Mobil Mogok Terkena Banjir? Ini Saran dari Auto2000

01/03/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mobil Mogok Terkena Banjir? Ini Saran dari Auto2000
Mobil mogok terkena banjir bisa menjadi hal yang menakutkan. Jika musibah ini menimpa Anda apa yang harus dilakukan? Sudah tahu? Jika belum, simak tips ini.

Curah hujan yang masih cukup tinggi di sebagian besar wilayah Jabodetabek sejak awal pekan ini menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang banjir. Saat kondisi jalan sudah tergenang banjir salah satu yang bisa Anda lakukan menerobos banjir tersebut untuk bisa sampai ke tujuan. Lalu bagaimana saat mencoba melewati yang terjadi malah mobil menjadi mogok.

Jika kejadian ini terjadi kepada sobat Cintamobil.com tenang saja, jangan panik. Simak baik-baik tips di bawah ini untuk mengatasi mobil mogok terkena banjir dari Auto2000.

1. Tetap tenang!

Gambar menunjukan Mobil mati karena banjir

Saat mesin mati, jangan paksa untuk menghidupkannya kembali

Ketika mesin mobil mati, Anda disarankan jangan pernah mencoba untuk menyalakan kembali karena ada potensi mesin sudah kemasukan air. Begitu mesin dinyalakan lagi, risiko terkena water hammer akan sangat besar dan ini butuh penanganan yang serius. Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu lepas seatbelt dan ambil barang berharga seperti dompet dan ponsel. Segera keluar sebagai langkah antisipasi terjadi sesuatu seperti mobil terbawa arus air.

>>> Waduh, Kok Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Tengah Jalan?

2. Bawa Mobil ke Tempat Aman

Gambar menunjukan Mobil merah terabas banjir

Tetap tenang dan fokus saat mencoba melewati genangan air banjir di jalan 

Bila memungkinkan ketika mobil mogok, dorong mobil ke tempat lebih tinggi dan aman. Sebelum keluar mobil, posisikan tuas transmisi di netral untuk mobil manual atau tuas di N untuk mobil otomatis. Tapi kalau tidak memungkinkan untuk didorong, misal karena arus yang deras atau tidak cukup tenaga, segera tinggalkan mobil dan berlindunglah di tempat yang aman.

>>> Bukan Cuma Jadi Gaul, Ini Manfaat Gabung Komunitas Otomotif

3. Buat Dokumentasi 

Foto dan video mobil Anda untuk menjadi bukti kepada pihak asuransi. Ketika mobil terendam banjir jangan melakukan hal-hal aneh. Cukup ambil foto dan video kejadian perkara. Cara ini berguna untuk mempermudah proses klaim asuransi.

4. Hubungi AstraWorld

Segera kontak tim Emergency Road Assistance dari AstraWorld yang beroperasi 24 jam penuh via aplikasi Auto2000 Mobile. Sesulit apapun kondisi Anda AstraWorld siap selalu memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pelanggan Astra.

Itulah pengalaman Cintamobil.com jika  mobil mogok terkena banjir. Semoga tips-tips itu bermanfaat untuk Anda dalam musim hujan ini. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mobil Listrik Terendam Banjir? Anda Tak Perlu Khawatir

27/02/2020

Pengemudian

3 menit

Musim banjir bikin mobil listrik terendam banjir? Jangan khawatir, tiga hal teknis ini yang bikin mobil listrik lebih aman terobos banjir dari mobil 'biasa'

Lihat juga

Mobil Terobos Banjir? Simak Dulu Tips Ini

26/02/2020

Pengemudian

3 menit

Akhir-akhir ini sebagian jalan Jabodetabek terendam banjir, jika mobil terobos banjir apa yang harus diperhatikan? Jangan bingung simaklah baik-baik tips ini.

Lihat juga

Jangan Nekat Nyetir Saat Banjir, Ini 5 Kerugian Utamanya

26/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Banjir kembali menghadang sejumlah wilayah di Indonesia, tapi awas meski merasa mobil Anda mumpuni, jangan nekat nyetir saat banjir jika tidak ingin mengalami 5 kerugian ini

Lihat juga

Cuaca Ekstrim Sampai Maret 2020, Waspada Banjir Masih Mengintai

25/02/2020

Pasar mobil

5 menit

BMKG memprediksi jika cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai petir dan angin kencang masih akan melanda sejumlah daerah di Indonesia sampai Maret 2020.

Lihat juga

Daftar Jalan Tol Tergenang Banjir Milik Jasa Marga Pagi Ini

25/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Hujan yang melanda sebagian besar wilayah Jabodetabek sejak Senin (24/2) dini hari menyebabkan beberapa ruas jalan tol tergenang banjir milik PT Jasa Marga

Lihat juga