Tips Mengemudi Mobil Hybrid Agar Lebih Irit BBM

05/01/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Sejak lahir mobil hybrid memang punya potensi untuk lebih irit BBM dibandingkan dengan mobil konvensional, namun kami menemukan cara lain agar lebih irit lagi

Sejak lahir mobil hybrid memang punya potensi untuk lebih irit BBM (Bahan Bakar Minyak) bila dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional. Tentu saja ini sesuai dengan tujuan pabrikan saat merancang mobil hybrid. Contoh untuk Toyota Corolla Cross Hybrid, dari hasil tes Cintamobil.com untuk rute tol dan dalam kota dengan percaya diri kami mencatat hasil di atas 22 kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya. Namun, ternyata kami menemukan cara lain agar lebih irit lagi. Apa saja? Simak caranya berikut.

Foto konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid

Konsumsi BBM mobil hibrida bisa dibuat lebih irit lho, gimana caranya?

1. Optimalkan Regenerative Braking

Foto Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT 2020

Mobil bersistem kerja hibrida umumnya punya fitur regenerative braking

Mobil hybrid umumnya dilengkapi dengan sistem regenerative braking. Sistem ini bertugas untuk mengubah energi panas dari pengereman menjadi listrik untuk disimpan ke baterai. Sistem hybrid memungkinkan motor listrik akan bekerja sama dengan mesin bensin dalam menggerakkan mobil. Apalagi mobil hybrid umumnya menggunakan siklus Atkinson Cycle yang lebih efisien dari pada Otto Cycle, hal ini membuat mesin semakin efisien dalam mengolah bahan bakar.

Foto mesin 2ZR-FXE Toyota

Jika baterai selalu dalam keadaan terisi, maka mesin bensin akan jarang sekali menyala

Jika baterai terus terisi, maka mesin bensin akan jarang sekali menyala. Ditambah lagi dengan kemampuan menangkap energi kinetik yang sudah demikian baik, membuat mobil lebih sering berjalan hanya bersumber dari energi baterai. Maka secara otomatis, bahan bakar fosil yang seharusnya dibakar untuk menghasilkan tenaga jadi tak dibutuhkan. Maka tak heran apabila konsumsi BBM pada mobil hybrid umumnya sangat hemat BBM.

2. Manfaatkan Momentum Di Jalan Tol

Foto tim Cintamobil.com mengemudikan Toyota Corolla Cross Hybridnya

Manfaatkan momentum jadi kunci mobil hibrida lebih irit BBM

Konsumsi BBM di jalan tol pada mobil hybrid umumnya lebih boros atau hanya berselisih tipis bila dibandingkan dengan fuel consumption di dalam kota. Hal ini disebabkan karena untuk berjalan di dalam kota sistem hybrid + transmisi pintar + regenerative braking akan sangat membantu untuk mencetak konsumsi BBM lebih efisien di dalam kota. Seperti khasnya pengendaraan di kota besar, Anda akan lebih sering melakukan stop and go.

Foto panel instrumen Toyota Corolla Cross Hybrid

Saat mengangkat pedal gas, maka sistem akan secara otomatis mengecas baterai

Hal ini berbanding terbalik dengan lalu lintas di jalan bebas hambatan yang cenderung konstan dan membuat mesin lebih sering menyala. Meski sudah dibantu dengan siklus Atkinson di mesin, namun tetap saja mesin menyala membutuhkan BBM ekstra dibandingkan bekerja berbarengan atau malah di mode full elektrik. Untuk itu Anda perlu memanfaatkan momentum yang ada, jika ada turunan lepas gas dan biarkan baterai mengisi, dengan demikian kinerja mesin jadi lebih ringan.

>>> Begini rasa nyetir Toyota Corolla Cross Hybrid

3. Maksimalkan EV Mode

Foto tombol EV Mode pada Toyota Corolla Cross Hybrid

Optimalkan fitur EV Mode

Terakhir yang dapat Anda lakukan agar konsumsi BBM mobil hybrid makin irit lagi adalah dengan memaksimalkan EV Mode. Ambil contoh EV Mode pada mobil Toyota Corolla Cross Hybrid. Pada kondisi tertentu, EV Mode dapat bekerja bahkan saat kondisi baterai ada di posisi seperempat. Kondisi tertentu yang dimaksud adalah kondisi suhu baterai, sudut elevasi jalan, dan bukaan gas yang terdeteksi pada sensor TPS (Throttle Position Sensor) dianggap dalam batas aman.

Foto tampak belakang Toyota Corolla Cross Hybrid

Jangan berkendara agresif agar ECU 'membaca' Anda adalah pengemudi yang hemat

Memang pada kondisi tertentu, seperti beban kerja mesin yang sedang berat atau suhu dinamo / baterai sedang tinggi, EV Mode tidak dapat digunakan kendati indikator baterai di atas setengah. Tetapi Anda dapat mengkondisikan mobil agar selalu dalam keadaan prima sehingga EV Mode terus dapat diaktifkan. Caranya adalah dengan tidak berkendara agresif dan santai, sehingga ECU mobil seolah selalu membaca kemauan Anda untuk mengemudi hemat BBM.

>>> Punya Akselerasi Instan, Begini Cara Aman Nyetir Mobil Listrik

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top