Begini Cara Pabrikan Tes Konsumsi BBM Mobil Baru

01/10/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Cara mengetes konsumsi BBM (Bahan Bahan Minyak) seperti yang kami lakukan sebagai media tentu berbeda dengan yang digeluti oleh pabrikan. Gimana cara tesnya?

Tes konsumsi bahan bakar itu memang tricky, banyak faktor dinamis yang mempengaruhi hasil konsumsi BBM suatu mobil. Paling utama adalah kondisi lalu lintas, kelembaban udara, kecepatan rata-rata dan juga cara mengemudi irit alias Eco Driving.

Daihatsu Rocky ADS ASA 2021

Uji konsumsi bahan bakar antara pabrikan dengan media itu berbeda

Namun ternyata, pabrikan punya metode tersendiri untuk melakukan validasi tes konsumsi BBM. Dan cara yang dilakukan ternyata berbeda dengan yang biasa pihak media seperti tim Cintamobil.com lakukan dalam melakukan pengujian. Lalu bagaimana sih caranya?

Arah Mata Angin Juga Diperhatikan

"Bedanya kalo di kita, karena kita comply dengan regulasi pemerintah, maka pengetesannya (dilakukan) di dynometer, di bawah kondisi yang sudah disetting parameternya," buka Audi Tarantini, Head, Test & Validation Departement, R&D Directorate PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Test Course Daihatsu Karawang

Pengujian aktual dilakukan di test course

Lebih lanjut, ia juga menambahkan, "Untuk pengujian aktual dilakukan di test course, ada lagi kriterianya termasuk arah mata angin. Karena kecepatan angin bisa menghambat mobil, atau malah mendorong mobil," paparnya ke Cintamobil.com.

Dynamometer Daihatsu

Seperti ini kurang lebih alat dynometer yang digunakan

"Idealnya (kecepatan) angin itu 0 km/h, kalau di dynometer, kecepatan angin bisa kami setting," tambah Audi. Perlu dicatat, dalam membuat mobil koefisien drag aerodinamika juga menjadi parameter yang dihitung oleh pabrikan. "Intinya kami buat seminimal mungkin (Cd)-nya," tukas Audi sapaan akrab Audi Tarantini.

>>> Segini Akselerasi & Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Turbo Manual

Hasilnya Enggak Riil Dong?

Eits, kata siapa? Pihak pabrikan dalam hal ini Daihatsu, ternyata juga melakukan pengetesan yang sama dengan yang dilakukan oleh kami. Meski ada sedikit perbedaan metode pengetesan, tetapi hasil yang didapat biasanya mendekati penggunaan riil.

Daihatsu Rocky 1.0R ADS ASA 2021

Tes dilakukan juga di jalan raya

"Untuk pengujian di lalu lintas umum, kami lakukan juga. Dengan berbagai macam kondisi dan beban. Sebenarnya kalau tes diluar itu agak sulit menjadi standar karena parameternya sangat dinamis. Tapi kami tetap coba mendekati metode tes teman-teman (media) juga," tutup Audi.

>>> Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021: Transmisi Manualnya Mengejutkan!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top