Jangan Salah, Ini Dia 5 Tips Memilih Speaker Aktif Mobil Terbaik

17/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jangan Salah, Ini Dia 5 Tips Memilih Speaker Aktif Mobil Terbaik
Masih mencari speaker aktif mobil terbaik untuk mobil Anda? Cintamobil.com memberikan beberapa langkah dan tips untuk mendapatkan speaker yang sesuai dengan kendaraan Anda.

Speaker merupakan salah satu komponen penyedia kenyamanan ketika berkendara. Terlebih ketika berada di tengah kemacetan jalanan, mendengarkan lagu maupun radio bisa menenangkan. Dengan banyak pilihan speaker yang ada di toko aksesoris atau toko daring, berikut beberapa tips dalam mendapatkan speaker aktif mobil terbaik bagi mobil Anda.

1. Tipe speaker

Speaker mobil aftermarket dapat dibagi menjadi dua kategori utama; speaker full-range dan sistem speaker komponen. Untuk speaker full-range berisi semua elemen speaker dalam satu keranjang. Dalam bentuk paling sederhana terdiri dari woofer dan tweeter yang dipasang ke woofer. Untuk mengganti speaker bawaan mobil, Anda bisa menggantinya dengan ukuran yang sesuai.

Tipe kedua ada speaker komponen yang menggunakan desain speaker nan superior yang unggul untuk memberikan Anda suara terbaik. Sistem komponen tipikal mencakup woofer dan tweeter yang terpisah atau dipadupadankan. Semuanya disesuaikan untuk saling melengkapi satu sama lain.

 speaker full-range pada bagian dashboard mobil
Ada dua pilihan tipe speaker aktif mobil terbaik untuk Anda

Jika Anda menginginkan speaker dengan kualitas suara sebagai pedoman, Anda bisa membeli speaker komponen. Tapi tentu saja budget yang dibutuhkan lebih besar. Jika anggaran Anda tidak memungkinkan, banyak sistem speaker full-range yang memberikan suara yang bagus. Speaker full-range juga menjadi pilihan yang baik jika Anda berusaha untuk memasang speaker sendiri.

>>> Memahami Perbedaan Jenis Speaker Mobil Tipe Coaxial dan Split

2. Ukuran dan konfigurasi speaker

Sebelum Anda membeli speaker baru, cari tahu speaker apa yang akan Anda ganti. Salah satu opsi adalah dengan mengeluarkan speaker mobil Anda dan mengukurnya. Untuk pengguna yang masih awam, Anda bisa mengunjungi toko aksesoris atau audio untuk mencari ukuran dan konfigurasi speaker yang tepat untuk mobil Anda.

speaker mobil berwarna oranye pada bagian bagasi 
Ukuran dan konfigurasi speaker sangat penting untuk dipertimbangkan

Jika mobil Anda menggunakan tipe speaker full-range, dan Anda berencana untuk menggantinya dengan speaker full-range baru, maka disarankan untuk mengetahui ukuran dan konfigurasi speaker Anda. Pada kebanyakan kasus, Anda bisa membeli speaker baru yang pas dengan wadah speaker pada mobil Anda.

>>> Mengenal Jenis Subwoofer Mobil yang Biasa Dipakai

3. Material speaker

Dilansir dari Speaker Champion, banyak speaker OEM dibuat dengan bahan berkualitas relatif rendah, disesuaikan dengan harganya yang tak terlalu mahal. Hanya dengan mengganti dan meningkatkan kualitas speaker, Anda bisa mendapatkan kualitas suara kabin yang lebih superior. Karena itu, kualitas speaker juga mempengaruhi kenyamanan Anda di dalam mobil.

beberapa jenis material speaker berwarna hitam dan cokelat
Material speaker mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan

Berikut beberapa hal yang perlu diingat dalam memperhatikan kualitas speaker, diantaranya:

  • Speaker dengan lapisan karet lebih tahan lama dibandingkan berbahan busa atau kain.
  • Bahan woofer yang kaku dan ringan seperti polypropylene yang dicampur dengan mika atau kain sintetis berlapis logam bisa bertahan lama dan memberikan respons bass yang baik
  • Material tweeter seperti polypropylene, sutra, keramik, dan logam sering dijadikan sebagai pertimbangan.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dari berbagai tipe dan tahun? Cuma disini yang lengkap

4. Sensitivitas speaker

Sensitivitas mengacu pada seberapa besar daya yang diperlukan speaker untuk mengeluarkan tingkat volume tertentu. Speaker dengan sensitivitas yang lebih tinggi akan membutuhkan daya yang lebih kecil. Di sisi lain, speaker yang memiliki sensitivitas rendah cenderung berfungsi baik dengan amp eksternal berdaya tinggi.

beberapa komponen speaker berwarna hitam 
Speaker dengan sensitivitas yang tinggi membutuhkan daya yang kecil

>>> Berkendara dengan Dentuman Speaker Fender dari Nissan Titan 2019

Untuk menentukan tingkat sensitivitas yang tepat untuk sistem audio dan kelistrikan Anda, cari tahu berapa banyak daya yang diperlukan oleh head unit dan amplifier eksternal. Jangan sampai speaker eksternal yang Anda pilih membutuhkan daya yang lebih besar dari daya mobil. Hal ini bisa berdampak buruk pada aki dan kelistrikan mobil.

Untuk mengetahui kualitas speaker, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan, dimana semakin besar range suara speaker, maka semakin baik suara yang dihasilkan. Kualitas suara speaker mobil terbaik biasanya berada pada frekuensi 20.000 Hertz, sedangkan frekuensi terendah bisa mencapai 10 Hertz.

>>> Menjaga Kebersihan Sekaligus Performa, Berikut Tips Merawat Sistem Audio

5. Speaker 2 arah dan 3 arah

Driving Life menyebutkan speaker 2 arah memiliki tweeter dan woofer yang digabungkan dalam satu wadah speaker, terkadang menggunaan crossover untuk memblokir frekuensi tertentu dari masing-masing speaker. Crossover adalah sirkuit listrik yang digunakan untuk memblokir frekuensi yang tak diinginkan. Sedangkan speaker 3 arah memiliki tweeter, midrange dan woofer.

speaker 2 arah mobil berwarna hitam 
Speaker 2 arah lebih murah dibandingkan speaker 3 arah

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil yang berguna lainnya

Untuk masalah harga, keduanya memiliki perbedaan masing-masing. Dimana speaker 2 arah juga menggunakan crossover dengan harga yang tak terlalu mahal, tergantung dengan material yang digunakan. Untuk speaker 3 arah menggunakan sirkuit crossover terintegrasi dengan harga yang lebih mahal dari speaker 2 arah.

Jenis speaker yang Anda pilih sangat mungkin tergantung pada banyak faktor. Contohnya kekedapan kabin yang akan menghalangi suara dari luar masuk ke dalam kabin Anda dan mengganggu kenikmatan berkendara. Memilih speaker aktif mobil terbaik bukan hanya mengenai kualitas tetapi juga konfigurasi serta kesesuaian dengan kendaraan Anda.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik menarik lainnya ada di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Memahami Perbedaan Jenis Speaker Mobil Tipe Coaxial dan Split

20/02/2020

Pengemudian

5 menit

Jenis speaker mobil bisa dibagi dalam dua kategori, yaitu speaker coaxial dan speaker split. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lihat juga

Mari Mengenal Jenis Speaker Mobil dan Fungsinya

18/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pada setiap perangkat audio mobil tentu dilengkapi juga dengan beberapa speaker. Setiap speaker mobil ini tentunya memiliki fungsi masing-masing yang berbeda. Kali ini kita bahas mengenai jenis speaker mobil beserta fungsinya. Apa saja?

Lihat juga

Berkendara dengan Dentuman Speaker Fender dari Nissan Titan 2019

20/09/2018

Pasar mobil

Untuk model tahun 2019, truk pikap Nissan Titan menerima upgrade ke sistem suara yang baru yang disebut memberikan dentuman layaknya saat mendengarkan konser.

Lihat juga

Mengenal Jenis Subwoofer Mobil yang Biasa Dipakai

19/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Beberapa jenis subwoofer mobil bisa dibedakan dari box serta sistem mekanisnya. Kali ini yang kami bahas adalah tipe-tipe subwoofer untuk mobil harian.

Lihat juga

Ingin Audio Mobil Kesayangan Lebih Optimal Tanpa Korbankan Ruang Kabin? Pasang Subwoofer Aktif Solusinya

29/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Berbeda dengan subwoofer pada umumnya yang berukuran besar dan harus menggunakan boks khusus, subwoofer aktif memiliki kelebihan seperti dimensi yang kompak dan sudah terintegrasi dengan power amplifier

Lihat juga