Jangan Panik, Berikut Hal Yang Anda Lakukan Ketika Baterai Remote Keyless Habis

31/03/2019

Pengemudian

7 menit

Share this post:
Jangan Panik, Berikut Hal Yang Anda Lakukan Ketika Baterai Remote Keyless Habis
Baterai remote keyless memang kerap terlupakan oleh pemilik mobil. Namun ketika habis, Anda masih bisa tetap masuk dan menjalankan mobil dengan aman.

Baterai remote keyless harus diperhatikan kondisinya secara berkala. Sebab bila habis, akan membuat fungsi keyless tidak berjalan. Artinya, pintu tak bisa dibuka dan mesin tak dapat dihidupkan secara otomatis. Baterai ini memang tahan lama bahkan hingga mencapai tahunan. Namun bila habis, logo immobilizer di panel spidometer akan menyala. Kalau sudah begini, maka Anda bisa membuka pintu bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan anak kunci yang dapat dicabut dari kotak remote.

>>> Banyak Orang Belum Tahu, Ini Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock

Ilustrasi cara menggunakan keyless entry pada mobil

Karena bentuknya kecil, remote keyless kerap terlupakan kondisi baterainya

Kemudian setelah berhasil membuka pintu dan duduk di kursi pengemudi, tidak perlu bingung juga saat akan menyalakan mesin dalam kondisi baterai habis. Untuk Toyota misalnya, hanya tinggal hadap dan tempelkan logo Toyota yang ada di remote smart entry key ke tombol engine start stop dan mobil bisa menyala. “Jadi tempelkan saja logo Toyota yang ada di remote ke tombol engine strart stop, sehingga mobil bisa dihidupkan. Namun, setelah itu segera lakukan penggantian baterai remote,” tutur Suryadi selaku mekanik Astrido Toyota Pondok Gede, Bekasi.

Remote keyless yang digunakan pada mobil Honda

Jika baterainya habis, remote keyless akan sulit untuk membuka pintu atau menyalakan mesin mobil

Meski baterai remote keyless sudah lemah, ternyata masih mampu menyimpan sinyal berfrekuensi rendah agar dapat terhubung dengan receiver di mobil. Begitu pula saat terjadi gangguan karena frekuensi lain, seperti ketika parkir di dekat antena radio berkekuatan tinggi, maka kode identifikasi atau ID di dalam remote kunci keyless masih bisa terdeteksi oleh receiver, meski lebih sulit dan butuh waktu lebih lama.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga bersaing di sini

Baterai remote keyless difoto di atas meja

Contoh baterai remote keyless yang bisa Anda temui di toko jam atau elektronik dengan harga terjangkau

Jika Anda ingin mengganti baterai remote keyless, cukup buka kotak dengan bantuan anak kunci pada celah yang tersedia, lalu dengan mudah baterai lama dapat dilepas dari dudukannya. Bentuk baterai untuk remote keyless smart enty serupa yang dipakai jam tangan atau perangkat elektronik. Misal pada Toyota Yaris generasi awal, menggunakan baterai merek Maxell dengan kode ukuran yang perlu diingat adalah CR1616 dan voltase 3V. Beterai ini dapat diperoleh di toko elektronik atau jam tangan dengan harga yang cukup terjangkau. “Sebagai antisipasi, sebaiknya siapkan satu buah untuk disimpan di mobil sebagai cadangan kalau kondisi darurat,” sahut Suryadi.

>>> Berbagai tips dan trik dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top