Mengenal Fungsi Isofix Pada Jok Mobil

16/09/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengenal Fungsi Isofix Pada Jok Mobil
Fungsi Isofix pada jok mobil sangat berguna terutama berkaitan dengan anak. Fitur keamanan ini sudah ada di model produksi dari Peugeot 3008 dan 5008.

Peugeot tidak pernah kompromi kalau bicara safety, terutama berkaitan dengan anak. Kepedulian Peugeot bukan sekadar slogan ataupun imbauan semata, namun sudah menjadi wujud nyata. Lihat saja, kampanye safety pada fitur dan teknologi pada line up produk andalannya di Indonesia, Peugeot 3008 dan 5008 SUV.

>>> 3 Langkah Memakai Sabuk Pengaman yang Benar

Gambar menunjukan fitur Isofix

 Fitur Isofix menjadi standar jajaran Peugeot

Isofix memenuhi standar keamanan dan keselamatan anak

Ada sederet fitur penunjang child’s safety pada SUV Peugeot, Electric Child Safety Lock dan Isofix. Fitur Isofix menjadi standar pada jajaran mobil Peugeot mulai tahun 2000-an. Fungsi Isofix pada jok mobil mampu memenuhi standar keamanan dan keselamatan berkendara berkaitan dengan anak-anak. Sebagian pabrikan otomotif dunia, termasuk Peugeot, mengadopsi fitur Isofix untuk kompatibel dengan child/baby car seat yang sesuai dengan safety di jalan.

“Peugeot sangat peduli perihal safety, termasuk untuk keselamatan dan keamanan anak-anak. Isofix menjadi fitur standar untuk mengakomodir penggunaan child/baby car seat bagi anak yang berada di dalam kendaraan selama perjalanan.” tukas Aidil FBSwastomo, Aftersales Dept Head Astra Peugeot.

Artinya tidak sembarang jok atau kursi yang dapat memenuhi standar safety dalam berkendara khususnya untuk penggunaan child/baby car seat. Emblem Isofix menandakan standar safety untuk dapat memasang perangkat tersebut.

Meskipun memiliki kelebihan dibanding jok mobil biasa, para orang tua yang memanfaatkan kelebihan child/baby car seat tidak boleh asal pasang semata. Tetap ada aturan yang harus diikuti agar si kecil tidak rewel dan lebih aman ketika ditempatkan di jok khusus tersebut.

>>> Pasar Mobil di China Mulai Lirik Penjualan Mobil Hidrogen

Gambar menunjukan fitur Isofix

Anak di bawah 2 tahun harus gunakan baby car seat menghadap ke belakang

Isofix juga berguna untuk bayi

Penggunaan tipe baby car seat terhadap usia bayi. Untuk usia 0-1 tahun, baiknya pilih posisi yang bentuknya tidur. Lalu untuk balita 1-4 tahun, cari yang modelnya bisa disetel sandarannya, baik itu posisi duduk atau tidur.

Selain bentuk, ternyata meletakkan posisi baby car seat di mobil juga harus sesuai. Untuk bayi 0-2 tahun baiknya arahkan posisi jok spesial itu menghadap belakang, dan letakkan tepat di bagian belakang jok depan. Hal ini untuk mengamankan bayi apabila terjadi benturan. Karena posisi jok belakang atau tengah, lebih aman buat anak-anak. 

Bahkan berdasarkan penelitian terbaru dari American Academy of Pediatrics, seperti dikutip www.parenting.co.id. Bahwa anak di bawah 2 tahun harus gunakan baby car seat menghadap ke belakang. Cara ini bisa mengurangi angka kematian balita saat kecelakaan hingga 75%. Karena menghadap ke belakang, kepala, leher dan tulang belakang anak akan terlindungi lebih maksimal dari benturan hebat.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

7 Pilihan Mobil 7 Penumpang Paling Nyaman di Indonesia

15/09/2020

Jual beli

8 menit

Mengklasifikasikan mobil 7 penumpang paling nyaman yang ada di Indonesia tentu tidak bisa semuanya. Oleh karena itu, berikut ini adalah rekomendasi kami jika Anda sednag mencari mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang dan nyaman.

Lihat juga

Pilihan Mobil Jeep Bekas Harga Rp 50 Jutaan

14/09/2020

Jual beli

8 menit

Mencari mobil Jeep bekas harga Rp 50 jutaan memang cukup sulit, apalagi kalau menginginkan yang kondisinya istimewa. Karena biasanya pemilik Jeep yang merawat kendaraannya dengan baik, maka tak rela melepas mobil kesayangannya itu kepada orang lain.

Lihat juga

Volvo Klaim Punya Fitur Canggih Pertama di Dunia, Apa Itu?

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pabrikan asal Swedia Volvo mengklaim punya fitur canggih yang pertama di dunia. Fitur tersebut memungkinkan pengendara bisa menghirup udara lebih sehat.

Lihat juga

Ini Suzuki Swace, Wagon Terbaru Berbasis Toyota Corolla Hatchback

16/09/2020

Mobil baru

3 menit

Suzuki baru saja mengungkap model terbarunya buah kerjasama dengan Toyota. Suzuki Swace lahir mengusung basis yang sama dengan Toyota Corolla Hatchback.

Lihat juga

Sanksi Tak Pakai Masker saat Naik Mobil pada Masa PSBB Jakarta

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penggunaan masker menjadi kewajiban bagi setiap warga Jakarta yang hendak pergi ke luar rumah. Sanksi tak pakai masker pun menanti bagi para pelanggar.

Lihat juga