Inilah Jawaban, Mengapa Mobil Di Indonesia Banyak Menggunakan Roda Penggerak Depan

03/10/2019

Perawatan dan service

7 menit

Share this post:
Inilah Jawaban, Mengapa Mobil Di Indonesia Banyak Menggunakan Roda Penggerak Depan
Dari sekian banyak komentar yang kami terima, tampaknya banyak mengeluhkan “mengapa mobil di Indonesia banyak menggunakan roda penggerak depan?” Supaya tak lagi penasaran, berikut kami lampirkan jawabannya.

Mobil Roda Penggerak Depan

Melihat tahun ini, banyak mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) diluncurkan, maka tak heran banyak bertanya “mengapa mobil di Indonesia menggunakan roda penggerak depan?” Bahkan, tak jarang, kesan yang diberikan, seakan kecewa akan mobil berpenggerak depan.

Mobil Penggerak Roda Depan nyatanya sangat sesuai dengan minat masyarakat Indonesia yang mana harga jual baru menjadi lebih terjangkau serta irit bahan bakar

Penampakan sistem roda penggerak depan

Tapi perlu diketahui bersama, dari dulu memang mobil keluarga di Indonesia didominasi oleh roda penggerak depan alias Front Wheel Drive (FWD). Tentu Anda sudah tahu, apa saja deretan mobil tersebut. Tapi jika belum, mari kita pahami bersama daftar mobil dengan roda penggerak depan di Indonesia.

>>> Inilah Perbedaan Lengkap Mode Penggerak FWD, RWD, AWD dan 4WD

Daftar Mobil Dengan Roda Penggerak Depan Di Indonesia

Dari kubu Low Cost Green Car (LCGC) misalnya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Datsun GO, Datsun GO+, Toyota Calya hingga Toyota Agya, menggunakan roda penggerak depan.

Toyota Calya 2019 juga menggunakan roda penggerak depan sehingga tampil lebih irit soal bahan bakar

Di lini LCGC, Toyota Calya juga termasuk dalam mobil berpenggerak roda depan

>>> Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp. 2 Juta

Begitu juga dari lini mobil LMPV, beberapa mobil ternama juga menerapkannya. Sebagai contoh, Suzuki Ertiga, Nissan Livina, Honda Mobilio hingga Mitsubishi Xpander, sudah mengaplikasikan model penggerak FWD.

Mitsubishi Xpander juga tampil dengan mode penggerak roda depan sehingga punya harga terjangkau dan sesuai minat masyarakat Indonesia

Mitsubishi Xpander juga salah satu di antara mobil pengguna mode penggerak roda depan

Nah, dari fakta yang ada, seharusnya tidak ada lagi pernyataan “yah, sayang masih FWD.” Pertanyaan yang lebih menggelitik justru,“Mengapa perusahaan otomotif lebih senang membuat mobil roda penggerak depan?”

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Mitsubishi Xpander baik dari model baru dan bekas

Mengapa Mobil Di Indonesia Banyak Menggunakan Roda Penggerak Depan?

Dari kacamata perusahaan otomotif, Cintamobil.com mencari lebih dalam terkait “Mengapa mobil di Indonesia banyak menggunakan roda penggerak depan?”

  • Biaya Produksi Lebih Murah

Di kategori mobil yang sama, biaya produksi lebih murah untuk merakit penggerak roda depan daripada roda penggerak belakang. Mengapa begitu? Pasalnya, komponen di roda penggerak depan lebih sedikit dan pemasangan Drivetrain lebih mudah. Dengan begitu, biaya produksi lebih murah sehingga membuat harga jual barunya menjadi lebih terjangkau.

  • Mengikuti Daya Beli Masyarakat

Terbukti dari data penjualan GAIKINDO terkait segmen LMPV dan LCGC, masyarakat tampaknya lebih melirik mobil seharga Rp. 100 jutaan hingga Rp. 250 jutaan. Di segmen tersebut, memang banyak didominasi oleh mobil-mobil berpenggerak roda depan seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio hingga Nissan Livina. Dari hal ini, tampaknya perusahaan otomotif banyak menggunakan roda penggerak depan karena alasan mengikuti daya beli masyarakat.

  • Orang Indonesia Suka Mobil Yang Irit

Penggunaan FWD memang menguntungkan dari segi konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih irit. Dari penerapan roda penggerak depan, berat mobil akan berkurang drastis karena absennya transmisi dan poros gardan yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Maka dari itu, mobil menjadi lebih ringan dan mampu memberi dampak lebih terhadap konsumsi bahan bakar.

Mobil Irit Bahan Bakar nyatanya masih jadi faktor penentu utama, apakah konsumen hendak membelinya atau tidak

Faktor keiritan bahan bakar juga diperhitungkan lebih jauh sehingga FWD menjadi salah satu cara terbaik

Mobil keluarga LMPV atau City Car dipadu performa irit bahan bakar, rasanya menjadi perpaduan sempurna. Sama halnya ketika kami bermain ke berbagai diler dan menanyakan soal ini. Aspek keiritan bahan bakar selalu menjadi hal yang ditanyakan oleh konsumen. Maka dari itu, bisa disimpulkan orang Indonesia suka mobil yang irit. Sehingga tak heran, perusahaan otomotif banyak bermain di segmen roda penggerak depan.

>>> Pantau juga tips otomotif menarik dan terlengkap lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Apa Sebenarnya Yang Dicari Masyarakat Ketika Membeli Mobil?

27/02/2019

Jual beli

Sebagai salah satu media otomotif, kami cukup tergelitik ingin mengetahui apa alasan masyarakat Indonesia untuk membeli mobil. Apakah faktor harga menjadi unsur mutlak? Ataukah kenyamanan serta fitur menjadi hal yang dicari? Menjawab hal tersebut, berikut analisis kami tentang alasan masyarakat Indonesia dalam memutuskan pembelian mobil.

Lihat juga

Inilah Perbedaan Sportcar, Supercar dan Hypercar Dalam Dunia Otomotif

09/03/2019

Pengemudian

Mungkin bagi mereka yang bukan Car Enthusiast akan menyebut semua mobil seksi yang lewat di depannya adalah mobil Sport. Namun aslinya, mobil dengan performa tinggi dikategorikan menjadi tiga meliputi Sportcar, Supercar dan Hypercar. Lantas, apa perbedaan dari ketiganya?

Lihat juga

Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof Dan Panorama Roof Pada Mobil

06/03/2019

Pengemudian

Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda mengenai perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof pada mobil? Nyatanya, ketiga hal tersebut memiliki perbedaan yang signifikan loh sobat. Memang tak dipungkiri, fitur ini banyak dimiliki pada mobil kelas menengah ke atas.

Lihat juga

Perhatikan Dulu Hal Ini Supaya Lebih Aman, Inilah Tips Lengkap Tentang Ban Mobil

26/09/2019

Perawatan dan service

8 menit

Perlu diketahui bersama bahwasannya ban mobil juga memiliki umur tersendiri. Maka dari itu, ada masanya ban harus diganti supaya lebih aman saat berkendara. Tapi jangan asal mengganti, simak tips lengkap tentang ban mobil versi Cintamobil.com berikut ini.

Lihat juga

Lakukan Hal Praktis Ini, Tips Menghilangkan Bau Pesing Di Mobil

25/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Bau pesing di mobil umumnya sangat susah dibersihkan. Entah itu karena air kencing dari hewan peliharaan, ompol bayi ataupun orang yang sudah sepuh. Lantas, bagaimana tips menghilangkan bau pesing di mobil?

Lihat juga