Google Maps Bakal Digantikan Aplikasi TomTom, Apa Kelebihannya?

28/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Google Maps Bakal Digantikan Aplikasi TomTom, Apa Kelebihannya?
Keberadaan peta digital pada mobil dari Google Maps akan segera digantikan oleh aplikasi buatan TomTom. Bahkan ada banyak kelebihan dari peta buatan TomTom.

Google Maps dan Waze saat ini memang masih menjadi aplikasi peta digital andalan bagi banyak orang yang melakukan perjalanan. Meski demikian, sejumlah pabrikan otomotif makin melengkapi lini produknya yang sudah terintegrasi dengan sistem peta digital bawaan.

Demi kebutuhan ini, para produsen otomotif juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi informasi terkemuka. Tujuannya jelas, menghadirkan aplikasi peta digital pengganti Google Maps dengan fitur dan inovasi yang lebih lengkap. TomTom adalah satu dari beberapa perusahaan yang terus berinovasi dalam mencukupi kebutuhan para produsen otomotif tersebut.

>>> Fitur Baru dan Google Maps Dark Mode di Update Anyar Android Auto

TomTom Sediakan Peta Digital Pengganti Google Maps

TomTom Navigation

TomTom selama ini memang dikenal sebagai perusahaan pembuat GPS Navigation

Belum lama ini, TomTom telah mengumumkan jika mereka berhasil mengembangkan satu sistem navigasi hybrid berbasis cloud baru untuk para produsen mobil yang memberikan sejumlah keuntungan dibanding sistem navigasi yang sduah ada.

"Kami memberikan informasi penting seperti petunjuk navigasi belokan demi belokan, tingkat lajur, hingga peringatan lalu lintas yang bisa meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam mengemudi. Pengemudi juga bisa berinteraksi dengan bantuan suara yang lebih mudah digunakan daripada Amazon Alexa, Cerence atau Houndify," tulis keterangan resmi TomTom dikutip dari Autoevolution, Sabut (27/03/2021).

>>> 5 Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik untuk Mobil Anda

Kelebihan Aplikasi Navigasi Digital TomTom

Beberapa kelebihan sistem navigasi digital TomTom adalah memungkinkan navigasi untuk melakukan pembaharuan secara kontinu. Sehingga memastikan kepada para penggunanya, jika peta digital yang mereka lihat adalah kondisi terbaru. Dengan demikian diharapkan navigasi yang diberikan juga lebih akurat. Ini berbeda dengan Google Maps dimana penggunanya harus melakukan update secara manual.

TomTom Google Maps

Aplikasi navigasi buatan TomTom bisa dipasang di hampir semua mobil

>>> Review Suzuki Aerio 2002: Memang Kurang Laris, Tapi Masih Jadi Pilihan Oke Soal Harga

Kelebihan yang kedua adalah peta digital TomTom mampu berjalan dalam mode offline menggunakan perangkat lunak dan peta onboard yang sudah tersimpan di memori kendaraan. Ini tentu akan memberikan pengalaman berkendara tanpa gangguan sinyal yang mungkin saja hilang pada kondisi jalan tertentu, misalnya ketika masuk ke terowongan atau melintas di pegunungan.

Sistem navigasi dari TomTom juga dapat menampilkan peta dalam bentuk layar HUD, di monitor penumpang belakang, atau bahkan cluster screen berukuran kecil. Ditambah adanya kontrol perintah suara, diyakini sistem ini sanggup terpasang hampir disemua mobil yang sudah memiliki headunit monitor.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top