Ini Bahaya Muatan Berlebih pada Mobil Pick Up

27/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
New Carry Pick Up menjadi mobil niaga yang memiliki beban muatan hingga 1 ton. Namun, memaksakan muatan justru berbahaya bagi pengemudi dan performa mobil.

New Carry Pick Up terkenal akan kendaraan niaga dari Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang hadir sejak tahun 1976. Carry Pick-up memiliki kelebihan ILMU, yaitu Irit bahan bakar dan perawatan, Lama umur pakai, Muat banyak, dan Untung diujung. New Carry Pick Up mengutamakan kenyaman dan memaksimalkan fungsinya sebagai mobil niaga dengan dimensi lebih besar, lega, dapur pacu lebih bertenaga, dan kapasitas muatan yang lebih besar.

carry pick up

New Carry Pick-Up memiliki muatan 1 ton

Bagaimana tidak, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm, dan tinggi 1.870 mm yang mampu membawa muatan seberat 1 ton dalam bak seluras 11.2 m2. Optimalisasi muatan juga didukung oleh performa mesin terbaru K15B-C dan DOHC 16 Valve berkapasitas 1.500 cc sehingga mobil jadi semakin tangguh di berbagai kondisi jalan dan tetap irit bahan bakar. New Carry Pick Up memiliki teknologi immobilizer agar terhindar dari potensi pencurian. Suzuki juga menambahkan kekuatan pada bagian suspensi agar mobil mampu melewati berbagai medan.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Carry Pick-Up, Bisa Elegan atau Ekstrim

Risiko Muatan Berlebih

Meskipun memiliki muatan yang besar, penggunaan mobil pick-up sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan agar tak menimbulkan masalah. Jika Anda menggunakan Suzuki New Carry Pick Up sebagai kendaraan niaga Anda, ketahui dampak buruknya memaksa muatan berlebih pada mobil.

1. Tidak Aman Digunakan

muatan carry pick up

Muatan berlebih sangat berbahaya bagi pengemudi dan performa mobil

Keselamatan dan keamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh pengemudi. Muatan berlebih dalam penggunaan mobil ini tentunya sangat berbahaya, seperti menghilangkan keseimbangan mobil, sulit bermanuver, hingga berisiko besar kecelakaan.

2. Boros Bahan Bakar

Jika muatan maksimal tidak dipatuhi dan membuat mesin bekerja lebih keras, hal ini akan berdampak pada bahan bakar. Pada akhirnya bahan bakar yang dikeluarkan juga semakin besar dan biaya BBM menjadi membengkak.

>>> Cara Merawat New Suzuki Carry Pick Up

3. Suspensi Tidak Maksimal

Komponen penting dalam mobil salah satunya adalah suspensi sebagai tumpuan kendaraan. Jika beban terlalu berat, maka kinerja suspensi akan kurang optimal digunakan. Padahal kinerja suspensi mempengaruhi kemampuan rem dalam menghentikan laju kendaraan.

4. Performa Mesin Berkurang

mesin Carry pick up

Hindari membuat mesin bekerja keras

Saat Anda membawa muatan melebihi kapasitas, mesin dipaksa bekerja lebih keras. Apalagi jika dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang, hal tersebut bisa mengurangi performa mesin dan kendaraan secara keseluruhan.

>>> Lagi-lagi Suzuki Carry Kuasai Segmen Pick-up

5. Ban Semakin Tipis

Ban juga bisa berdampak buruk saat Anda memaksakan muatan tidak sesuai kapasitas mobil. Ban yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan jadi bekerja lebih berat dan aus. Resiko paling parahnya adalah membuat ban pecah seiring dengan peningkatan suhu pada ban akibat beban yang berlebih.

Produsen mobil tentunya memiliki alasan mengenai kapasitas mobil yang sebaiknya dipatuhi. Demi keselamatan Anda dan pengendara lainnya, pastikan hindari memasukkan muatan berlebih pada mobil pick up Anda. 

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top