Ini Ukuran Tekanan Ban Innova untuk Harian

12/03/2021

Pengemudian

8 menit

Berikut ini merupakan ukuran tekanan ban Innova yang bisa diterapkan sehari-hari, baik untuk Innova yang menggunakan ban ukuran ring 15, ring 16, maupun ring 17.

Tekanan ban Innova tentunya akan berbeda dibanding mobil Toyota tipe lainnya, seperti Ayla, Calya, atau Camry. Sebab dari segi ukuran ban yang digunakan, spesifikasi ban pada Toyota Kijang Innova dibanding dengan mobil-mobil Toyota yang lain juga berbeda. Bahkan diantara tipe Kijang Innova pun menggunakan ukuran ban yang berbeda.

Misalnya untuk Innova tipe G menggunakan ban ukuran 205/65 R15, Innova tipe V ukuran bannya 205/65 R15, sementara unutk Innova Reborn pakai ban ukuran 205/65 R16, Innova Reborn tipe Q ukuran bannya 215/55 R17, dan Innova Venturer pakai ban dengan ukuran 215/55 R17.

Lantas berapa ukuran tekanan angin ban untuk masing-masing tipe Toyota Kijang Innova ini? Berikut akan cintamobil.com jelaskan secara lebih rinci.

>>> Harga Nyaris Rp 500 Juta, Toyota Innova Facelift Sasar Konsumen Ini

Tekanan Ban Mobil Innova Ring 15

Toyota Kijang Innova 2009

Innova generasi pertama ada menggunakan ban ukuran ring 15

Jika Toyota Kijang Innova Anda memiliki ukuran ban 205/65 R15 maka bisa diisi dengan tekanan angin ban Innova sebesar 33 psi atau 2.3 bar di bagian roda depan. Sementara untuk roda belakang, ukuran angin ban Innova tersebut 36 psi atau 2.5 bar.

Perlu diperhatikan juga, tekanan angin ban Innova yang direkomendasikan ini adalah tekanan ban maksimum yang sebaiknya Anda isi jika kondisi mobil menampung bobot 6-7 penumpang plus barang bawaan di bagasi. Sementara jika hanya diisi 1-2 penumpang tanpa barang bawaan, maka cukup isi tekanan ban Innova di bagian depan 33 psi (2.3 bar) dan di belakang 33 psi (2.3 bar) atau 34 psi (2.4 bar).

>>> Tekanan Angin Ban Mobil Jadi Faktor Penting Agar Tak Celaka saat Hujan

Tekanan Angin Ban Mobil Innova Ring 16

Ban Bridgestone untuk Kijang Innova

Jika mobil diisi full penumpang plus barang bawaan, sebaiknya naikkan tekanan angin 2-3 psi

Untuk Toyota Kijang Innova Reborn yang menggunakan ban ukuran 205/65 R16, jika hanya digunakan mengangkut 1-2 penumpang, maka cukup samakan antara tekanan angin ban depan dnegan ban belakang, yaitu antara 33 psi (2.3 bar) - 34 psi (2.4 bar).

Tetapi jika kondisinya membawa banyak beban berupa penumpang 6-7 orang berikut barang bawaan, maka tekanan ban Innova Reborn tersebut bisa ditambahkan 2-3 psi lagi. Yakni menjadi 33 psi (2.3 bar) pada roda depan, dan 36 psi (2.5 bar) untuk roda belakang.

Ukuran Ban Tekanan Angin Ban Depan Tekanan Angin Ban Belakang
205/65 R15 33 psi (230 kPa, 2.3 bar) 36 psi (250 kPa, 2.5 bar)

>>> Seberapa Sering Tekanan Angin Ban Mobil Harus Dicek?

Tekanan Angin Ban Mobil Innova Ring 17

Toyota Kijang Innova modif velg dan ban

Jika velg dan ban sudah dimodifikasi maka tekanan angin juga harus disesuaikan

Terakhir untuk Toyota Kijang Innova yang menggunakan ban ukuran 215/55 R17 seperti Innova Reborn tipe Q atau Innova Venturer. Tekanan ban Innova Reborn dan Venturer ini yang direkomendasikan juga masih sama, yaitu 33 psi (2.3 bar) sama rata antara ban depan dan belakang, atau ban belakang diisi angin 34 psi (2.4 bar) kalau hanya diisi muatan 1-2 penumpang tanpa barang bawaan.

Namun kalau diisi muatan 6-7 penumpang plus barang bawaan di bagasi, maka ukuran angin ban mobil Innova ini bisa diubah jadi 33 psi - 34 psi untuk ban depan, dan 36 psi untuk ban belakang.

Ukuran Ban Tekanan Angin Ban Depan Tekanan Angin Ban Belakang
205/65 R16 33 psi (230 kPa, 2.3 bar) 36 psi (250 kPa, 2.5 bar)

Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Innova

Tabel Tekanan ANgin Ban Innova

Tabel tekanan angin ban ini posisnya ada di pilar pintu pengemudi

Sebenarnya, untuk mengetahui berapa ukuran angin ban mobil Innova Anda, maka sesuaikan dengan saran dari pihak pabrikan mobil tersebut. Terutama jika ban dan velg yang terpasang di mobil Anda masih standar dan belum diganti ke ukuran yang lebih besar.

Cara mengetahui tekanan angin ban mobil Innova ada dua, pertama dengan melihat tabel tekanan angin ban mobil yang tercetak pada stiker yang tertempel pada pilar pintu pengemudi. Cara kedua, Anda bisa lihat tabel tekanan ban mobil Innova melalui buku pedoman pemilik kendaraan yang biasanya diserahkan oleh pihak dealer saat Anda membeli mobil tersebut.

Ukuran Ban Tekanan Angin Ban Depan Tekanan Angin Ban Belakang
215/55R17 33 psi (230 kPa, 2.3 bar) 36 psi (250 kPa, 2.5 bar)

>>> Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Lebih Irit Dari Transmisi Manual

Cek Tekanan Angin Ban Saat Pagi Hari

Alat Ukur Tekanan Angin Ban

Sebaiknya gunakan alat ukur tekanan angin ban model digital

Setelah tahu berapa tekanan angin ban untuk mobil Anda, maka ukurlah masing-masing tekanan ban di kendaraan Anda menggunakan alat pengukur tekanan ban. Sebaiknya lakukan hal ini ketika kondisi ban masih dingin, yaitu pagi hari sebelum Anda mulai beraktifitas dengan kendaraan tersebut.

Alat ukur tekanan angin ban mobil ini ada yang berbentuk analog dan ada juga yang sudah digital. Untuk analog masih menggunakan jarum pada sebuah lingkaran yang dilengkapi petunjuk angka-angka yang menggunakan satuan psi. Sementara untuk yang model digilat sudah memakai angka numerik dengan satuan psi, bar, kpa, dan lainnya. Sebaiknya pilih alat pengukur tekanan ban mobil yang model digital, sebab akan mengukur tekanan angin lebih akurat sampai ke bilangan di belakang koma.

Itu tadi cara mengetahui tekanan ban Innova baik yang menggunakan ban ukuran ring 15, ring 16, atau ring 17. Tapi jika ban standar mobil tersebut sudah diganti jadi lebih besar, maka sebaiknya konsultasikan kepada pihak produsen ban atau toko ban tempat Anda membeli ban tersebut tentang berapa ukuran tekanan angin yang sesuai dengan ban yang sudah diganti itu.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa ukuran ban Innova terbaru?
Untuk Toyota Kijang Innova Reborn facelift menggunakan ukuran ban 205/65R16, sementara untuk Toyota New Kijang Innova Venturer pakai ban ukuran 215/55R17.
Apa akibatnya kalau tekanan angin ban berlebih?
Jika tekanan angin lebih dari yang direkomendasikan, maka tapak ban tidak akan smepurna ke permukaan aspal. Akibatnya, ban bisa mengalami keausan tidak merata. Selain itu ada risiko dinding ban menjaid benjol, dan pada kondisi terburuk, ban bsia pecah seketika.
Mengapa tekanan angin ban mobil bisa berkurang padahal ban tidak bocor?
Tekanan angin ban mobil memang akan berkurang 1 psi tiap bulan, atau bisa juga ada kebocoran akibat pentil ban sudah getas, atau velg peang atau retak.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top