Perhatikan Dengan Seksama, 6 Hal Berikut Membuat Klaim Asuransi Ditolak

23/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Perhatikan Dengan Seksama, 6 Hal Berikut Membuat Klaim Asuransi Ditolak
Tidak semua klaim asuransi mendapat persetujuan dari pihak perusahaan asuransi. Karena alasan-alasan tertentu perusahaan memutuskan klaim asuransi ditolak dan pemilik kendaraan harus menanggung sendiri kerugian yang terjadi pada kendaraannya.

Sebagai pemilik mobil, tentu keputusan yang sangat bijak jika Anda mengasuransikan mobil kesayangan dengan asuransi mobil. Pasalnya, asuransi mobil akan memberikan banyak manfaat seperti penggantian kerugian apabila terjadi suatu hal pada mobil Anda.  Namun, tidak bisa dipungkiri masih banyak di antara kita yang belum memahami dengan baik tentang polis asuransi dan bahkan dalam hal pengurusan klaim asuransi mobil. Sangat banyak ditemukan pengajuan klaim yang ditolak dikarenakan alasan-alasan tertentu. Sebagai informasi, berikut ini beberapa hal umum yang membuat klaim asuransi mobil ditolak.

Gambar ilustrasi asuransi mobil

Asuransi, pilihan bijak untuk meminimalkan kerugian akibat risiko berkendara

1. Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Alasan pertama yang membuat klaim asuransi mobil ditolak ialah karena dokumen klaim yang tidak lengkap. Maka dari itu pastikan jika semua dokumen yang diperlukan telah tersedia lengkap saat Anda hendak mengajukan klaim. Apabila satu saja jenis dokumen yang tidak lengkap, maka pihak asuransi mobil tidak akan ragu menolak klaim Anda. Untuk klaim asuransi mobil, maka pastikan untuk mengambil foto kerusakan mobil sebagai bukti. Ikuti semua prosedur dengan benar dan persiapkan semua dokumen pengajuan klaim yang lengkap.

>>> Baca juga: Membeli Mobil Bekas, Bisakah Asuransi Berganti Nama?

2. Pengajuan Klaim Melebihi Waktu yang Ditentukan

Pihak asuransi memang selalu memberikan batas waktu untuk pengurusan klaim pemegang polis. Dan jika melewati batas waktu yang telah ditentukan, maka klaim akan ditolak. Dan yang jadi permasalahannya saat ini ialah salah satu jenis klaim yang batas waktu pengurusannya sangat pendek ialah klaim asuransi mobil, yakni hanya 3 x 24 jam setelah kejadian saja. Maka dari itu, pastikan untuk segera mengajukan klaim atas asuransi mobil Anda saat suatu perkara mengakibatkan mobil rusak. Jangan pernah menundanya karena malah akan mendatangkan kerugian yang lebih besar nantinya.

3. Klaim Tidak Tercakup Dalam Klausul

Seperti yang diketahui, polis asuransi memang berisikan kesepakatan meliputi kriteria yang masuk dalam tanggungan asuransi. Untuk asuransi mobil TLO, kerusakan berat yang dipahami satu asuransi dengan asuransi lainnya bisa jadi berbeda-beda. Mulai dari minimal 70 persen hingga 80 persen sehingga pihak asuransi tidak akan menanggung pembiayaan kerusakan berat jika tidak mencapai persentase yang tersebut dalam kesepakatan.

>>> Jangan Sembarangan Beli, Berikut Adalah Mobil yang Rawan Ditolak Asuransi

Foto salah satu Klausul asuransi di Garda Oto

Klaim asuransi mobil ditolak sebab tidak masuk dalam klausul

4. Kerusakan yang Dimanipulasi

Alasan selanjutnya ialah karena kerusakan yang dimanipulasi. Memang cukup jarang kasus seperti ini terjadi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika pemilik polis malah dengan sengaja merusak mobilnya sendiri untuk memperoleh penggantian dari pihak asuransi. Saat perusahaan asuransi memeriksa dan menemukannya kejanggalan soal manipulasi, maka klaim tidak segan untuk ditolak. Untuk itu, jangan pernah berfikir untuk melakukan kecurangan untuk memperoleh klaim asuransi mobil.

5. Terjadi Pelanggaran Hukum

Ada beberapa jenis pelanggaran hukum yang menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak, salah satu yang paling sering terjadi ialah karena kebiasaan mengemudi ugal-ugalan dan tidak menaati rambu-rambu lalu lintas. Agar klaim asuransi mobil Anda diterima, maka usahakan untuk menghindari semua kasus pelanggaran hukum.

6. Tidak Termasuk Risiko yang Dipertanggungkan Oleh Asuransi

Alasan ini termasuk yang paling penting untuk Anda perhatikan. Sebagai pembeli polis asuransi mobil, maka Anda harus teliti saat membaca polis serta jenis risiko-risiko yang dipertanggungkan oleh pihak asuransi. Dengan demikian, saat suatu peristiwa terjadi dan menimpa mobil Anda, maka Anda telah mengetahui dengan jelas apakah jenis  kerugian tersebut dapat dipertanggungkan atau malah tidak. Pastikan Anda memahami alasan ini yang membuat klaim asuransi ditolak sehingga bisa mengantisipasinya sedini mungkin.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

Foto mobil kelebihan muatan melintas di depan pos polisi

Mobil rusak atau kecelakaan karena kelebihan muatan tidak ditanggung pihak asuransi

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Memahami Pentingnya Asuransi Mobil Ala Rifat Sungkar

22/07/2018

Pengemudian

Banyak yang dari Anda mungkin merasa mengeluarkan dana untuk asuransi mobil adalah hal sia-sia dan cenderung merugikan.

Lihat juga

Menhub: Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Pembunuh Paling Mematikan Setelah Stroke

26/10/2018

Pasar mobil

Hampir tak berbeda antara kecelakaan lalu lintas dengan penyakit jantung dan stroke. Keduanya sama-sama penyebab kematian terbesar di dunia alias pembunuh paling mematikan.

Lihat juga

Banyak Kecelakaan Lalu Lintas, Negara Rugi Ratusan Miliar Rupiah

23/09/2018

Event - Promosi

Sebuah laporan mengejutkan diungkap dalam diskusi antara penggerak keselamatan jalan raya dengan organisasi non profit bahwa negara mengalami kerugian hingga ratusan miliar rupiah dikarenakan banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Lihat juga

Bisakah Mobil Offroad Ditanggung Asuransi?

04/02/2019

Jual beli

Bertualang di alam bebas memang menyenangkan dengan melintasi hutan. Terlebih ketika dilakukan dengan mobil offroad. Tetapi bisakah mobil offroad ditanggung asuransi?

Lihat juga

Hati-hati Membeli Mobil Impor, Tidak Semua Diterima Asuransi

Membeli mobil melalui importir umum (IU) yang tidak dijual oleh agen pemegang merek (APM) memang memberi kesan eksklusif tersendiri. Tapi hati-hati, karena tidak semua mobil impor diterima oleh perusahaan asuransi ketika Anda mengajukannya.

Lihat juga