Tips Tentukan Luas Garasi Ideal untuk Lebar Mobil Avanza Anda

28/04/2021

Pengemudian

4 menit

Mengetahui lebar mobil Avanza saat akan memudahkan Anda membuat garasi mobil, apalagi jika garasi mobil juga digunakan untuk menyimpan barang lainnya.

Selain berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan di rumah, garasi juga berfungsi untuk melindungi mobil dari panas dan hujan. Oleh sebab itu, ukuran garasi harus tepat dan ideal sesuai dengan ukuran mobil serta memiliki ruang gerak yang cukup lega. Terutama untuk mobil jenis MPV dengan 7 seater seperti mobil Avanza, pastinya butuh ruangan yang cukup luas dibandingkan jenis city car.

Kenapa Avanza? Karena mobil ini merupakan mobil terlaris dan telah dimiliki jutaan orang di Indonesia. Oleh karena itu dimensi ukuran Toyota Avanza dapat menjadi patokan dalam pengukuran garasi. Sayangnya, masih banyak pemilik mobil Avanza yang kurang paham dengan dimensi mobilnya. Sehingga garasinya tidak muat dengan mobil yang sudah dibeli.

Mobil avanza abu abu di garasi

Mobil Avanza memiliki dimensi yang cukup besar

Salah satu masalah yang sering dihadapi bagi para pengguna kendaraan roda empat ini adalah keterbatasan lahan. Terutama untuk yang bertempat tinggal di kawasan perkotaan. Agar tidak keliru dalam membuat garasi, berikut tips menentukan luas panjang dan lebar mobil Avanza yang bisa dijadikan acuan untuk membuat garasi.

>>> Cara Menghitung Ukuran Garasi Mobil Avanza yang Pas

Ukuran Garasi Mobil Avanza

Dalam menentukan ukuran garasi, perlu memperhatikan luas lahan rumah dan dimensi mobil yang dimiliki. Hampir semua merek mobil keluarga jenis MPV memiliki ukuran yang sama, khususnya Avanza yang sudah menjadi merek mobil sejuta umat. Ukuran lebar mobil Avanza adalah 1,6 meter dan panjangnya adalah 4,15 meter dengan tinggi mencapai 1,6 meter. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan panjang mobil Avanza Veloz. 

cara menghitung garasi mobil Avanza

Pastikan jika luas garasi lebih luas dari lebar mobil Avanza

Apabila sudah mengetahui dimensi dari mobil Toyota Avanza, maka Anda harus memperkirakan pula penambahan ruang untuk akses keluar masuk kendaraan ke garasi. Selain itu perhatikan juga space untuk bergerak atau menambah lemari penyimpanan toolkit. Berdasarkan ukuran lebar mobil Avanza, panjang, dan tingginya, maka ukuran garasi yang ideal untuk mobil Avanza Anda minimal memiliki panjang 5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter.

>>> Cek Dimensi Mobil Avanza Biar Sesuai Garasi Rumah Anda

Tips Garasi Mobil Tetap Rapi

Menentukan mengetahui lebar mobil Avanza untuk luas garasi, dapat juga membantu Anda dalam menata ruang. Apalagi garasi yang juga difungsikan sebagai tempat penyimpanan berbagai perkakas mobil. Agar garasi juga selalu terlihat rapi, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Memisahkan barang di dalam garasi sesuai kategorinya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar garasi Anda selalu terlihat rapi dan tidak acak-acakan adalah mengelompokkannya sesuai dengan kategorinya. Pisahkan antara barang mana yang masih dipakai dan sudah tidak dipakai. Anda bisa memanfaatkan container plastik sebagai tempat barang agar tidak berantakan.

2. Rak dinding bisa jadi pilihan agar hemat ruang

Bagian sudut garasi

Manfaatkan sudut bagasi untuk rak penyimpanan

Agar segala sisi garasi terpakai dengan optimal, Anda bisa memanfaatkan bagian vertikal di dinding untuk menaruh rak dinding vertikal. Rak dinding ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai alat rumah tangga seperti alat kebersihan, alat berkebun, sampai perlengkapan untuk mobil Anda.

3. Manfaatkan atap garasi mobil sebagai overhead storage

Apabila sudah tidak memungkinkan untuk menempatkan rak di sisi kanan atau kiri, makaAnda bisa memanfaatkan bagian atap garasi Anda sebagai overhead storage. Anda bisa memakai ukuran lebar mobil innova atau avanza milik Anda sebagai acuan lebar storage yang ingin dibuat. 

4. Siapkan tempat untuk benda-benda kecil

Setiap garasi mobil, pasti memiliki barang-barang kecil piranti mobil seperti baut, mur, ataupun paku. Namun banyak orang yang mengumpulkan barang-barang ini dalam satu kantong plastik, kemudian diletakkan di salah satu sudut garasi mobil. Padahal, hal ini yang membuat garasi terlihat berantakan. Oleh karena itu persiapkan keranjang atau kontainer untuk menyimpan benda-benda ini. Selain berfungsi merapikan, elemen ini juga bisa sebagai dekorasi.

garasi mobil dengan lighting

Perhatikan lighting agar ruangan tidak gelap

Selain ukuran dan tempat penyimpanan di garasi, penting juga untuk memperhatikan lighting agar suasana yang dihadirkan tidak terkesan gelap atau kotor. Biasanya desain garasi disesuaikan dengan konsep bangunan keseluruhan. 

Bila rumah mengusung konsep minimalis, maka ada baiknya model garasi yang dipilih juga memiliki konsep minimalis. Anda bisa pilih dominasi warna-warna netral seperti abu-abu, putih, nude, dan coklat untuk menunjang konsep minimalisnya. Memiliki garasi yang proper dengan atap dan bangunan tertutup akan membuat mobil lebih awet. Karena tidak terkena hujan dan panas matahari secara langsung.

>>> Cek Showroom Toyota, Ada Mobil dengan Insentif Pajak 0%

Tips Membersihkan Garasi Mobil Agar Tetap Nyaman

Setelah mengetahui bagaimana mengukur garasi mobil Avanza, ada hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan, yakni memastikan jika garasi selalu bersih dan dirawat agar sedap dipandang. Membersihkan garasi mobil juga terbilang mudah, berikut langkah-langkahnya.

Membersihkan garasi mobil

Rutinkan membersihkan garasi mobil 

Langkah pertama, keluarkan semua barang yang ada di dalam garasi. Mengingat garasi menjadi tempat penyimpanan barang, mulai dari kendaraan lain, perkakas, tool box, hingga barang hobi Anda. Setelahnya pisahkan barang-barang mana saja yang akan dibuang, disimpan, atau disumbangkan/diberikan ke orang lain. 

Langkah kedua, bersihkan barang-barang yang akan Anda simpan. Bersihkan semua barang di luar ruangan agar kotoran dan debu tidak masuk lagi ke garasi. Pisahkan barang-barang yang berisiko menyebabkan konsleting. 

Langkah ketiga, bersihkan garasi. Membersihkan garasi mobil bisa menggunakan sabun atau pembersih lainnya. Yang terpenting bersihkan debu dan sisa oli yang mungkin menempel pada lantai. Untuk membersihkan sisa oli, Anda bisa menggunakan pasir yang ditumpuk terlebih dahulu, baru menyikatnya dengan sabun. 

Nah, pada dasarnya dalam membuat garasi rumah, ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan dengan matang. Agar tidak sia-sia ukuran garasi harus ideal dan cocok dengan lebar mobil Avanza yang Anda miliki, atau bahkan dibuat melebihi ukuran. Hal ini untuk mengantisipasi apabila Anda berencana untuk mengganti mobil dengan ukuran yang lebih besar. Patokan lebar mobil Avanza ini bisa dijadikan ukuran minimal garasi di rumah Anda.

>>> Baca tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya untuk membuat garasi mobil?
Biaya yang akan dikeluarkan tergantung dari material yang digunakan dan proses berapa lama karena akan berpengaruh pada biaya tukang.
Berapa ideal luas garasi mobil?
Pastikan sebelum membuat garasi atau carport, Anda menghitung dulu panjang, lebar, dan tinggi dari mobil Anda.
Apakah garasi perlu kanopi mobil?
Agar mobil terlindung dari panas dan hujan, sebaiknya desain garasi atau carport diberi atap penutup atau kanopi
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top