Begini Cara Mudah Lulus Ujian Teori Pembuatan SIM

19/03/2020

Pengemudian

5 menit

Begini Cara Mudah Lulus Ujian Teori Pembuatan SIM
Agar bisa dengan mudah lulus ujian teori pembuatan SIM ternyat tidak sulit kok. Anda hanya perlu berlatih di rumah sebelum datang ke lokasi pembuatan SIM. Contoh soal-soal ujian teori ini sudah disediaakan gratis oleh pihak Korlantas Polri.

Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki dan selalu membawa Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM ini dikeluarkan oleh pihak Ditlantas Polda Metro Jaya yang menjadi dokumen sah dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

>>> Cara Mengurus SIM yang Hilang

Namun untuk memiliki SIM, setiap pemohon lebih dulu diharuskan melakukan sejumlah rangkaian tes dan dinyatakan lolos. Diantaranya lulus ujian teori pembuatan SIM, uji praktik mengendarai kendaraan, surat keterangan kesehatan dokter, dan juga yang terbaru, tes psikologi.

Penyebab Ujian Teori Selalu Gagal

proses ujina pembuatan SIM

Beberapa pemohon SIM banyak yang terkendala tidak lulus berkali-kali dalam ujian teori

>>> Mau, diskon mobil baru plus DP rendah dan cicilan ringan? Klik disini!

Meski begitu, ternyata masih banyak sekali pemohon SIM yang berkali-kali gagal dalam membuat SIM. Salah satunya akibat tidak lulus saat ujian teori. "Rata-rata pemohon yang gagal membuat SIM dikarenakan tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum menjalani serangkaian uji SIM," kata Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar.

Dikutip Cintamobil.com dari NTMC Polri, Kompol Fahri menjelaskan, setiap calon peserta agar bisa lulus ujian teori pembuatan SIM sebaiknya berlatih dahulu di rumah sebelum berangkat untuk mengajukan permohonan SIM. "Materi teori dapat dipelajari di website Korlantas Polri," jelas dia.

Cara Berlatih Ujian Teori Pembuatan SIM

contoh SIM A, SIM B, dan SIM C

Proses pembuatan SIM sebenarnya tidaklah sulit jika Anda memahami setiap aturan yang berlaku

>>> Berbagai mobil bekas dalam kondisi istimewa ada disini. Yuk lihat pilihan lengkapnya!

Ternyata soal-soal latihan agar lulus ujian terori pembuatan SIM bisa diakses semua orang. Materi soal-soal ujian ini terangkum di laman Korlantas Polri. Berikut cara mendapatkannya:

  1. Buka laman www.korlantas.polri.go.id
  2. Pilih menu "Pelayanan" lalu pilih "SIM"
  3. Selanjutnya pilih menu "Persiapan Ujian" dan menu "Soal soal".
  4. Pilih Daftar Soal sesuai dengan tipe SIM yang akan Anda buat. Soal-soal terdiri atas pertanyaan seputar peraturan lalu lintas dan keselamatan jalan. Misalnya untuk Soal SIM A, terdiri atas 174 pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda.
  5. Pilih "Simulasi Ujian" untuk uji coba ujian teori pembuatan SIM. Karena disini ada 30 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top