Begini Cara Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

19/09/2021

Pengemudian

3 menit

Memasuki musim penghujan Anda harus waspada terhadap kondisi jalan yang licin. Maka dari itu simak tips di bawah ini cara menghadapi ban mobil selip.

Sekarang sudah mulai memasuki musim hujan, saatnya Anda mewaspadai berbagai potensi masalah yang dapat menyulitkan ketika mengemudi mobil di jalan licin. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah kondisi ban mobil karena jalan yang basah bisa membuat karet bundar tersebut selip. Auto2000 memberikan informasi mengenai hal ini agar Anda menjadi aman dan nyaman bermobilitas.

Cara Mengatasi Ban Mobil Selip

Gejala awal ban mobil selip dapat dirasakan dari gerakan tiba-tiba pada mobil, seperti bodi mobil yang bergerak ke kiri atau kanan, atau mobil berjalan lurus meskipun kemudi sudah dibelokkan. Lantas, bagaimana cara menyikapinya kalau Anda sampai pada situasi tersebut?

Yang pertama adalah jangan panik. Kepanikan akan membuat pengemudi melakukan tindakan yang tidak perlu seperti pengereman keras atau membanting setir yang malah memperburuk keadaan. Sikapi dengan tenang serta jaga fokus dan konsentrasi mengemudi untuk menentukan respons selanjutnya. Itulah mengapa Anda dilarang melakukan aktivitas lain waktu berkendara seperti bermain ponsel.

Gambar ,menunjukan Ban mobil

Saat ban slip langkah pertama yang harus dilakukan jangan panik!

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah menunggu hingga grip ban kembali normal sehingga dapat memperoleh traksi saat mobil mulai dikendalikan. Anda cukup menahan setir lurus ke depan dan tidak melakukan counter kemudi, selain tentunya tidak menginjak pedal rem atau pedal gas

Dengan tidak melakukan apa-apa, Anda mencegah mobil yang kehilangan kendali supaya tidak lebih lebih parah dampaknya. Jika daya cengkram ban sudah kembali, mobil baru bisa dikendalikan seperti mengubah arah kemudi atau menekan pedal rem. Itupun harus dilakukan secara halus dan bertahap untuk menjaga daya pijak ban. Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar mobil, termasuk kendaraan lain dari arah belakang.

>>> Cara Ideal Melepas dan Memasang Baut Roda Biar Nggak Cepat Dol

Cara Mencegah Ban Mobil Selip

Langkah awal yang harus dilakukan adalah segera mengurangi kecepatan mobil begitu hujan turun atau melewati jalan licin. Kurangi hingga sekitar 20% dari kecepatan normal agar ban tetap mendapatkan daya cengkeram yang optimal serta mengurangi risiko kecelakaan jika sampai ban selip lantaran mobil masih dapat dikendalikan dengan baik. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya ketika ada masalah dapat direspons dengan cepat dan aman.

Gambar menunjukan Takometer

Kurangi kecepatan hingga sekitar 20% dari kecepatan normal

Faktor ban juga memegang peran sangat penting untuk mencegahnya selip di jalan licin. Pastikan tekanan angin ban juga alur pada telapak ban belum mencapai batas keausan supaya dapat membuang air dengan baik dan tidak mudah kehilangan grip di kondisi berat.

>>> Tips Mengemudi di Turunan Tajam untuk Cegah Kecelakaan

Mulai masuk musim hujan, pastikan Anda selalu menjaga kondisi seluruh ban mobil. Segera ganti ban kalau kondisinya sudah tidak layak. Urusan Toyota lebih mudah, silakan kunjungi Auto2000 Digiroom untuk membeli ban baru Masuk lewat menu PURNA JUAL, lanjut klik menu Aksesoris dan Kupon Servis, akan ada pilihan ban mobil, spare parts, dan aksesoris Toyota lainnya.

>>> Ban Conti GreenConcept, Ban Hijau dan Ramah Lingkungan

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top