Cara Merawat New Suzuki Carry Pick Up

26/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Suzuki New Carry Pick Up menjadi kendaraan niaga yang sangat terkenal di Indonesia. Dimensi dan muatan yang besar membuat mobil ini harus dirawat secara rutin, khususnya pada bagian ban.

Mobil pick up kerap digunakan sebagai kendaraan niaga yang melewati berbagai medan jalanan, mulai dari jalanan lurus, berlubang, hingga menanjak yang membuat pemilik harus emlakukan perawatan secara berkala. 

Jika membicarakan pick up, salah satu brand yabg memiliki mobil jenis ini adalah Suzuki. Lewat New Carry Pick Up, sebagai Rajanya Pick Up mobil ini menjadi mobil terlaris di Indonesia pada Juni silam. Carry Pick Up berkontribusi lebih dari 7% pada keseluruhan angka penjualan mobil nasional. 

Kelebihan ILMU 

New Suzuki Carry Pick Up

New Suzuki Carry memiliki kelebihan ILMU

Kehadiran Suzuki Carry di Indonesia sudah sejak tahun 1976 yang kala itu dalam format CBU dengan kode bodi ST10. Kala itu karena adanya peraturan pajak kendaraan bermotor di Indonesia yang meringankan pajak mobil dirakit di Indonesia, maka Suzuki Carry menjadi mobil pickup pertama yang diproduksi di Indonesia. 

Sudah lebih dari 40 tahun, Carry Pick Up hadir di Indonesia dan menjadi andalan berkat kelebihannya. Suzuki New Carry Pick UP memiliki kelebihan ILMU, yakni Irit bensin dan perawatannya, Lama umur pakainya, Muat banyak, dan Untung di ujung. 

Dengan dimensi panjang 1.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm, mobil ini bisa mengangkut muatan hingga 1 ton. Meskipun memiliki kelebihan lama umur pakainya, pemilik juga harus melakukan perawatan berkala. 

>>> Viral! Daihatsu Gran Max Pick Up Standing, Motor Sih Lewat...

Tips Merawat Mobil Pick Up

Perawatan Ban

Lakukan perawatan ban secara rutin

Anda tentunya menginginkan Carry Pick Up bisa digunakan dalam waktu panjang sehingga memudahkan mobilisasi bisnis Anda. Untuk itu melakukan pemeriksaan khususnya apda bagian kaki-kaki perlu dilakukan. Pasalnya kaki-kaki merupakan komponen penting yang berguna untuk menstabilkan pengendalian kendaraan selama digunakan. Dari beberapa komponen yang saling terhuuung pada bagian kaki-kaki, ban adalah komponen yang tak boleh luput diperhatikan. Untungnya, perwatan ban Carry Pick Up bisa Anda lakukan sendiri.

>>> 7 Tips Saat Akan Pasang Variasi Stiker Mobil Pick Up Carry

Berikut ini tips perawatan ban Carry Pick Up yang dikutip dari laman Suzuki. 

Carry Pick Up

Suzuki Carry hadir sejak 1976

  1. Perhatikan tekanan angin pada ban. Ban yang kekurangan tekanan akan memicu permukaan rusak dan ban yang bergesekan dengan jalan akan berisiko bertambah lebar sehingga menambah beban mesin dan konsumsi BBM. Sebaliknya, apabila kelebihan tekanan pada ban, maka ban akan mengeras, mengurangi fungsi peredaman, dan bisa berpengaruh pada  fungsi penegreman karena licin. Nah, penting untuk mengecek tekanan angin ban agar ban bisa lebih awet, menghemat bahan bakar, dan mengurangirisiko kecelakaan.
  2. Cek permukaan ban. Perhatikan permukaan ban. Anda perlu mengganti ban jika permukaannya sudah botak. Cek juga usia ban dan hindari menggunakan ban yang sudah kadaluarsa atau ban yang berusia lebih dari 6 tahun. 
  3. Cek spooring dan balancing. Baik spooring maupun balancing keduanya memiliki fungsi penting dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan. Apalagi mobil Carry Pick Up yang digunakan sebagai kendaraan niaga sehari-hari dengan beban berat. 

Nah, itu dia tips menjaga ban pada mobil Carry Pick Up. Jangan lupa untuk lakuka perawatan mobil secara berkala di bengkel resmi agar mekanik bisa memeriksa kondisi komponen untuk menghindari kerusakan yang parah. 

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top