Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara

12/07/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara
Selalu ada air mineral dalam mobil, membuka kaca jendela sedikit, perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, mengemudi maksimal 2.5 jam adalah beberapa cara alamai untuk menghapus rasa ngantuk saat setir.

Rasa ngantuk menjadi musuh besar bagi pengemudi saat berkendara. Kantuk adalah gejala alami pada tubuh dan jika merasa ngantuk berarti tubuh Anda perlu istirahat setelah jam-jam bekerja keras. Pada kenyataannya pengemudi sering memaksa diri untuk terus-menerus berkendara dan mengabaikan rasa ngantuk. Mengantuk bisa dialami setiap orang dan gejala ini menjadi normal. Namun hal ini bisa berbahaya jika dialami orang yang sedang duduk di balik setir. Dan sebenarnya ada beberapa cara yang sangat sederhana untuk menghilangkan rasa ngantuk. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghapus rasa ngantuk.
 

Wanita ini sedang ngantuk
Mengantuk saat menyetir bisa dilawan dengan cara alami
 

1. Selalu sedia air mineral dalam mobil

Selain fungsi mengatasi rasa dahaga, air bisa digunakan untuk mencuci muka supaya rasa kantuk dan lelah pun hilang. Dengan air mineral ini, pengemudi tidak usah mencari toilet untuk mencuci muka lagi.

2. Buka kaca jendela sedikit

Jika sirkulasi udara di dalam mobil tidak baik, rasa ngantuk bisa timbul. Saat itu, Anda matikanlah pendingin udara dalam mobil dan bukalah kaca mobil supaya udara dari luar bisa masuk ke dalam mobil.

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman mengemudi mobil 
 
Pria sedang makan roti saat mengemudi

Perhatikan makanan dan minuman 
 

3. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Jangan makan makanan yang berlemak jenuh sebelum mengemudi. Makanan berlemak jenuh akan membuat Anda merasa mengantuk. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggantinya dengan snack, buah, atau biskuit. Jangan minum minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau stimulan lain. Minuman tersebut dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi mengemudi. Lebih baik minum air mineral saja. 

>>> Kalau di perjalanan jauh, gimana tips nya, klik di sini untuk tahu 

4. Maksimal mengemudi 2,5 jam

Ingatlah bahwa batas maksimal tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam saja. Jika harus melakukan perjalanan selama enam jam Anda harus istirahat dua kali. Sambil istirahat Anda bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali anggota tubuh.

Itulah 4 tips untuk menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara. Silahkan Anda mencoba dan semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda.

>>> Baca pengalaman mengemudi lainnya di sini 
Share this post:
 
back to top