Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay

23/09/2018

Pengemudian
Share this post:
Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay
Dengan iOS 12 baru, Apple menambahkan dukungan untuk layanan pemetaan atau navigasi dari pihak ketiga, yaitu Google Maps. Penambahan ini membuat pengguna Apple CarPlay bisa menggunakan navigasi asli Google tersebut.

Dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu, Apple memberikan fleksibilitas dan kemampuan baru untuk aplikasi pihak ketiga dalam Apple CarPlay. Dengan iOS 12, untuk pertama kalinya pengemudi bisa menggunakan aplikasi lain selain Apple Maps sebagai perangkat lunak navigasi pilihan Anda untuk platform dalam Apple di mobil kesayangan.

Gambar yang menunjukan tampilan beta Google Maps di Apple CarPlay

Tampilan beta Google Maps di Apple CarPlay (Foto: David Murphy)

Perubahan tersebut membuat Google Maps dan Waze bisa digunakan untuk Apple CarPlay, meskipun saat ini masih menggunakan pengujian beta. Sayangnya, konsumen tidak bisa menggunakan layanan beta ini. Tapi jangan takut, ada beberapa tangkapan layar yang diunggah oleh 9to5Mac tentang bagaimana Google Maps dan Waze terlihat dalam CarPlay.

>>> Tidak Perlu Susah, Mobil Parkir Sendiri dengan Teknologi Parkir Valet Otomatis

Pilih pada Setting (Pengaturan) di sudut kanan atas Google Maps (di CarPlay), maka Anda bisa memilih beberapa parameter yang biasa digunakan pada Google Maps dalam navigasi di suatu tempat: menghindari jalan raya, jalan tol, dan lainnya.

Gambar yang menunjukan tampilan awa lGoogle Maps di Apple CarPlay iOS 12

Gambar yang menunjukan navigasi Google Maps di Apple CarPlay

Tampilan Google Maps di Apple CarPlay masih sama seperti pada Android Auto (Foto: David Murphy)

Kedua aplikasi tersebut sudah tersedia di Android Auto, jadi pihak pengembang pada setiap aplikasi sudah akrab dengan dasar-dasar pengoptimalisasian navigasi untuk tampilan di ikon mobil: dengan ikon besar, pesan teks yang bisa dibaca, serta penunjuk arah.

>>> Dapatkan berbagai informasi teknologi mobil baru lainnya ada di sini

Google Maps menggunakan data lalu lintas dan pemetaan Google sendiri, yang mungkin sedikit lebih terpercaya dibandingkan milik Apple sendiri. Dan saat ini Waze sangat tak tertandingi dalam hal peringatan tentang kecelakaan atau kantor polisi terdekat. Google Maps masih terlihat seperti aplikasi Google saat mengikuti CarPlay.

Jika Anda khawatir tidak banyak yang bisa dikonfigurasikan di layar Setting pada versi Google Maps di CarPlay, pemilik iPhone juga bisa menggunakan Google Maps di dalam smartphone mereka. Anda bisa menggunakan opsi “Explore Nearby” untuk menemukan tempat terdekat yang mungkin ingin Anda kunjungi.

>>> Tertarik membeli mobil baru terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar yang menunjukan pengaturan Google Maps di Apple CarPlay iOS 12

Pengguna bisa memilih pengaturan sendiri di layar Setting (Foto: David Murphy)

Tidak ada data resmi tentang kapan tepatnya versi Google Maps dan Waze untuk Apple CarPlay akan diluncurkan secara luas ke pengguna. Tetapi dengan iOS 12 diluncurkan pada Senin lalu, Anda sudah bisa menginstall-nya saat ini.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top