Perhatikan Hal ini untuk Mengetahui Apakah Airbag Mobil Bisa Berfungsi

22/07/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Airbag mobil adalah salah satu fitur keselamatan pasif mobil modern. Ada baiknya Anda mengerti hal yang perlu diperhatikan untuk tahu fitur ini bisa berfungsi.

Airbag berfungsi untuk menahan organ vital pengemudi seperti kepala dan dada dari benturan keras saat mengalami tabrakan. Balon udara ini akan mengembang sesaat setelah mobil mendeteksi adanya tumbukan keras pada mobil yang bisa membahayakan pengemudi dan penumpang.

Namun, ada beberapa pemilik mobil yang mengabaikan kondisi Airbag sebelum berkendara yang membuat fitur ini tidak bekerja saat dibutuhkan.

Periksa Indikator

Airbag yang mati tanpa alasan yang jelas bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti sensor yang bermasalah, modul airbag yang rusak, bahkan kabel-kabel yang putus seperti dimakan oleh binatang pengerat.

Gambar Sensor Airbag

Sensor dan kabel yang berada di balik bumper bisa jadi korban digerogoti oleh tikus

>>> Simak! Ini Aturan Perjalanan Darat yang Berlaku Hingga 25 Juli 2021

Dari semua kerusakan yang kami sebutkan di atas, sudah pasti airbag mobil tidak akan mengembang saat terjadi benturan atau tabrak. Untuk mengetahui kerusakan tersebut, mobil akan memberitahu pengemudi melalui indikator yang ada pada kluster speedometer.

Indikator berwarna merah ini akan terus menerus menyala atau berkedip. Jika hal tersebut terjadi, ada yang tidak beres pada sistem keselamatan tersebut.

Biasakan untuk melihat indikator-indikator pada kluster speedometer sebelum berkendara. Sehingga Anda dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi di jalan.

Gambar Indikator Airbag

Jika indikator masih tetap menyala saat mobil berjalan, sebaiknya segera mengunjungi bengkel untuk diperiksa

Saat kontak mobil Anda putar ke ignition, biasanya semua indikator tersebut akan menyala. Jika saat mobil dinyalakan indikator tersebut masih menyala atau berkedip dalam waktu yang lama, sebaiknya segera kunjungi bengkel resmi untuk mengetahui penyebab masalah tersebut.

>>> Isi Bensin Jangan Tunggu Tangki Kosong, Bisa Bahaya!

Apakah Airbag Bisa Kadaluarsa?

Salah satu ketakutan atau mitos lain mengenai airbag mobil adalah usia pakai terbatas atau kadaluarsa. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar.

Memang amonium nitrat yang digunakan untuk 'meledakkan' balon tersebut bisa mengurang kemampuannya seiring waktu. Namun, sejauh penggunaannya hal tersebut belum 100% terbukti.

Gambar Airbag

Airbag bisa kadaluarsa belum terbukti 100%

Pada dasarnya, semua fitur keselamatan pada mobil memang sudah didesain untuk tidak mudah rusak dan dapat bertahan dalam waktu yang lama seiring usia dari mobil itu sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa airbag mobil memiliki kata SRS yang berarti Supplemental Resistant System. Suplemental artinya bukan yang utama, sehingga Anda tidak bisa hanya mengandalkan fitur ini dalam menjaga keselamatan berkendara. Berkendara dengan aman dan menggunakan fitur-fitur lain seperti safety belt menjadi hal yang utama.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top