Harga Nyaris Rp 500 Juta, Toyota Innova Facelift Sasar Konsumen Ini

22/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Harga Nyaris Rp 500 Juta, Toyota Innova Facelift Sasar Konsumen Ini
Toyota Innova Facelift baru saja disegarkan tampilannya. Penyegaran itu disertai dengan kenaikan harga, bahkan ada yang nyaris Rp 500 juta. Siapa yang disasar?

PT Toyota Astra Motor pekan lalu baru saja mengenalkan model terbaru dari Kijang Innova. Pengenalan model baru Toyota Innova Facelift tersebut disertai dengan adanya peningkatan harga. 

Di Indonesia, Toyota Innova Facelift ditawarkan dalam 16 tipe. Harganya dibanderol mulai Rp 337,6 juta pada tipe 2.0 G M/T Bensin hingga yang termahal nyaris Rp 500 juta. Tipe Innova paling mahal ada pada Venturer 2.4 A/T Diesel yang dibanderol Rp 495,7 juta. 

>>> Sudah 2,2 Juta Orang Indonesia Jadi Pemilik Innova dan Fortuner

Innova Sasar Konsumen dari Berbagai Kalangan

Kijang Innova

Innova Venturer jadi yang termahal

Mengisi segmen yang cukup digemari di Indonesia, harga Innova Facelift bisa dibilang di atas rata-rata kemampuan masyarakat di Tanah Air. Sekadar informasi, dalam data yang dimiliki Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia disebutkan rata-rata orang Indonesia masih membeli mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta. 

Lantas siapa sasaran dari Innova Facelift dengan banderolan harga di atas rata-rata kemampuan orang Indonesia itu? 

"Kalau hanya melihat batas atas memang Rp 495 juta, Innova itu segmennya sangat luas. Karena itu kami memiliki segmen yang berbeda-beda untuk Innova ini. Main volume Innova itu di tipe G dan V," jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

"Tipe Venturer kami isi untuk mengisi kekosongan antara Innova dan Fortuner, karena ada konsumen yang ingin tampilannya berbeda, macho dan premium. Ada kebutuhan konsumen di situ," sambung Anton lagi. 

>>> Kebanyakan Orang Indonesia Beli Mobil di Bawah Rp 300 Juta

Diharapkan Bisa Naikan Penjualan

Kijang Innova

Adanya penyegaran memang bisa menjadi stimulus penjualan suatu model yang tengah lesu. Diharapkan Toyota Innova Facelift bisa terjual 2.500 unit per bulan. 

"Tahun lalu, rata-rata penjualan Kijang Innova di 4.000-an unit. Sekarang berada di bawah 2.000 unit," beber Anton. 

Kijang Innova merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia. Sejak awal diluncurkan di tahun 1977, MPV ini dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia dengan tetap mempertahankan DNA-nya yaitu durability, comfortability, dan peace of mind selama 43 tahun. Hingga saat ini, MPV legendaris ini telah terjual hampir 2 juta unit.

Kijang Innova tidak hanya populer di Indonesia tapi juga di banyak negara lain. Tercatat ada beberapa negara tujuan ekspor dari Kijang Innova yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, mulai dari Asia Tenggara hingga Timur Tengah. 

>>> 5 Pilihan Mobil Rp 400 Jutaan Selain Toyota Innova 2020

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top