Banyak Orang Belum Tahu, Ini Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock

25/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Banyak Orang Belum Tahu, Ini Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock
Mobil adalah salah satu moda transportasi paling praktis dan ringkas untuk bepergian bersama keluarga, khususnya jika kita memiliki Anak kecil yang cukup merepotkan jika menggunakan angkutan umum. Child Lock menjadi salah satu fitur yang berguna jika bepergian bersama anak kecil, namun bagaimana cara mengaktifkannya?

Jika berkendara dengan anak kecil, biasanya kita sebagai orang dewasa, atau orang tua berada di depan, dan menempatkan anak-anak di belakang. Dan, bukan anak kecil namanya jika tidak iseng mencoba hal baru yang bisa saja membahayakan.

Anak kecil sedang duduk di kursi belakang mobil

Akan sangat berbahaya jika si kecil secara tidak sengaja membuka pintu belakang saat mobil sedang bejalan

Sebagai contoh, sang buah hati bisa saja coba membuka pintu saat mobil sedang berjalan, memang kita telah mengaktifkan fitur central lock, namun bagaimana jika pengunci pintu dibuka dari dalam?

>>> Belum tahu cara memasang child seat? Simak artikel ini

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pabrikan menyiapkan fitur kunci pengamanan anak pada kedua pintu belakang, yang kerap disebut Child Safety Lock, atau singkatnya Child Lock.

Child Lock merupakan tuas kecil di bagian dalam pintu yang berfungsi menonaktifkan handle pintu bagian dalam, saat fitur ini aktif kita tak akan bisa membuka pintu belakang sekalipun central lock telah dibuka. Sehingga satu-satunya cara membuka pintu belakang adalah dari luar.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga bersaing di sini

Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

Cara mengaktifkan fitur child lock

Anda hanya perlu mengatur tuas ke posisi lock untuk mengaktifkan fitur child lock

  1. Buka pintu bagian belakang, Anda akan menemukan tuas bertanda lock, dan Anda gerakkan tuas tersebut ke arah dalam untuk mengunci.
  2. Setelah itu, praktis penghuni baris belakang tidak akan bisa membuka pintu mobil dari sisi dalam, satu-satunya cara membuka pintu yang telah diaktifkan child lock-nya adalah dari sisi luar.
  3. Untuk menonaktifkan fitur child lock, geser tuas lock ke arah luar, maka pintu bielakang dapat dioperasikan seperti semula.

Child lock adalah fitur sederhana, namun cukup krusial dalam menjaga anak-anak Anda dari kejadian yang tidak diinginkan.

>>> Tips & Trik otomotif lainnya bisa dilihat di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top