Siap-siap Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan Berpenggerak Roda Depan

28/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pengembangan mobil keluarga paling fenomenal di Indonesia, duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan memasuki era New Generation Architecture. Apakah keduanya akan mengadopsi penggerak roda depan?

Pengembangan mobil keluarga paling fenomenal di Indonesia yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia suka tidak suka akan memasuki era New Global Architecture (NGA). Ada beberapa keunggulan jika basis dari Toyota Avanza mengadopsi TNGA, atau Daihatsu NGA (DNGA). Namun, tidak sedikit juga yang menyayangkan jika Avanza pakai TNGA. Sebab, di sisi produk Toyota maupun Daihatsu, hingga artikel ini diturunkan belum ada yang mengadopsi penggerak roda belakang. Lantas, apakah ini saat yang tepat ucapkan selamat tingga terhadap Avanza dan Xenia berpenggerak roda belakang?

Gambar menunjukkan tampilan samping Daihatsu HyFun Concept 2019

Daihatsu HyFun akan jadi MPV dengan rancang bangun Daihatsu New Global Archtecture

>>> Ini harga Toyota bekas yang sudah mengadopsi basis TNGA

Latar Belakang New Global Architecture

Gambar menunjukkan produk Toyota yang mengadopsi TNGA

Salah satu ciri mobil Toyota yang sudah TNGA adalah bentuknya lebih menarik

Saat ini Toyota Global sedang giat-giatnya memperkenalkan produk dengan rancang bangun TNGA. Dengan TNGA, mobil-mobil keluaran Toyota kekinian yang sudah mengusung konsep modern ini diklaim lebih fun to drive, lebih menyenangkan dinaiki penumpang karena nyaman, dan juga berdesain menarik. Dengan basis TNGA pilihan sasis dan powertrain yang disematkan ke mobil dapat dibuat jauh lebih sederhana pilihannya karena saling berbagi platform. Ini secara otomatis dapat membuat mobil-mobil Toyota dapat menjadi produk untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Gambar menunjukkan basis DNGA Daihatsu Tanto Custom 2019

 DNGA dapat menjadi cikal bakal mobil murah dengan kualitas wahid yang asyik dikemudikan

Begitu juga Daihatsu yang segera memulai program Daihatsu New Global Architecture (DNGA)-nya. Sedikit berbeda dengan TNGA, DNGA lebih fokus ke mobil dengan segmentasi A dan B (A-segment & B-segment) atau mobil kompak. Hal itu diperkuat dengan pernyataan Daihatsu Indonesia di sebuah kesempatan diskusi sebelum virus Corona menyerang. "Kami (Daihatsu Indonesia) itu mampu merakit hingga kendaraan hingga B-segment," tukas Amelia Tjandra, selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada tim Cintamobil.com.

Fptp H. Ashitani sedang berpidato dalam Daihatsu National Technical Skill Contest

Acara Daihatsu Technical Skill Contest

Terlebih beberapa waktu lalu Daihatsu mengadakan Technical Skill Contest dengan mengirim beberapa mekanik unggulan asal Indonesia untuk berkompetisi di Jepang. Uniknya, menurut H. Ashitani selaku Customer Service Directorate, Daihatsu Motor Company, Jepang kontes mekanik ini bisa jadi tonggak kesiapan awal kehadiran produk-produk unggulan Daihatsu di Indonesia yang nantinya akan mengadopsi basis DNGA, karena secara tidak langsung mempersiapkan mekanik untuk teknologi baru. DNGA akan menaungi rancang bangun Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan bahkan tak menutup kemungkinan Daihatsu Xenia, dan Toyota Avanza.

Mungkinkan Toyota Avanza & Daihatsu Xenia Tetap RWD?

Gambar menunjukkan rangka TNGA Toyota Yaris

TNGA konon juga kapabel untuk dijadikan RWD

Menurut informasi dari salah satu informan kami, kendati TNGA maupun DNGA saat ini belum ada yang mengadopsi penggerak roda belakang, namun ternyata basis anyar tersebut tetap kapabel untuk tiga jenis penggerak. "TNGA itu capable untuk Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD) dan All Wheel Drive (AWD)," beber narasumber kami yang namanya ogah ngetop ini.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Anyar Sedang Dipersiapkan

Foto Daihatsu DN Multisix

Daihatsu DN Multisix concept digadang-gadang sebagai next gen Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Disamping itu, ternyata menurut informan kami yang lain, memang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi baru sedang getol dipersiapkan. Dan sebagai mobil yang punya sejarah penjualan fenomenal, baik PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT ADM harus berhati-hati dalam meriset apa yang jadi kemauan pasar. "Avanza & Xenia memang mau ada model baru. Kemungkinan tahun depan," beber pria yang tidak ingin namanya disebutkan ini."Saya juga belum berani komentar macem-macem dulu, soalnya masih in project," tambah penggila Toyota yang mewanti-wanti namanya agar jangan sampai tertulis. So, apakah Anda siap jika ternyata Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia jadi penggerak roda depan? We'll see...

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top