Cara Aman Pakai GPS saat Berkendara

20/05/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Memanfaatkan peta digital dan GPS cukup membantu pengendara mengetahui lokasi dan rute tujuan perjalanan. Berikut cara aman pakai GPS saat berkendara!

Sistem navigasi seperti peta digital dan GPS memberi banyak manfaat bagi pengendara. Selain untuk mengetahui alamat lokasi yang akan dituju juga menunjukkan rute tercepat yang bisa dilalui. Namun perlu diketahui mengoperasikan GPS sambil berkendara sangat membahayakan. Untuk itu, simak cara aman pakai GPS saat berkendara berikut ini!

1. Atur lokasi tujuan sebelum perjalanan

Baik menggunakan GPS di perangkat head unit mobil maupun smartphone Anda harus mengatur lokasi tujuan sebelum memulai perjalanan. Dalam kondisi masih berhenti aktifkan GPS dan tentukan lokasi yang akan dituju. Perhatikan dengan seksama alamatnya serta rute terdekat yang direkomendasikan.

Poin pertama ini sangat penting bahkan ‘wajib’ jika Anda mau pakai GPS saat berkendara. Pengaturan sambil berkendara tidak disarankan. Fokus berkendara bisa terganggu karena pikiran harus berbagi antara GPS dan jalanan.

>>> Google Maps Bakal Digantikan Aplikasi TomTom, Apa Kelebihannya?

Foto menunjukkan seorang pengemudi Mengemudi menggunakan GPS

Pakai GPS saat berkendara membantu menemukan jalan tercepat ke lokasi tujuan

2. Manfaatkan fitur suara

Untuk mengurangi distraksi mata jalanan Anda bisa memanfaatkan fitur suara pada GPS. besarkan volume gadget atau volume audio kendaraan namun jangan terlalu besar. Sekiranya suara bisa terdengar dan tidak terlalu mengganggu kenyamanan.

Sebaiknya pengaturan volume juga dilakukan saat masih berhenti. Terutama untuk GPS di perangkat smartphone. Sedangkan pengaturan volume pada audio mobil meski bisa dilakukan saat berjalan, sebaiknya dilakukan dalam kondisi berhenti. Terutama untuk pengaturan dengan sistem sentuh karena mau tidak mau mata harus melihat area yang disentuh.

3. Minta bantuan pendamping

Yang ketiga jika Anda tidak sendiri dalam kendaraan Anda bisa minta bantuan pendamping. Minta mereka untuk membantu melihat rute yang bakal dilalui. Misalnya jika di depan ada persimpangan kemana GPS menunjukkan rutenya, ke kiri, ke kanan, atau lurus.

Cara ketiga ini sangat membantu jika si pendamping paham cara membaca GPS. Jika tidak, Anda harus tetap mandiri dengan dua cara sebelumnya.

Secara ada banyak aplikasi GPS yang bisa dimanfaatkan pengendara. Seperti Google Maps, Waze, Maps.me, Here Wego, TOPO GPS dan yang lain. Namun cara amannya untuk digunakan saat berkendara tetap sama. Anda atur lokasi tujuan sebelum perjalanan, manfaatkan fitur suara yang disediakan, dan minta bantuan pendamping untuk memantau GPS.

>>> 5 Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik untuk Mobil Anda

Foto pengendara Bertanya ke orang lain

Jika tak yakin dengan petunjuk GPS, jangan ragu untuk bertanya

>>> Kenali Fungsi 4 Lajur Jalan Tol Agar Tak Salah Posisi!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top