan baret yang tak terlalu terlihat sehingga tak perlu membawa mobil ke bengkel atau toko aksesoris. Dengan Pemerintah yang menyarankan Anda untuk tetap dirumah, berikut 5 cara mudah menghilangkan goresan pada mobil.

1. Gunakan pasta gigi

Satu diantara cara paling mudah membersihkan mobil dari goresan adalah dengan menggunakan pasta gigi. Tak hanya membuat gigi terlihat bersih, ternyata pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada DVD hingga layar smartphone. Kemampuan untuk menghilangkan goresannya berguna untuk memperhalus permukaan bodi mobil.

pasta gigi berwarna biru pada bodi mobil berwarna perak 
Pasta gigi bisa menjadi bahan darurat menghilangkan goresan

Pasta gigi akan mengisi goresan pada mobil, sehingga menyamarkan goresan pada mobil. Siapkan kain lembut atau microfiber. Tuangkan air pada pasta gigi dan oleskan pada bodi mobil yang tergores. Gosok dan bilas dengan air bersih. Tentu saja, penggunaan pasta gigi tak bisa dengan baik menghilangkan goresan pada mobil, namun hanya menyamarkan goresan yang Anda dapatkan.

>>> 5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

2. Menggunakan obat nyamuk

Siapa bilang obat nyamuk hanya bisa digunakan untuk membasmi nyamuk. Beberapa percobaan telah berhasil membuat goresan pada mobil menghilang menggunakan obat nyamuk. Tapi ingat untuk tidak selalu bergantung pada cara ini karena obat nymuk memiliki material berfiat korosif, sehingga cukup keras terhadap cat mobil Anda.

tangan yang sedang memoles mobil dengan obat nyamuk 
Meski bersifat korosif, Anda bisa membasmi goresan menggunakan obat nyamuk

Untuk pertolongan pertama membasmi goresan pada mobil, Anda bisa mengoleskan obat nyamuk pada bagian bodi yang lecet atau tergores. Setelah itu, biarkan selama 10 hingga 20 detik. Gunakan air untuk membasahi daerah bekas goresan dan keringkat. Namun tetap berhati-hati ketika menggunakan cara ini, karena obat nyamuk bisa menghilangkan lapisan bening atau clear coat pada bodi mobil.

>>> Jangan Salah, Ini Dia 5 Tips Memilih Speaker Aktif Mobil Terbaik

3. Gunakan kompon atau scratch remover

Cara ini memang membutuhkan biaya lebih dibandingkan dua cara di atas. Untuk goresan mobil yang tipis, Anda bisa menggunakan kompon. Pertama-tama, bersihkan permukaan mobil untuk menghilangkan noda maupun debu yang menepel. Lalu lap permukaan mobil mengggunakan lap kain mikrofiber. Setelah itu, poles menggunakan kompon. Sebisa mungkin cepat, agar tidak mengering.

tangan yang sedang memoles mobil dengan kain microfiber
Butuh waktu dan usaha lebih, tapi dua bahan ini bisa menghilangkan goresan pada mobil

Anda juga bisa menutupi goresan yang tak terlalu dalam menggunakan scratch remover. Cairan ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko aksesoris mobil atau Anda bisa membelinya di toko daring. Cukup oleskan cairan scratch remover menggunakan jari tangan dengan merata. Gosok dengan kain micro fiber dan tekan perlahan agar scratch remover bekerja dengan optimal.

>>> Penyebab dan Cara Membuka Mobil yang Terkunci Otomatis​​​​​​​

4. Gunakan lakban

Meskipun terdengar konyol, namun Car Bibles menyarankan Anda untuk menggunakan lakban untuk menutupi goresan yang terdapat pada bodi mobil. Trik ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk memberikan perawatan paling cepat ketika terjadi baret pada mobil. Caranya adalah dengan menggunakan lakban dengan warna yang sama dengan bodi mobil.

mobil berwarna biru yang menggunakan lakban 
Mobil ini menggunakan lakban untuk melapisi bodi mobil

Saat ini, banyak lakban dipasarkan dengan warna yang berbeda, sehingga memudahkan Anda memilih lakban dengan warna yang sesuai dengan warna bodi mobil. Hanya saja, pastikan untuk memasang lakban tanpa menghasilkan garis maupun goresan lain yang akan merusak ‘perbaikan instan’ ini.

>>> Merawat mobil semakin mudah dan tidak luang waktu jika sudah tahu caranya. Klik sini untuk simak ribuan cara merawat mobil dari ahli otomotif 

5. Jadikan karya seni

Bagi sebagian orang, kesulitan bisa dijadikan kemudahan. Bahkan goresan yang tak beraturan bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih nyeni. Menggunakan stiker mobil merupakan cara termudah untuk menutupi goresan pada mobil. Tapi jika Anda ingin berkreasi, Anda bahkan bisa mengubah goresan menjadi karya baru.

Lamborghini berwarna hitam dengan kap mobil digores 
Banyak pengemudi kreatif yang menjadikan goresan sebagai ‘stiker mobil’

Stiker atau dekorasi baru pada bodi bisa diposisikan sebagai pengalihan sehingga membuat tampilan bodi menjadi lebih menarik. Hal ini bisa membuat mobil terasa lebih bergaya bagi Anda yang bosan dengan tampilan konvensional. Sayangnya, kesuksesan cara ini bergantung pada imajinasi dan kreatifiitas Anda.

Tak semua cara yang disebutkan diatas bisa dilakukan. Pastikan untuk mengetahui kondisi hingga budget yang Anda miliki. Semua percobaan dan cara menghilangkan goresan pada mobil yang kami sebutkan juga tergantung pada kondisi kendaraan. Jika ragu, sangat disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

>>> Ikuti tips otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top