Amankah Pakai Ban Beda Merk di Mobil?

24/06/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Amankah Pakai Ban Beda Merk di Mobil?
Karena satu atau dua alasan, beberapa orang pakai ban beda merk di mobil. Sebenarnya kondisi yang demikian apakah aman bagi pemngemudi mobil tersebut?

Ban merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan, termasuk juga mobil. Karena ban adalah yang pertama kali bersentuhan dengan permukaan aspal dan bisa membuat kendaraan tersebut melaju. Tanpa ban, walau mobil itu dibekali mesin berteknologi terbaru lengkap dengan bahan bakar beroktan tinggi, maka dipastikan mobil tetap tidak bisa dikendarai.

Karena itulah penting untuk selalu merawat kondisi ban mobil. Sebaiknya selalu rutin mengecek tekanan angin ban. Hal ini dilakukan demi mencegah kerusakan stuktur pada ban tersebut. Dan jika permukaan tapak ban sudah aus atau menipis, maka segera ganti dengan ban baru.

>>> Pemasangan Ban Mobil Baru Lebih Baik di Depan Atau Belakang?

Namun terkadang pemilik mobil terkendala dana yang terbatas saat hendak membeli ban baru. Solusinya mereka membeli ban mobil bekas yang masih layak pakai, atau ban baru dengan merk berbeda yang harganya lebih terjangkau.

Sebetulnya aman tidak sih pakai ban beda merk di mobil yang sama? Misalnya ban depan menggunakan merk A, sementara ban belakang menggunakan merk B. Nah kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai hal tersebut. Simak ulasannya sampai habis ya!

1. Sesuaikan Ban dengan Fungsi Kendaraan

Tipe ban mobil

Masing-masing ban punya spesifikasi khusus untuk peruntukan yang berbeda-beda

Ketika memutuskan untuk mengganti ban mobil dengan ban baru, Anda wajib memperhatikan spesifikasi dari ban tersebut. Pastikan spesifikasi ban yang digunakan sudah sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil. Karena pihak produsen otomotif tentu sudah mempertimbangkan ban dengan jenis yang mana yang sesuai dengan karakter dari sebuah kendaraan yang mereka produksi.

>>> Pilihan mobil baru yang ada promo dan diskon menariknya bisa Anda cek disini

Karena itu, dilansir dari laman HSRWheel, ban yang dipakai untuk kendaraan penggunaan sehari-hari tidak bisa diganti dengan ban jenis offroad, ban kendaraan niaga, atau ban untuk balap. Jenis ban harus disesuaikan dengan fungsi kendaraannya.

2. Beda Ban Beda Pula Karakternya

Pilihan ban mobil

Masing-masing produsen ban tentu punya racikan teknologi tersendiri

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, ban untuk pemakaian sehari-hari tentu akan berbeda dibanding ban untuk kebutuhan offroad, kendaraan niaga, atau ban balapan. Bahkan ban dengan beda pola tapak saja akan memiliki karakter serta performa yang berbeda pula.

Kemudian dari masing-masing produsen ban mobil tentunya memiliki formula tersendiri untuk setiap produknya yang tidak 100 persen sama dengan racikan dari produsen ban lain. Ini tentu turut mempengaruhi karakter dari ban tersebut.

>>> Cari mobil bekas berkualitas? Cuma Cintamobil.com yang pilihannya paling lengkap

3. Boleh Pakai Ban Beda Merk Asal...

Toko ban mobil

Jika terpaksa harus pakai ban beda merk, perhatikan beberapa hal

Jika Anda terpaksa harus pakai ban beda merk di mobil karena satu dan lain hal, sebenarnya masih dibolehkan. Misalnya lantaran keterbatasan dana atau saat itu memang sedang tidak tersedia ban dengan merk yang sama dengan yang Anda gunakan.

Apabila kondisinya demikian, maka sebaiknya Anda membeli dua ban sekaligus. Jangan membeli hanya satu ban, dan pastikan ban dipasang untuk bagian kiri dan kanan. Dengan demikian diharapkan daya cengkram serta performa pada ban yang berbeda karakter ini masih tetap selaras antara sisi kiri dan sisi kanan.

Namun sebaiknya kondisi tersebut jangan dibiarkan terlalu lama. Jika Anda sudah memiliki dana yang cukup, silahkan membeli ban mobil dengan spesifikasi dan merk yang sama untuk keempat buah ban. Hal ini tentunya akan membuat kenyamanan dan keselamtan berkendara Anda lebih terjamin.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top