Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021: Transmisi Manualnya Mengejutkan!

27/05/2021

Mobil baru

5 menit

Setelah puas mencoba Rocky tipe tertinggi, kini saatnya kami melakukan test drive Daihatsu Rocky yang bertransmisi manual, seperti apa sih impresinya?

Saat mendapat kesempatan istimewa dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Tanah Air, Senin (24/5) lalu, kami tak hanya melakukan test drive Daihatsu Rocky tipe tertinggi bertransmisi D-CVT saja. Tapi kami juga menjajal performa compact SUV bertransmisi manualnya. Seperti ini impresi kami terhadap mobil ini.

Tampilan Sporty Tambah Daya Pikat

Sebelum membahas mengenai performa mobil ini, mari kita bahas sedikit tampilan eksterior mobil ini. Mobil yang kami tes kali ini adalah tipe R dan dilengkapi dengan body kit ADS (Astra Daihatsu Styling). Secara umum, tampilan aerokit ADS ini membuat Daihatsu Rocky yang kami tes ini punya tampilan eksterior kian memikat dan anak muda banget, sesuai dengan target pasar yang dibidik Daihatsu untuk mobil ini.

Gambar Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Trim R dengan bodykit ADS membuat tampilan kian nyentrik

Mulai dari bagian depan, Daihatsu Rocky punya tampilan yang lebih agresif khas SUV dengan garis tegas dan aerodinamis di bagian kap mesin dan fascia depan. Grille single frame berbentuk trapesium mengapit dua lampu yang sudah memakai teknologi LED (Light Emitting Diode) yang memiliki respon nyala lebih cepat dan tentunya lebih hemat konsumsi daya listrik.

Gambar tampilan belakang Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Velg alloy 17 inci membuat tampilan samping mobil kian macho

Karakter gagah dan sporty dari compact SUV yang akan kami lakukan test drive ini tercermin kuat lewat fender berukuran besar dengan overfender dengan finishing hitam. Ukuran fendernya juga cukup besar dan dapat memuat velg berukuran 17 inci. Kesan modern terlihat dari bagian atas dengan pillar A dan pillar B diberi finishing hitam yang memberikan kesan floating roof, dengan hanya pillar C yang diberi finishing sewarna body.

Foto tampilan belakang Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Kesan kekar juga terpancar dari bagian buritan

Di bagian buritan Daihatsu Rocky tipe R berbody kit ADS ini hadir dengan konsep pilar D yang menyatu dengan kaca belakang, yang memberikan kesan lapang dengan rear spoiler dengan High Mount Stop Lamp berteknologi LED. Lampu belakangnya memanjang dengan desain efek 3D yang menegaskan kesan modern mobil ini. Tak hanya itu, di bagian bumper bawah ada semacam mata kucing yang dapat memberi visibilitas bagi pengendara di belakangnya saat kondisi cuaca buruk.

>>> 10.000 Orang Kesengsem Daihatsu Rocky, Ini Dia Total SPK-nya

Mesin Turbo + Transmisi Manual = Performa Mantap

Kesan positif langsung kami dapatkan ketika hendak menyalakan mesinnya. Agar aman, untuk menyalakan mobil bertransmisi manual Anda perlu menekan habis pedal kopling sebelum menekan tombol START-STOP di balik lingkar kemudi sebelah kiri. Kami cukup surprise terhadap mesin 1KR-VET yang tersemat di balik bonnet Daihatsu Rocky ini. Yes, memang ia pakai basis mesin KR series seperti di Daihatsu Ayla, tapi pengembangan yang dilakukan luar biasa.

Foto mesin 1KR-VET Daihatsu Rocky

Bahkan mesin 1KR-VET ini peredaman getarannya sejajar mesin BMW B38

Getaran nyaris tak terasa alias sangat minim, bahkan mesin ini kami berani sejajarkan dengan mesin 3-silinder 1.500 cc berkode B38 yang jadi jantung pacu SUV premium BMW X1. Vibrasi bisa sedemikian minim berkat penerapan engine balancer anyar dikombinasi dengan engine mounting baru. Bila Anda melihat langsung mesin ini, engine mounting di Daihatsu Rocky ini seolah dipasang agak miring (menjorok) ke depan. Para insinyur Daihatsu melakukan ini agar getaran teredam lebih sempurna.

Gambar Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Rancang bangun DNGA membuat kami berani 'nakal' menikung di kecepatan 95 km/jam di tikungan parabolik

Meski punya kapasitas ringkas (hanya 998 cc), tapi torsi yang dikeluarkan oleh mesin berjumlah silinder ganjil ini cukup besar, yakni 14,3 Kgm atau sekitar 140 NM. Torsi sebesar itu punya dampak positif di mobil berdimensi kompak seperti Daihatsu Rocky. Apalagi semburan torsi tersebut sudah terasa sejak putaran mesin 2.400 rpm dan terus rata hingga ke putaran mesin 4.000 rpm. Kalau tenaganya sih biasa saja, hanya 97,9 PS di 6.000 rpm.

Gambar tuas transmisi manual Daihatsu Rocky

Rasio gigi 5-percepatannya terasa pas

Dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan yang menyalurkan seluruh tenaga dan torsinya ke dua roda depan membuat performa semakin mantap. Well, sebagai media yang punya reputasi tentu kami tak asal bicara. Rasio gigi mobil ini terasa pas dan membuatnya makin mudah dalam melajukan mobil, pedal koplingnya juga ringan yang membuatnya menyenangkan saat dipakai di kepadatan lalu lintas.

Gambar tuas transmisi Daihatsu Rocky ADS

Yang kami suka adalah pergerakan tuas transmisinya yang sangat presisi dan ringan, seolah tak ada cela

Yang kami takjub adalah pergeseran tuasnya yang bisa demikian presisi. Yes, kami juga berani bilang tingkat kepresisian pergeseran tuas transmisi di Daihatsu Rocky ini di atas rata-rata mobil Daihatsu lainnya. Bila Anda pernah mencoba langsung mobil Daihatsu lain seperti All-new Terios, Ayla, Gran Max, Luxio, bahkan Sirion -dalam keadaan baru- sekalipun belum ada yang pergeseran tuasnya se-presisi dan se-enak Daihatsu Rocky ini.

Gambar Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A MT 2021

Untuk Rocky transmisi manual, bisa kami gaspol hingga kecepatan 165 km/jam di trek lurus 825 meter...

Sekadar informasi, sistem pemampat udara paksa (turbocharger) pada Daihatsu Rocky ini mampu bekerja hingga angka 180 hingga 195 kPa (Kilopascal) atau sekitar 1,8 - 1,9 bar. Dan dengan torsi maksimum yang sudah mulai terasa di putaran mesin rendah (hanya 2.400 rpm) dikombinasi dengan transmisi manual yang rasionya rapat, membuat mobil ini terasa menyenangkan dikemudikan.

Foto panel instrumen Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Saat di kecepatan jelajah 100 km/jam, transmisi D-CVT bisa membuat putaran mesin lebih rendah dari manual

Bagaimana soal handling? Kami merasa sama saja dengan varian bertransmisi otomatis, berkat platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) asyik untuk ditekuk-tekuk! Satu hal yang agak menjadi sorotan kami adalah rasio di gigi 5 yang menurut kami masih terlalu besar. Untuk melaju di kecepatan 100 km/jam pada posisi gear 5, mesin harus berputar 3.000 rpm, bandingkan dengan transmisi D-CVT yang hanya perlu berputar 800 rpm lebih rendah.

Gambar interior Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Daihatsu Rocky varian transmisi manapun yang Anda pilih, interiornya tetap sama

Hal ini disinyalir akan membuat konsumsi BBM Daihatsu Rocky di rute tol untuk yang bertransmisi manual ini kemungkinan tidak lebih irit dari varian CVT, meski berpotensi lebih irit saat dipakai di jalanan perkotaan. Sebab torsi bisa ditahan pada angka maksimumnya terus-menerus berkat rasio transmisi manualnya yang cukup closed. Sayangnya, lagi-lagi keterbatasan waktu pengetesan membuat kami tak sempat melakukan pengetesan lengkap seperti khasnya tes mobil baru oleh tim Cintamobil.com.

>>> Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021: Layak Diperhitungkan!

Akomodasi Baik

Hal mengejutkan lainnya adalah akomodasinya yang baik. Lima penumpang termasuk satu orang pengemudi dapat duduk dengan aman berkat seatbelt 3 titik ELR yang ada disemua kursi. Demikian pula dengan headrest yang siap melindungi kepala saat terjadi tabrakan belakang. Tempat penyimpanan pun berlimpah, serta yang paling menyenangkan adalah adanya cup holder di depan kisi AC yang dapat mendinginkan minuman Anda.

Gambar bagasi Daihatsu Rocky

Kapasitas bagasi luas, tak masalah membawa barang banyak

Bukan hanya soal akomodasi penumpang, interior Daihatsu Rocky juga punya fleksibilitas baik untuk ruang bagasi. Hal ini karena desain deck board yang memiliki dua pengaturan ketinggian. Saat posisinya diletakan di bawah, kapasitas bagasi menjadi 369 liter, sementara itu jika Anda membutuhkan konfigurasi rata lantai, deck board bisa dinaikkan ke atas dan bisa mengakomodir kabin rata lantai dengan pelipatan kursi baris kedua 60:40.

Kekurangan Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Gambar setir Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021

Sayangnya setir tidak bisa diatur secara telescopic

Tak ada mobil yang dibuat secara sempurna di dunia ini. Tentu saja ada beberapa kekurangan yang menurut kami agak mengganggu di mobil ini. Seperti setir belum ada pengaturan telescopic, tidak ada USB charger maupun kisi AC untuk penumpang belakang, serta rasio gigi 5 yang menurut kami -kurang low- sehingga mesin berputar cukup tinggi saat di kecepatan jelajah 100 km/jam. Serta glove box di tengah yang ukurannya kurang besar, dan tidak adanya deffoger belakang jadi seolah mobil kurang lengkap.

Kesimpulan

Gambar Daihatsu Rocky

Mobil ini sangat kami rekomendasikan, karena...

Bila Anda penggemar transmisi manual dan menginginkan SUV kompak dengan harga terjangkau, maka Anda harus melirik mobil Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021 ini. Tampang gagah dan berkarakter, dikombinasi mesin turbo serta transmisi manual membuatnya layak untuk dimiliki. Tapi, Anda harus sabar jika hendak memiliki SUV yang dijual dengan harga Rp 227.500.000 (harga diskon PPnBM), sebab inden mobil ini menurut informasi internal Daihatsu mencapai 2 bulan. Sabar ya...

>>> Mau dapat promo lebih menarik untuk mobil Daihatsu Rocky? Klik 'Lihat Promo' dan isi datanya ya

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top