3 Langkah Memakai Sabuk Pengaman yang Benar

08/09/2020

Pengemudian

3 menit

3 Langkah Memakai Sabuk Pengaman yang Benar
Terlihat sederhana, namun sabuk pengaman berperan besar terhadap keselamatan. Berikut 3 langkah memakai sabuk pengaman yang benar agar memberi manfaat maksimal.

Sabuk pengaman pada mobil (seat belt) bukan semata-mata untuk menghindari tilang. Lebih dari itu sabuk pengaman memberi kenyamanan dan perlindungan dari potensi fatalitas kecelakaan.

Pengendara bakal tetap aman di kursinya manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti benturan kuat karena mobil menabrak, ditabrak, atau mobil berhenti karena pengemudi melakukan pengereman mendadak.

3 Langkah memakai sabuk pengaman yang benar

Agar bisa berfungsi dengan baik, pemakaian sabuk pengaman harus benar. Dan itu bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Berikut 3 langkah memakai sabuk pengaman dengan benar sebagaimana dibagikan Suzuki Indonesia.

1. Pastikan tali sabuk tidak melintir

Sebelum dipasangkan ke tubuh, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Pastikan tali sabuk tidak melintir. Tujuannya agar lebih nyaman saat mengikat tubuh. Benahi tali hingga benar-benar rapi. Kalau sudah terlalu "keriting" dan susah untuk dibenahi, lebih baik dilakukan penggantian di bengkel resmi.

>>> Punya Peran Krusial, Bagaimana Cara Memeriksa Kondisi Sabuk Pengaman?

Foto pengendara mobil memeriksa tali sabuk pengaman

Pastikan tali sabuk tidak melintir sebelum dipasangkan ke tubuh

2. Tempatkan tali sabuk tepat berada di pundak

Agar berfungsi maksimal, tali sabuk harus tepat berada di pundak dengan posisi tubuh tegak, punggung sejajar dengan sandaran kursi. Jangan meletakkan sabuk di leher atau dilingkarkan di bawah ketiak karena berisiko tercekik atau terlilit saat terjadi kecelakaan.

3. Terdengar Bunyi 'Klik'

Langkah ketiga pastikan penguncian sempurna. Masukkan ujung sabuk ke holder yang tersedia dan tekan sampai terdengar bunyi 'klik'. Setelah terkunci sempurna, Anda bisa membenarkan posisi sabuk hingga tubuh benar-benar merasa nyaman.

Ketiga langkah di atas tidak hanya untuk pengemudi, tapi juga untuk sabuk pengaman penumpang. Dan termasuk juga penumpang di belakang. Meski tidak ada regulasi yang mewajibkan memakai sabuk pengaman, penumpang belakang wajib memperhatikan sisi keselamatannya sendiri dengan memakainya. Terlebih mobil-mobil sekarang mayoritas dilengkapi sabuk pengaman di semua titik kursi.

>>> Mengenal ADAS, Fitur Keselamatan Canggih KIA Stinger 2021

Foto penumpang belakang memakai sabuk pengaman

Penumpang belakang lebih berisiko cedera jika tidak memakai sabuk pengaman

>>> Baca Tips dan trik lain tentang mobil di Cintamobil.com!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top