Mana yang Terbaik Saat Tak Tahu Jalan, Tanya Orang atau Buka Google Map?

08/01/2019
Saat ini Google Maps seakan jadi bagian tak terpisah buat para traveler. Kepopulerannya bahkan mengalahkan tradisi 'bertanya' yang dulu selalu digaungkan lewat pepatah 'malu bertanya, sesat di jalan'. Benarkah Google Maps lebih baik dari tanya orang?

Teknologi yang semakin pesat membuat hidup menjadi jauh lebih mudah. Dan salah satunya adalah dengan adanya beragam fitur yang terdapat di dalam smartphone untuk membantu kehidupan sehari-hari, seperti peta digital.

Berbicara soal peta digital, nama Google Maps pasti sudah tak lagi asing di telinga Anda. Seperti peta pada umumnya, Google Maps digunakan untuk membantu seseorang mencari dan memandunya menuju lokasi tertentu. Dan saat ini, banyak yang memanfaatkan Google Maps termasuk untuk menuju lokasi yang belum diketahui rutenya, seperti saat berlibur atau traveling. Hal ini dianggap jauh lebih mudah dan praktis karena artinya Anda tidak perlu repot-repot mencari orang untuk ditanyai.

>>> Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay

Foto aplikasi Google Maps di smartphone

Google Maps paling sering jadi rujukan mencari arah jalan ke suatu tempat

Tapi, apakah menggunakan Google Maps memang merupakan solusi terbaik? Sebab, Anda pasti tahu kalau penggunaan peta digital tersebut membutuhkan koneksi internet. Lantas, bagaimana kalau lokasi tempat Anda berada susah sinyal? Kalau demikian, Anda pun tak perlu khawatir selama Anda sudah mengunduh peta offline sebelumnya. Dengan demikian, walaupun Anda kesulitan atau bahkan tidak mendapatkan sinyal untuk online sekalipun Anda tak perlu khawatir karena peta masih dapat Anda akses.

Pertimbangan lainnya adalah apakah rute yang ditunjukkan oleh Google Maps adalah rute sungguhan? Atau, apakah lokasi yang ditunjukkan juga lokasi sesungguhnya yang ingin Anda tuju, dan bukannya tempat lain dengan nama yang sama? Kekhawatiran yang seperti itu pun normal, mengingat ternyata sudah ada beberapa kasus di luar negeri tentang para turis yang justru semakin tersesat, dan bahkan harus terancam keselamatannya sampai kehilangan nyawa, karena Google Maps yang salah menunjukkan lokasi.

​​>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Memercayakan pilihan rute sepenuhnya kepada Google Maps atau tetap memilih bertanya pada warga lokal atau penduduk yang Anda temui, semuanya kembali kepada diri Anda sendiri. Meski demikian, Google sudah semakin meningkatkan kapabilitas dan performa Maps agar semakin akurat dan handal saat digunakan. Dan untuk menghilangkan keraguan atau kecemasan di dalam diri Anda, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar tetap aman dan selamat saat bepergian memanfaatkan peta digital.

Cek Peta Sebelum Pergi

Sebelum meloncur dan memulai perjalanan, sebaiknya Anda baca atau cek terlebih dahulu rute yang ditunjukkan Google Maps setelah Anda memasukkan lokasi atau alamat tujuan. Dengan demikian, Anda pun mendapatkan gambaran yang jelas tentang arah yang ditunjukkan. Selain itu, Anda juga bisa amati kemacetan jalan yang diarahkan oleh Maps, yang ditunjukkan dengan warna jalur yang berbeda-beda; warna merah menunjukkan jalan macet, warna oranye menunjukkan kondisi jalan ramai lancar, dan warna biru mengindikasikan kondisi jalan lancar.

>>> Jangan Anggap Sepele, Macet Parah Bisa Berakibat Fatal

Foto dua gadis sedang mengecek peta

Cek peta sebelum memulai perjalanan

Gunakan Headset

Jika Anda bepergian sendiri, gunakan headset agar Anda dapat mendengarkan panduan yang diberikan Google Maps dengan jelas, seperti kapan Anda harus belok dan jalur mana yang harus Anda masuki. Dengan begitu, konsentrasi Anda tidak akan terpecah sepanjang perjalanan jika seandainya Anda tidak menggunakan headset sehingga harus sering-sering mengecek kembali rute yang diarahkan Google Maps. Tapi, jika Anda bepergian dengan orang lain, Anda bisa minta ia untuk memandu Anda berdasarkan peta yang ia baca.

Tanya pada Orang Sekitar

Jika Anda ragu dan sepenuhnya tidak mengenali daerah yang Anda tuju, tak ada salahnya bertanya pada orang yang Anda temui di jalan. Cara ini memang klasik, tapi selalu dapat diandalkan, termasuk ketika posisi Anda di peta ternyata sudah sangat dekat dengan titik tujuan, namun Anda tak kunjung menemukan lokasi yang Anda cari tersebut.

>>> Dapatkan tips perjalanan lebih lengkap hanya di Cintamobil.com

Seseorang sedang bertanya arah jalan ke orang lain

Jangan malu bertanya biar tak tersesat

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0