Segini Akselerasi & Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Turbo Manual

06/07/2021

Mobil baru

3 menit

Tim Cintamobil.com lompat langsung ke balik kemudi untuk menguji akselerasi dan konsumsi BBM Daihatsu Rocky Turbo manual ternyata terbukti kencang dan irit lho!

Salah satu big hit dari geng Astra yakni Daihatsu Rocky Turbo ternyata mampu membuat kejutan. Saat tim Cintamobil.com tes langsung mobil ini, ia mampu menunjukkan kehematan bahan bakar dan akselerasi yang cukup memukau. Lantas berapa figur akselerasi dan Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Turbo bertransmis manual?

Konsumsi BBM Hemat

Dengan menerapkan metode pengetesan menggunakan kecepatan rata-rata 22 km/jam dan jarak di atas 100 kilometer. Daihatsu Rocky Turbo bertransmisi manual ini cukup hemat saat melalui tes kehematan di dalam kota. 1 liter bahan bakar oktan 92 di tangki mobil ini dapat membawanya berjalan sejauh 16,8 kilometer.

Gambar Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A

Konsumsi BBM Rocky Turbo bertransmisi manual cukup hemat

Pergerakan tuas transmisi 5-percepatannya terasa ringan dan presisi, sehingga cukup membuatnya menyenangkan saat dikendarai di lalu lintas perkotaan. Rasio giginya pun terasa pas dan membuat mobil tak mengalami kesulitan saat menyesuaikan diri saat lalu lintas stop and go.

Gambar tuas transmisi Daihatsu Rocky

Pergerakan tuas transmisi ringan dan presisi

Well, sebagai media yang punya reputasi tentu kami tak asal bicara. kami takjub adalah pergeseran tuasnya yang bisa demikian presisi. Yes, kami juga berani bilang tingkat kepresisian pergeseran tuas transmisi di Daihatsu Rocky ini di atas rata-rata mobil Daihatsu lainnya.

Gambar Daihatsu Rocky

Melaju di jalan bebas hambatan ia juga mampu menunjukkan supremasinya

Melaju di jalan bebas hambatan juga tak menjadi masalah untuk mobil ini, ia mampu mencatat angka 19,5 kilometer per liter (km/l) saat melaju di kecepatan konstan dengan kecepatan rata-rata di 90 km/jam. Tentunya angka tersebut masih dalam kategori hemat.

Foto spidometer Daihatsu Rocky

Rocky bertransmisi CVT lebih rendah putaran mesinnya untuk melaju di 100 km/jam

Satu hal yang agak menjadi sorotan kami adalah rasio di gigi 5 yang menurut kami masih terlalu besar. Untuk melaju di kecepatan 100 km/jam pada posisi gear 5, mesin harus berputar 3.000 rpm, bandingkan dengan transmisi D-CVT yang hanya perlu berputar 800 rpm lebih rendah.

>>> Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021: Transmisi Manualnya Mengejutkan!

Akselerasi Cukup Sigap

Untuk melakukan akselerasi dari diam ke kecepatan 100 km/j pun cukup memukau, ia hanya butuh waktu 10,4 detik. Hal tersebut terbantu dari karakter mesin 3-silinder berkode 1KR-VET yang beringas di putaran bawah. Sekadar informasi, sistem pemampat udara paksa (turbocharger) pada Daihatsu Rocky ini mampu bekerja hingga angka 180 hingga 195 kPa (Kilopascal) atau sekitar 1,8 - 1,9 bar.

Foto mesin 1KR-VET Daihatsu

Mesin berkode 1KR-VET ini terbukti hemat BBM

Dan dengan torsi maksimum yang sudah mulai terasa di putaran mesin rendah (hanya 2.400 rpm) dikombinasi dengan transmisi manual yang rasionya rapat, membuat mobil ini terasa menyenangkan dikemudikan. So, begitulah hasil tes kami terhadap akselerasi dan konsumsi BBM Daihatsu Rocky Turbo Manual. Bila Anda penggemar transmisi manual dan menginginkan SUV kompak dengan harga terjangkau, maka Anda harus melirik mobil Daihatsu Rocky 1.0 R MT 2021.

>>> Mau beli Daihatsu Rocky dengan penawaran menarik? Lihat promonya di sini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top