Mengenal Sistem Penggerak Mobil yang Banyak Dipakai di Indonesia

24/03/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengenal Sistem Penggerak Mobil yang Banyak Dipakai di Indonesia
Sistem penggerak mobil terdiri dari berbagai jenis. Tapi kalau di Indonesia ada dua yang sangat populer yakni penggerak roda depan dan penggerak roda belakang,

Kenyamanan di dalam mobil tak hanya ditawarkan dari fitur ataupun teknologi canggih di dalamnya. Rupanya sistem penggerak mobil juga punya andil yang besar.

Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi ini menjadi hal yang penting untuk menentukan performa sebuah mobil, seperti kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi.

Daihatsu Terios

Terios usung penggerak roda belakang

>>> Keuntungan Memilih Mobil Keluarga dengan Sistem Penggerak Roda Depan

Di Indonesia Banyak Mobil Gunakan FWD dan RWD

Di industri otomotif, setidaknya ada lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil yaitu, FF (Front Engine-Front Wheel Drive); FR (Front Engine-Rear Wheel Drive); MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive); RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive); dan 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All-Wheel Drive). 

"Di Indonesia, sistem penggerak yang cukup populer adalah FF dan FR," tulis Daihatsu dalam siaran pers yang dikutip Cintamobil, Selasa (23/3/2021).

Namun demikian, ada juga pabrikan yang menawarkan sistem penggerak 4WD/AWD pada sederet modelnya. 

Dijelaskan Daihatsu pada sistem FF atau kerap disebut FWD, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil berada di roda depan. Sedangkan pada mesin FR lebih sering disebut RWD, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan sistem penggerak mobil terdapat pada roda belakang.

Pada mobil dengan sistem kemudi FF, berat mobil menjadi lebih ringan dikarenakan tidak adanya tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang. Hal ini membuat konsumsi energi bahan bakar menjadi lebih irit.

Keunggulan lainnya pada mobil dengan sistem penggerak mobil berada pada roda depan adalah traksi yang lebih baik pada jalanan yang licin, seperti saat hujan. Hal ini dikarenakan roda depan sebagai penggerak kendaraan dan berat mesin mobil yang terletak pada bagian depan kendaraan.

Sementara itu, untuk mobil dengan penggerak roda belakang  memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan yang lebih baik, terutama saat akselerasi dan pada saat kendaraan dikemudikan dengan kecepatan tinggi. 

Mitsubishi Xpander juga tampil dengan mode penggerak roda depan sehingga punya harga terjangkau dan sesuai minat masyarakat Indonesia

Xpander gunakan penggerak roda depan

>>> Inilah Jawaban, Mengapa Mobil Di Indonesia Banyak Menggunakan Roda Penggerak Depan

Sesuaikan Sistem Penggerak dengan Kebutuhan Anda

Hal ini dikarenakan meratanya berat kendaraan dari depan sampai belakang. Selain itu, mobil dengan penggerak roda belakang juga dikenal lebih bertenaga saat di tanjakan dan membawa kendaraan penuh penumpang.

Kalau bicara jenis mobilnya, sistem penggerak roda depan bisa ditemukan pada model-model mobil hatchback. Untuk modelnya antara lain Daihatsu Sirion, Ayla, Suzuki Ertiga, Toyota Calya, Agya, dan masih banyak lagi. 

Sementara mobil dengan sistem penggerak roda belakang ada pada Toyota Avanza, Kijang Innova, Fortuner, Xenia, Isuzu Panther, sampai Wuling Confero. Nah, sebelum membeli mobil ada baiknya Anda mengetahui sistem penggerak yang diusungnya. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kontur jalanan yang sering dilalui. 

>>> Siap-siap Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan Berpenggerak Roda Depan

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top