5 Langkah Untuk Menghindari Mata Lelah Saat Mengemudi

19/03/2019

Pengemudian
Share this post:
5 Langkah Untuk Menghindari Mata Lelah Saat Mengemudi
Meski tidak membakar lemak seperti saat bersepeda atau jalan kaki, menyetir dalam waktu tertentu bisa membuat otot-otot kaku, termasuk di daerah mata. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Cintamobil.com beri 5 langkah untuk menghindari mata lelah saat mengemudi!

Berbeda dengan pengguna roda dua, resiko pengemudi kemasukan debu nyaris nol, kecuali bila jendela mobil dibuka. Namun bukan berarti mereka bebas dari bahaya mata lelah saat mengemudi terutama ketika menyetir jarak jauh. Beberapa tanda indera penglihatan butuh diistirahatkan antara lain berair, urat-urat di kantung mata menegang, atau bahkan kering karena terlalu lama terpapar AC.

1. Istirahat Cukup Sebelum Mengemudi

Orang pria sedang tidur

Pastikan tubuh dapat istirahat cukup

Tidur merupakan langkah ampuh mengusir kantuk serta lelah yang berpotensi membuat mata tidak fokus. Idealnya istirahat ini dilakukan di malam hari, menyesuaikan jam biologis manusia. Namun apabila terpaksa menyetir sambil ditemani bulan dan bintang, power nap (tidur-tidur ayam) mampu meningkatkan kewaspadaan.

>>> Ngantuk saat nyetir? Baca tipsnya di sini!

2. Hindari Minum Kopi

Kopi

Secangkir kopi bisa bikin melek saat nyetir?

Memang betul dengan minum kopi kita akan merasa lebih segar berkat kandungan kafein yang mampu membangkitkan sel-sel otak. Namun tidak demikian untuk para pengemudi karena akan timbul efek samping lainnya, seperti haus dan tambah lelah. Solusinya, sediakan air putih dalam jumlah banyak demi menambah asupan cairan dalam tubuh.

>>> Tertarik dengan tipe mobil di atas? Cari di Cintamobil.com!

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Bervitamin

Makanan sehat

Perbanyak asupan sayur dan buah

Terutama vitamin A,C,E, dan B kompleks. Semua zat tersebut berfungsi untuk kesehatan mata sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa menemukannya dalam berbagai jenis makanan, seperti wortel, jeruk, ikan, gandum, dan biji-bijian. Intinya selama menjaga asupan makanan, kebutuhan gizi akan terjaga.

>>> Punya Apple CarPlay di mobil? Cari tahu cara memaksimalkan di sini!

4. Berkedip

Mata basah setelah hujan

Kelembapan mata menambah kenyamanan saat melihat

Mengedipkan mata berkali-kali akan menghasilkan pelembap alami mata. Selain itu bisa juga dengan cara menyapu kelopak mata sembari merem. Langkah ini cocok bagi pengemudi yang terlalu lama terpapar AC. 

>>> Ikuti tips-tips mengemudi lainnya di Cintamobil.com!

5. Menepi Sejenak

sebuah mobil berwarna hitam sedang parkir di pinggir jalan

Anda bisa tidur sejenak, sembari menunggu keluarga beli cemilan

Bila mata lelah saat mengemudi tak tertahankan, mau tidak mau Anda harus menepi sejenak. Bila memungkinkan, pilih rest area atau convenience store untuk menepi. Selain istirahat sejenak, kita bisa kembali mengisi ulang perbekalan untuk melanjutkan perjalanan. 

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
 
back to top