Tidak Bosan Dalam Perjalanan, Tips Optimalkan Head Unit Mobil

29/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Tidak Bosan Dalam Perjalanan, Tips Optimalkan Head Unit Mobil
Perjalanan dengan mobil sudah dimulai sejak Anda masuk ke mobil. Mobil-mobil baru atau bekas saat ini rata-rata sudah dibekali head unit canggih. Menu yang dihadirkan bermacam-macam. Agar tidak bosan, Anda bisa optimalkan head unit mobil agar perjalanan lebih menarik. Simak tipsnya berikut ini.

1. Musik

Musik menjadi menu wajib saat dalam perjalanan agar tidak cepat bosan

Mendengarkan musik menjadi menu utama ketika Anda dalam perjalanan jauh atau terjebak macet agar tidak bosan

Agar perjalanan lebih nyaman, sediakan berbagai jenis musik yang Anda dan keluarga senangi. Simpan setiap jenis lagi ke dalam favorite maupun folder dalam USB agar mudah diakses ketika Anda ingin menggantinya. Bila Anda dalam perjalanan jauh, optimalkan head unit mobil dengan musik-musik yang bisa membuat Anda bersama keluarga atau teman berkaraoke sehingga tidak cepat bosan.

>>> Fiturnya Semakin Menjamur, Berikut Tips Cara Pakai Apple CarPlay

2. Film

Menonton film bisa membuat anak-anak lebih tenang dan terlelap tidur

Menonton film yang diputar pada head unit bisa membuat anak menjadi lebih tenang dan terlelap tidur saat dalam perjalanan

Memutarkan film merupakan senjata ampuh untuk membuat penumpang, terutama anak-anak tidak jenuh saat perjalanan jauh. Tidak hanya itu, dengan optimalkan head unit mobil melalui film, anak pun akan mudah terlelap ketika lelah menonton film. Jika Anda menggunakan pemutar film di head unit utama, maka atur speaker agar terfokus ke bangku anak atau baris kedua. Hal ini agar konsentrasi Anda sebagai pengemudi tidak terganggu.

>>> Membedah Head Unit Wuling Almaz, Ada Apa Saja Dalam Layar 10,4 Inci Tersebut?

3. Navigasi

Melalui navigasi Anda bisa mencari jalur alternatif saat terjebak macet

Mencari jalur alternatif yang lebih lancar bisa Anda optimalkan pada headunit mobil melalui fitur navigasi

Fitur yang satu ini bisa diandalkan untuk menemukan jalur-jalur alternatif. Mayoritas sistem navigasi mobil biasanya memiliki kemampuan mencari rute atau jalan yang memang layak dilewati mobil. Tapi pastikan ketka Anda optimalkan head unit mobil dengan menggunakan fitur navigasi, sudah di-update sebelum melakukan perjalanan.

>>> Mungkin Anda tertarik: Seberapa Penting Fitur Kamera 360 Derajat Pada Mobil?

4. Internet Browser

Anda bisa mengakses internet pada beberapa headunit canggih

Memutar musik secara online atau mencari informasi kondisi lalu lintas bisa dilakukan melalui internet browser

Hadirnya fitur internet browser bisa digunakan untuk membantu Anda mencari informasi terkini. Fitur ini termasuk yang bisa Anda optimalkan head unit mobil. Seperti mencari tahu informasi lalu lintas misalnya. Tapi Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk memutar lagu dan film terbaru yang belum sempat Anda unduh. Pastikan koneksi jaringan internet cukup stabil dan lancar.

>>> Baca juga: Begini Pengaturan Waze dan Google Maps Melewati Ganjil Genap di Jakarta​

5. Radio

Simpan stasiun radio untuk memantau kondisi lalu lintas sekitar

Radio bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi lalu lintas dari stasiun radio setempat atau lokal

Dalam sebuah perjalanan, radio bisa Anda optimalkan head unit mobil untuk mengetahui informasi terbaru tentang kondisi lalu lintas di jalan yang akan dilalui. Sebaiknya ketahui daftar stasiun radio yang memberikan informasi di sepanjang kota yang akan dilewati karena jangkauan radio biasanya hanya seluas kota atau kabupaten. Simpan di memori dengan berurutan agar mudah diakses ketika berkendara.

>>> Tips pengemudian paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

6. Equalizer

Tidak hanya untuk mengatur suara, tapi juga membuat pengemudi lebih fokus

Bila ingin fokus mengemudi, posisikan equalizer hanya di baris kedua saja

Selain untuk menata komposisi suara di beberapa frekuensi yang dihasilkan head unit, equalizer juga dapat Anda optimalkan head unit mobil untuk membantu pengemudi memposisikan fokus suara bagi setiap penumpang. Hal ini membantu ketika pengemudi ingin fokus berkendara tanpa perlu mendengarkan suara speaker terlalu keras dari lagu yang didengarkan oleh penumpang yang duduk di baris kedua.

>>> Baca tips teknopedia lain, jangan abaikan banyak tulisan yang menarik di sini

7. Pairing Smartphone

Menggabungkan head unit dan smartphone adalah langkah tepat

Lebih optimal head unit mobil bila disambungkan ke perangkat gadget Anda

Pastikan Anda melakukan pairing smartphone untuk optimalkan head unit mobil sebelum mengemudi. Hal ini akan memudahkan pengemudi ketika harus melakukan atau menerima panggilan telepon ketika berkendara. Jangan lupa pastikan bahwa phone book juga bisa diakses melalui head unit dan smartphone selalu dalam kondisi menyala.

>>> Ingin mendapatkan tips dan trik otomotif lainnya? Klik di sini

8. Televisi

Menonton TV bisa jadi salah satu cara optimalkan head unit saat dalam perjalanan jauh

Mengetahui berita terbaru serta kondisi lalu lintas pada jalan yang akan dilalui bisa dilakukan melalui fitur televisi di head unit

Sama seperti radio, TV juga bisa digunakan untuk memantai kondisi rute perjalanan yang Anda lewati via stasiun TV lokal. Hanya saja pencarian stasiun televisi biasanya hanya bisa dilakukan ketika telah tiba di kota yang terjangkau oleh stasiun TV tersebut. Namun agar waktu pencarian dan untuk lebih optimalkan head unit mobil, Anda bisa membuat daftar stasiun yang memberikan informasi tentang kondisi jalan.

>>> Lagi cari mobil seken? Temukan di Cintamobil.com!

Share this post:
 
back to top