Fiturnya Semakin Menjamur, Berikut Tips Cara Pakai Apple CarPlay

02/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Fiturnya Semakin Menjamur, Berikut Tips Cara Pakai Apple CarPlay
Head unit dengan fitur Apple CarPlay kini semakin merambah pada mobil-mobil standar yang beredar di Indonesia. Agar tidak bingung, pelajari tips cara pakai Apple CarPlay di mobil kesayangan Anda.

Nama Apple CarPlay baru mulai mencuat sekitar awal tahun 2014. Fitur ini merupakan teknologi sistem operasi mobile buatan Apple yang khusus tertanam di head unit mobil. Saat itu memang belum banyak mobil selain Ferrari FF yang sudah mengaplikasikan CarPlay dan beredar di Indonesia. Chevrolet sebagai pabrikan Amerika sudah mengaplikasikan fitur ini pada Trax dan Captiva.

>>> Baca juga: Ini Cara Mudah Mengemudi Irit BBM Di Dalam Kota Dengan New Honda Mobilio CVT 2019

Ferrari FF menjadi mobil pertama di Indonesia pakai fitur Apple CarPlay

Sebelum banyak digunakan pada mobil konvensional, Ferrari FF lebih dulu hadir dengan fitur Apple CarPlay di Indonesia

Skema kerja CarPlay sebenarnya sangat sederhana karena dasarnya adalah aplikasi langusng dari iOS. Jadi untuk mengaktifkannya hanya perlu menghubungkan kabel USB orisinal iPhone maka otomatis CarPlay sudah bisa dinikmati tanpa perlu download aplikasi apapun. Tetapi proses transfer menu untuk cara pakai Apple CarPlay pada head unit dari iPhone sering salah paham sebagai proses mirroring. Padahal aplikasi CarPlay yang tampil di layar monitor bukanlah seluruh menu yang ada di iPhone.

Tidak heran saat head unit terkoneksi dengan iPhone dan fitur Apple CarPlay aktif hanya beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Ada telepon, musik, peta navigasi, pesan, dan musik. Menariknya saat melakukan panggilan telepon atau membacakan pesan yang masuk, Siri (perintah suara khas Apple) terasa optimal digunakan ketika sedang berkendara. Melalui perintah suara, maka ia akan membantu pengoperasian panggilan telepon.

>>> Ingin tahu teknologi kendaraan? Dapatkan informasi terlengkapnya hanya di sini

Saat ini sudah semakin banyak pabrikan yang menyematkan fitur Apple CarPlay

Kini fitur Apple CarPlay tidak hanya dijumpai mobil mewah tapi juga mobil massal seperti Hyundai Grand Santa Fe terbaru

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk cara pakai Apple CarPlay pada mobil Anda. Ketika head unit sudah terkoneksi dengan kabel USB, pilih menu input/output lalu pilih menu Setup dan aktifkan device di posisi iPhone. Selanjutnya pilih konektivitas koneksi USB dan paling utama pastikan mode Apple CarPlay dalam posisi ON.

Saat terkoneksi memang tidak semua aplikasi di iPhone akan tampil di head unit. Untuk cara pakai Apple CarPlay ini hanya beberapa aplikasi standar yang hadir seperti telepon, musik, peta navigasi (maps), pesan hingga menu khusus dari pabrikan. Adapun untuk aplikasi unduhan yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay ialah Spotify, Podcasts, Beats Radio, iHeartRadio dan Stitcher. Jadi, mudah bukan menggunakan Apple CarPlay?

>>> Dapatkan juga kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:

Berita lain

Hyundai Grand Santa Fe Hadir Dengan Fitur Lebih Lengkap

22/02/2019

Event - Promosi

Hadirnya Hyundai Grand Santa Fe sebagai varian flagship membuat Big SUV ini tidak hanya semakin canggih tapi juga aman. Penambahan 4 airbags serta dua layar berukuran 7 inci pada head unit dan panel instrumen menjadi pelengkap kekurangan varian lainnya.

Lihat juga

Tiga Fitur Penting Dalam Hyundai Grand Santa Fe

28/02/2019

Mobil baru

Penambahan varian Hyundai Grand Santa Fe membuat SUV ini semakin lengkap. Fitur-fitur terkini disematkan untuk para konsumen Indonesia. Dari sekian banyak fitur yang hadir, ada tiga fitur penting dalam Hyundai Grand Santa Fe yang membuatnya semakin aman dan nyaman.

Lihat juga

Berawal dari Cuitan Twitter, Tesla Kembangkan Fitur Baru Dog Mode

Bagi pemilik anjing maupun kucing yang sering meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil, Tesla memperkenalkan fitur baru ‘Dog Mode’ untuk membuat hewan peliharaan tetap nyaman selama berada di dalam mobil.

Lihat juga

Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay

23/09/2018

Pengemudian

Dengan iOS 12 baru, Apple menambahkan dukungan untuk layanan pemetaan atau navigasi dari pihak ketiga, yaitu Google Maps. Penambahan ini membuat pengguna Apple CarPlay bisa menggunakan navigasi asli Google tersebut.

Lihat juga

Rasakan Pengalaman Dikejar Zombie dari Teknologi VR pada Mobil dari Apple

04/04/2018

Pasar mobil

Industri otomotif berkembang menjadi industri yang lebih besar, bahkan sampai merambah pada tekologi virtual. Hal ini ditunjukan dengan patent VR Apple untuk teknologi VR pada mobil otonom mereka.

Lihat juga
 
back to top