Mengenal Sistem Penggerak Mobil yang Banyak Dipakai di Indonesia

24/03/2021

Pengemudian

3 menit

Sistem penggerak mobil terdiri dari berbagai jenis. Tapi kalau di Indonesia ada dua yang sangat populer yakni penggerak roda depan dan penggerak roda belakang,

Kenyamanan di dalam mobil tak hanya ditawarkan dari fitur ataupun teknologi canggih di dalamnya. Rupanya sistem penggerak mobil juga punya andil yang besar.

Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi ini menjadi hal yang penting untuk menentukan performa sebuah mobil, seperti kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi.

Daihatsu Terios

Terios usung penggerak roda belakang

>>> Keuntungan Memilih Mobil Keluarga dengan Sistem Penggerak Roda Depan

Di Indonesia Banyak Mobil Gunakan FWD dan RWD

Di industri otomotif, setidaknya ada lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil yaitu, FF (Front Engine-Front Wheel Drive); FR (Front Engine-Rear Wheel Drive); MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive); RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive); dan 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All-Wheel Drive). 

"Di Indonesia, sistem penggerak yang cukup populer adalah FF dan FR," tulis Daihatsu dalam siaran pers yang dikutip Cintamobil, Selasa (23/3/2021).

Namun demikian, ada juga pabrikan yang menawarkan sistem penggerak 4WD/AWD pada sederet modelnya. 

Dijelaskan Daihatsu pada sistem FF atau kerap disebut FWD, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil berada di roda depan. Sedangkan pada mesin FR lebih sering disebut RWD, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan sistem penggerak mobil terdapat pada roda belakang.

Pada mobil dengan sistem kemudi FF, berat mobil menjadi lebih ringan dikarenakan tidak adanya tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang. Hal ini membuat konsumsi energi bahan bakar menjadi lebih irit.

Keunggulan lainnya pada mobil dengan sistem penggerak mobil berada pada roda depan adalah traksi yang lebih baik pada jalanan yang licin, seperti saat hujan. Hal ini dikarenakan roda depan sebagai penggerak kendaraan dan berat mesin mobil yang terletak pada bagian depan kendaraan.

Sementara itu, untuk mobil dengan penggerak roda belakang  memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan yang lebih baik, terutama saat akselerasi dan pada saat kendaraan dikemudikan dengan kecepatan tinggi. 

Mitsubishi Xpander juga tampil dengan mode penggerak roda depan sehingga punya harga terjangkau dan sesuai minat masyarakat Indonesia

Xpander gunakan penggerak roda depan

>>> Inilah Jawaban, Mengapa Mobil Di Indonesia Banyak Menggunakan Roda Penggerak Depan

Sesuaikan Sistem Penggerak dengan Kebutuhan Anda

Hal ini dikarenakan meratanya berat kendaraan dari depan sampai belakang. Selain itu, mobil dengan penggerak roda belakang juga dikenal lebih bertenaga saat di tanjakan dan membawa kendaraan penuh penumpang.

Kalau bicara jenis mobilnya, sistem penggerak roda depan bisa ditemukan pada model-model mobil hatchback. Untuk modelnya antara lain Daihatsu Sirion, Ayla, Suzuki Ertiga, Toyota Calya, Agya, dan masih banyak lagi. 

Sementara mobil dengan sistem penggerak roda belakang ada pada Toyota Avanza, Kijang Innova, Fortuner, Xenia, Isuzu Panther, sampai Wuling Confero. Nah, sebelum membeli mobil ada baiknya Anda mengetahui sistem penggerak yang diusungnya. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kontur jalanan yang sering dilalui. 

>>> Siap-siap Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan Berpenggerak Roda Depan

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top