Penyebab dan Cara Membuka Mobil yang Terkunci Otomatis

17/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Penyebab dan Cara Membuka Mobil yang Terkunci Otomatis
Tak menutup kemungkinan Anda bisa terkunci di dalam atau di luar mobil. Jika itu terjadi, ini cara membuka mobil yang terkunci otomatis dari Cintamobil.com.

Beberapa mobil, kebanyakan mobil premium atau kelas atas, memiliki sistem yang secara otomatis mengunci pintu dan membuka kunci jika terjadi kecelakaan dengan bantuan sensor. Meskipun jarang terjadi, tetapi ada kalanya mobi mengunci secara otomatis dan Anda terjebak di luar. Untuk mengetahui cara membuka mobil yang terkunci otomatis, lihat dulu penyebab masalah tersebut.

1. Penyebab kunci mobil terkunci secara otomatis

Jelas mobil dengan sistem penguncian manual tidak akan mengalami masalah ini. Karena sekali dikunci, maka pintu manual akan tetap tertutup sampai kunci diputar ke arah sebaliknya. Masalah ini, sayangnya berbeda dengan kendaraan modern yang memiliki penguncian elektris, sebagaimana dijelaskan oleh Observer.ug.

pengemudi wanita yang terkunci di luar mobil
Tak menutup kemungkinan Anda mendapatkan masalah pada kunci otomatis

>>> 5 Pilihan Layanan Sewa Mobil Lepas Kunci di Jakarta

Masalah mobil yang terkunci secara otomatis terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya kesalahan yang dialami oleh kait atau aktuator yang berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi gerakan mekanis. Sistem penguncian listrik mengalami kegagalan, sehingga pintu gagal membuka atau mengunci, atau malah membuka ketika Anda sedang berkendara.

Masalah pada sensor pintu juga dapat mengakibatkan kesalahan pada penguncian otomatis. Selain itu, masalah ini juga terjadi ketika kabel grounding terputus dan terbuka sendiri. Terkadang debu cenderung membuat sistem penguncian mengalami kemacetan, sehingga membuatnya gagal memindahkan sistem penguncian secara efektif.

Otomatisasi dikombinasikan dengan tidak adanya komponen fisik yang bekerja secara mekanis (seperti menekan tombol kunci atau membuka pintu dengan kunci) berpotensi mematikan. Terlebih ketika mobil terkunci dimana anak atau binatang peliharaan Anda terkunci di dalam mobil dalam kondisi cuaca yang terik, seperti yang terjadi di luar negeri.

anak-anak yang terkunci di dalam mobil
Kejadian buruk terjadi ketika anak-anak terkunci di dalam mobil di musim panas

Tapi di Indonesia, kejadian ini sangat jarang terjadi. Jadi ketika mobil terkunci secara otomatis, masalah yang ditimbulkan memang tak separah di luar negeri. Kecuali Anda sedang terburu-buru, Anda bisa mencoba membuka kunci dengan tenang. Namun perhatikan bagaimana cara Anda membuka pintu, karena kerusakkan yang lebih besar berarti biaya perbaikan yang lebih tinggi.

>>> Menjaga Mobil Dari Pencurian, Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil

Cara membuka mobil yang terkunci otomatis

Ketika Anda memiliki kendaraan dengan fitur pengunci otomatis, ada kemungkinan Anda bisa menemukan terkunci di dalam mobil atau mobil terkunci otomatis ketika Anda berada di luar mobil. Untuk menangani hal ini, ada beberapa tips membuka mobil yang terkunci untuk membantu Anda menurut Do it Yourself.

1. Cek semua pintu

tangan yang sedang membuka pintu mobil
Dalam beberapa kejadian, ada pintu yang tak terkunci

Sebelum mencoba membuka semua jendela, Anda harus selalu memeriksa setiap pintu. Ada beberapa opsi pada fitur dan kontrol pada mobil yang bisa membuka pintu. Selalu ada kemungkinan ada pintu mobil yang tak terkunci. Untuk menghemat waktu, coba periksa semua pintu sebelum menggunakan cara berikutnya.

>>> Ini 3 Kebiasaan Buruk Penyebab Smart Key Mobil Rusak

2. Coba kunci fob cadangan

Anda bisa menggunakan kunci fob atau remote pengendali yang bisa membuka pintu atau jendela. Tapi jika kunci mobil tertinggal di dalam mobil, Anda bisa menggunakan kunci cadangan. Kebanyakan orang tidak menyimpan kunci fob cadangan, memilih untuk meninggalkannya di rumah. Maka cara ini pun tak selalu memungkinkan.

3. Gunakan gantungan kawat

Jika langkah sebelumnya tak membantu, Anda bisa menggunakan gantungan baju dari kawat untuk membuka pintu atau jendela. Mulailah dengan memutar gantungan di dekat kait, jaga agar ujungnya tetap tertekuk. Di sudut kiri atas jendela di sisi pengemudi, masukkan gantungan di antara karet dan jendela. Tekan ke bawah sampai Anda melihat kawat di dalam mobil.

laki-laki yang menggunakan kawat untuk membuka pintu mobil berwarna merah
Gunakan kait pada gantungan kawat untuk membuka pintu

Hubungkan kait ke sistem kontrol yang menghubungkan power windows dan kunci. Gunakan kait untuk menekan kebawah pada tombol pembuka atau untuk menurunkan jendela. Sayangnya, tidak semua tombol untuk menurunkan jendela bisa digunakan pada sebagian kendaraan, karena beberapa mobil membutuhkan kunci untuk

>>> Dapatkan tips merawat dan servis mobil dari ahli otomotif di Indonesia dengan klik sini

4. Panggil tukang kunci

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara dan tidak bisa membuka pintu yang terkunci, jangan ragu untuk memanggil tukang kunci atau petugas bengkel untuk membuka pintu. Mencoba mendorong jendela secara manual atau memecahkan jendela dapat merusak mekanisme atau sistem di pintu secara permanen yang akan membutuhkan lebih banyak biaya untuk perbaikan.

Bisa dibilang, membuka mobil yang terkunci otomatis tergantung mobil yang Anda gunakan. Jika Anda cenderung linglung dan pelupa, Anda sebaiknya meletakkan kunci tambahan dalam mobil. Lebih baik lagi, persiapkan kunci cadangan lain dan simpan di dalam dompet atau barang yang sering Anda bawa kemana-mana, kecuali jika Anda meninggalkan dompet atau tas di dalam mobil juga.

>>> Dapatkan berbagai tps dan trik seputar otomotif hanya di sini

Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top